Jenis dan manfaat perawat home care
Jenis dan manfaat perawat home care

Hadirnya layanan jasa home care saat ini menjadikan kemudahan dalam perawatan dan pengasuhan secara intensif yang dilakukan di rumah sendiri.

Tersedia banyak layanan home care yang tidak kalah baik dengan yang diberikan oleh rumah sakit kepada pasien. Tindakan pemasangan alat medis atau pun pemberian obat dan makanan dapat dilakukan oleh perawat home care.

Home care adalah layanan kesehatan yang ditujukan kepada orang yang membutuhkan tindakan medis atau pun non medis dalam rangka pelayanan kesehatan yang dilakukan di rumah pasien.

Sedangkan pengertian perawat home care adalah orang yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang kesehatan yang telah mendapatkan pelatihan formal dan non-formal dengan tujuan merawat pasien di rumah.

Jenis-jenis perawat home care terdiri atas latar belakang pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh individu tersebut. Contohnya jika perawat hanya lulusan SMK Kesehatan maka ia hanya dapat melayani pendampingan lansia saja. Tidak diizinkan untuk melakukan tindakan medis apa pun.

Sedangkan jika perawat lulusan D3 dan S1 Kebidanan atau Keperawatan dan telah mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) maka dapat melakukan tindakan medis seperti pemasangan alat-alat medis yang digunakan oleh pasien home care.

Baca nanti:

Jenis-jenis perawat home care

Tidak semua perawat home care dapat melakukan pelayanan kesehatan sesuai keinginannya sendiri. Hal ini diatur sesuai dengan tingkat pendidikan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh perawat tersebut.

Saat ini di home care Insan Medika terdiri dari 4 jenis layanan kesehatan oleh perawat profesional, yaitu:

  • Perawat medis. Perawat dapat melakukan penggunaan alat-alat medis kepada pasien. Minimal lulusan S1 Keperawatan dan telah mempunyai STR (Surat Tanda Registrasi) yang masih berlaku. Baca selengkapnya.
  • Perawat orang sakit. Perawat dapat melakukan pendampingan dan pengawasan kepada pasien yang tengah menjalani masa pemulihan kesehatan pasca operasi, pasca stroke dan menjalani program kemoterapi. Lulusan minimal D3 hingga S1 Keperawatan yang belum mempunyai STR (Surat Tanda Registrasi). Baca selengkapnya.
  • Perawat lansia. Perawat ditujukan untuk menjadi pengasuh terhadap orang lanjur usia atau lansia di rumah secara intensif demi membantu dalam kebutuhan dan mobilitasnya. Perawat minimal adalah lulusan SMK Kesehatan dan telah mendapatkan pelatihan khusus. Baca selengkapnya.
  • Perawat bayi dan anak berkebutuhan khusus. Perawat home care ini ditujukkan kepada bayi atau anak yang membutuhkan perawatan khusus yang dilakukan oleh bidan. Minimal pendidikan yang harus dimiliki adalah D3 Kebidanan. Baca selengkapnya.

Manfaat home care

Menggunakan layanan home care sangat tepat dilakukan ketika pasien telah diizinkan untuk pulang ke rumah atau menjalani rawat jalan tanpa harus menginap di rumah sakit.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan home care:

1. Biaya lebih terjangkau

Tidak ada lagi biaya sewa ruangan di rumah sakit, tidak ada lagi transportasi untuk pergi-pulang menjenguk pasien di rumah sakit dan tidak ada lagi biaya konsumsi dan tindakan yang memerlukan biaya di rumah sakit.

Menggunakan layanan home care jauh lebih ekonomis dari pada menggunakan layanan di rumah sakit untuk pasien yang telah diizinkan untuk menjalani rawat jalan.

Harga layanan home care saat ini semakin bersaing dan pelayanannya pun tidak kalah baik dengan perawat di rumah sakit. Butuh konsultasi dan mengetahui berbagai layanan home care Insan Medika? Hubungi Kami.

2. Mengurangi beban keluarga dalam merawat

Merawat orang sakit membutuhkan kesabaran dan keuletan agar pasien cepat sembuh dan kembali beraktifitas seperti biasa.

Namun jika hanya ada beberapa saja anggota keluarga yang dapat merawat pasien di rumah, tentu Anda akan merasa kerepotan. Belum lagi ditambah dengan pekerjaan yang harus dilakukan.

Menggunakan layanan home care dapat menjadi solusi untuk Anda yang tidak bisa merawat orang sakit secara terus menerus. Perawat home care yang akan menggantikan Anda dalam merawat orang yang Anda cintai di rumah.

Parawat home care dapat tinggal secara live-in 24 jam bersama pasien atau pun live-out yang hanya datang ke rumah ketika jam perawatan pasien. Di Insan Medika memberikan layanan live-in 24 jam tinggal bersama pasien, ini adalah keunggulan yang sangat menguntungkan.

3. Mendapatkan informasi kesehatan pasien secara aktual

Dengan menggunakan layanan home care kini Anda dapat tahu secara cepat dan tepat mengenai perkembangan informasi kesehatan pasien di rumah ketika Anda tidak ada di rumah sekali pun.

Hal ini dikarenakan perawat akan tinggal di rumah pasien dan mengikuti aktivitas yang dilakukan oleh pasien itu sendiri. Seperti ketika pasien tidur maka perawat dapat istirahat, ketika pasien bangun maka perawat telah berada di dekat pasien.

Selain itu, secara berkala perawat akan mengecek tanda-tanda vital seperti tekanan darah, detak jantung dan sebagainya guna mengetahui keadaan kesehatan pasien secara tepat.

Ingin menggunakan layanan home care dengan harga terbaik dan pelayanan profesional? Insan Medika solusi home care terbaik di Indonesia. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial.* Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here