HomeKesehatanKamu Sering Buang Air Kecil ? Mungkin ini Penyebabnya

Kamu Sering Buang Air Kecil ? Mungkin ini Penyebabnya

Seberapa seringkah kamu buang air kecil setiap hari ? 1 kali, 2 kali, 5 kali atau 20 kali dalam sehari.

Semakin sering dan jarang seseorang melakukan buang air kecil itu menandakan kesehatanmu loh. Biasanya orang normal akan melakukan buang air kecil antara empat sampai sepuluh kali dalam sehari.

Faktor apa saja yang menentukan seseorang sering buang air kecil ?

Ada beberapa faktor seseorang dapat banyak atau jarang buang air kecil, diantaranya :

1. Usia

Ketika kamu sudah memasuki usia 60 tahun keatas, kapasitas kantung kemih kamu akan menurun. Hal ini yang membuat kamu bisa jadi sering ke kamar mandi untuk buang air kecil.

2. Infeksi kandung kemih

Faktor kedua adalah infeksi pada kandung kemih. Infeksi tersebut bisa menyebabkan iritas dan juga peradangan pada saluran kemih. Hal tersebut bisa saja membuat penderita akan mengalami sering buang air kecil terutama saat malam hari.

3. Terlau banyak minum

Semakin sering kamu minum juga bisa membuat kamu sering buang air kecil. Hal tersebut karena produksi pada urine akan semakin banyak karena kamu sering minum dan membuat kamu bisa sering juga buang air kecil.

4. Jenis cairan yang kamu konsumsi

Minumnya normal, tapi kok masih sering buang air kecil ? Mungkin salah satu penyebabnya adalah jenis minuman yang kamu konsumsi mengandung kafein dan juga alkohol. Kafein yang terdapat pada kopi dan juga teh bisa menyebabkan otot kandung kemih kamu melemah. Akibatnya kandung kemih tidak bisa menampung terlalu banyak cairan di dalamnya. Karena itu anda mungkin sering mengalami buang air kecil.

5. Adanya masalah kesehatan

Jika 4 faktor diatas masih belum sesuai dengan kamu yang sering buang air kecil, bisa jadi salah satu faktornya ada masalah pada kesehatan kamu. Salah satu faktornya adalah diabetes. Jika kamu mengalami diabetes, maka ga heran kalau produksi urine kamu akan meningkat akibat tidak terkontrolnya kadar gula atau glukosa dalam darah.

6. Mengkonsumsi obat – obatan

Ada beberapa obat – obatan berjenis diuretik dapat menyebabkan seseorang sering mengalami buang air kecil.

Keadaan khusus juga bisa saja terjadi pada seseorang yang sering mengalami buang air kecil. Keadaan khusus tersebut seperti : kehamilan dan juga setelah kehamilan. Selama kehamilan, seorang wanita akan mengalami buang air kecil lebih sering, ini disebabkan karena perubahan cairan seiring dengan tekanan kandungan kemih dari janin yang sedang tumbuh. Pada wanita yang sudah melahirkan juga akan mengalami sering buang air kecil karena wanita yang sudah melahirkan akan meningkatkan pengeluaran urine hingga delapan minggu. Ini karena cairan ekstra yang didapatkan saat wanita melakukan persalinan dari infus atau obat – obatan, serta respons alami tubuh untuk memobilisasi dan menghilangkan cairan setelah lahir.

Itu adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang sering buang air kecil.

Kapan harus pergi ke Dokter ?

Jika kamu merasa sering buang air kecil setiap hari dan itu mengganggu kehidupanmu dan juga apakah ada keluhan lain saat buang air kecil seperti nyeri punggung, ada darah dalam urine, urine berwarna pekat dan berbuih, urine berbau menyengat dan juga nyeri saat melakukan buang air kecil anda bisa langsung konsultasikan dengan dokter kepercayaan anda.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care