HomeKesehatan LansiaKenali Penyebab Lansia Mengalami Lemas

Kenali Penyebab Lansia Mengalami Lemas

Semakin menua seseorang semakin mengalami penurunan fungsi pada tubuhnya seperti penurunan pendengaran, penglihatan, pengecapan bahkan mungkin akan mengalami masalah gerakan yang melambat. Mereka yang sudah memiliki usia lebih dari 60 tahun biasanya akan mengidap sebuah penyakit atau mengalami badan lemas dikarenakan stamina yang sudah menurun.

Badan lemas yang sering menjadi masalah utama bagi lansia seringkali menjadi keluhan yang amat dipermasalahkan bagi lansia. Badan lemas ini bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya bisa disebabkan karena adanya penyakit tertentu dan juga bisa disebabkan memang karena lemahnya kekuatan fisik.

Penyebab Lansia Mengalami Lemas

ada beberapa penyebab lansia mengalami rasa lemas pada tubuh diantaranya :

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kita kehilangan lebih banyak cairan dibanding cairan yang didapatkan, akibatnya keseimbangan zat gula dan juga garam menjadi terganggu sehingga tubuh akan kurang berfungsi secara optimal. Akibat dari dehidrasi seseorang bisa mengalami kelelahan akibat cairan yang hilang tersebut.

2. Penurunan kemampuan saraf pengecap

Lidah memiliki berbagai macam fungsi seperti mencicip, mengunyah, mencampur dan menelan makanan. Selain itu juga lidah dapat membantu proses berbicara seseorang dan memerangi kuman penyebab penyakit. Jika kemampuan saraf pengecap mengalami penurunan, akibatnya lansia akan sulit membedakan rasa, sehingga akan merasa malas makan. Jika lansia mengalami masalah tersebut dan terjadi secara terus – menerus lansia akan kesulitan untuk mendapatkan energi yang didapatkan dari makanan dan menyebabkan lansia mengalami badan lemas.

3. Asupan makanan

Asupan makanan yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab lansia mengalami badan lemas.  Biasanya lansia yang mengalami ini adalah lansia yang memiliki masalah dalam proses pengunyahan. Penyebabnya karena gigi lansia yang sudah copot dan menyebabkan makanan yang masuk tidak dapat dicerna dengan baik. 

4. Gangguan fisiologis

Badan lemas juga bisa terjadi karena faktor gangguan fisiologis. Gangguan fisiologis pada lansia ini bisa terjadi pada lambung. Produksi lendir pada lambung pada usia senja biasanya mengalami penurunan dan mengakibatkan rasa penuh serta mual. Kondisi ini bisa menyebabkan nafsu makan pada lansia akan menurun dan menyebabkan lansia malas makan. Malas makan tersebut bisa menyebabkan lansia tidak dapat menyerap energi dan mengakibatkan badan akan terasa lemas.

5. Mengidap penyakit tertentu

Beberapa lansia juga biasanya mengidap penyakit tertentu seperti gangguan endokrin. Gangguan endokrin ini merupakan penyakit yang terkait dengan kelenjar endokrin pada tubuh. Sistem endokrin itu sendiri adalah jaringan kelenjar yang menghasilkan hormon. Hormon akan membantu tubuh mengatur berbagai proses seperti nafsu makan, pernafasan, pertumbuhan, keseimbangan cairan, feminisasi dan virilisasi serta pengendalian berat badan. Jika sistem endokrin ini mengalami gangguan, biasanya salah satu akibatnya lansia akan mengalami badan lemas. Gangguan endokrin ini dapat digolongkan menjadi :

  • Diabetes
  • Akromegali
  • Penyakit Addison
  • Sindrom Cushing
  • Penyakit Graves
  • Hashimoto’s Thyroiditis
  • Hipertiroidisme
  • Hipotiroidisme
  • Prolaktinoma

6. Penurunan kepadatan tulang dan massa otot

Semakin bertambah usia, lansia akan mengalami perubahan pada tubuhnya karena faktor penuaan. Beberapa bagian tubuh seperti tulang dan massa otot mengalami penurunan. Akibatnya lansia akan kehilangan massa otot dan juga membuat mereka tidak lagi sekuat seperti masa muda dulu. Akibatnya lansia akan mengalami rasa lemas pasa tubuh

7. Gangguan psikologis dan psiko kognitif di otak

Badan lemas pada lansia juga bisa terjadi karena gangguan psikologis dan psiko kognitif di otak pada lansia. Biasanya gangguan ini menyebabkan lansia merasa cemas, takut dan juga khawatir. Gangguan tersebut menyebabkan lansia mengalami tidur yang tidak optimal. Jika lansia mengalami tidur yang kurang optimal, ini bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Penyebab lemas pada lansia terjadi karena beberapa hal, diantaranya seperti yang sudah disebutkan diatas. Ketika kita sudah mengetahui penyebabnya diharapkan lansia dapat mudah mengatasi dan juga mengatasi hal tersebut.

Lansia juga dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan makanan gizi yang seimang dan juga konsumsi air yang banyak agar terhindar dari kondisi badan lemas.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Referensi
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3314826/ini-dia-penyebab-badan-lemas-pada-lansia
https://www.alodokter.com/dehidrasi

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care