Mengenal Vaksin Sinovac yang Diterima Presiden Joko Widodo

0
43
Mengenal Vaksin Sinovac yang diterima presiden
Mengenal Vaksin Sinovac yang diterima presiden

Pagi tadi presiden Joko Widodo telah menerima suntikan perdana vaksin corona. Suntikan yang diterima oleh Jokowi mengawali dimulainya program vaksinasi pada hari ini Rabu, 13 Januari 2021.

Vaksin yang diterima presiden pagi tadi merupakan vaksin buatan Sinovac Biotech. Vaksin ini dibuat dengan platform atau metode virus yang telah dilemahkan. Cara ini termasuk pembuatan vaksin yang umum dilakukan dalam pembuatan vaksin. Ini berguna untuk membangkitkan imun dalam tubuh untuk menghalau virus tersebut.

Apakah Vaksin ini sudah diuji sebelumnya ?

Vaksin covid-19 buatan Sinovac Biotech sebelumnya sudah di uji klinis tahap I dan II pada bulan april dan mei tahun lalu. Hasilnya telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah The Lancet pada tanggal 17 November dengan kesimpulan bisa dilanjutkan ke uji klinis tahap III.

Uji Klinis tahap III pada vaksin sinovac biotech ini dilakukan di beberapa negara termasuk Indonesia. Uji klinis ini dilakukan di bandung dipimpin oleh Profesor Kusnandi Rusmil dari Universitas Padjadjaran. Hasil dari uji klinis tahap III menunjukan hasil yang baik dari sisi imunogenisitas atau kemampuan dalam menetralkan atau membunuh virus.

Hasil ini disampaikan dalam konferensi pers pengunguman pemberian ijin penggunaan darurat vaksin atau emergency use authorization (EUA) yang digelar senin kemarin 11 Januari 2021.

Hasil dari uji klinis III menjadi dasar BPOM untuk meresmikan izin penggunaan darurat untuk vaksin covid-19 Sinovac.

(source : https://nasional.kontan.co.id/news/uji-klinis-tahap-ketiga-vaksin-sinovac-punya-imunogenesitas-yang-baik)

Bagaimana vaksin Sinovac bekerja ?

Cara kerja dari vaksin sinovac adalah vaksin akan disuntikan ke dalam tubuh dan membuat sel T dalam tubuh untuk mendeteksi fragmen dan aktif hingga menghasilkan sel kekebalan lain untuk melawan virus corona.

Setelah itu, Sel B sebagai sel kekebalan lain menempel pada vaksin (virus corona yang dilemahkan) dan menarik atau seluruh hingga fragmen muncul ke permukaan.

Sel T pun membantu mencocokan fragmen sel B. Jika cocok, sel B akan berkembang biak menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh. Setelah itu, antibodi akan menghentikan infeksi virus dalam tubuh dan mencegahnya masuk ke dalam sel tubuh.

(source : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5329573/cek-penerima-vaksin-covid-19-di-pedulilindungiid-kamu-dapat)

Apakah vaksin ini halal untuk digunakan ?


Vaksin Covid-19 Sinovac dipastikan halal. Ini disampaikan oleh Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) dan juga diperkuat oleh fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kemudian yang terkait aspek kehalalan setelah dilakukan yang cukup panjang dari hasil penjelasan dari tim auditor rapat komisi fatwa menyepakati baHWa vaksin COVID-19 yang diproduksi Sinovac Life Science china yang diajukan proses sertifikasi oleh Bio Farma hukumnya suci dan halal,” kata Ketua MUI Asrorun Niam.

(source : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5326767/akhirnya-mui-pastikan-vaksin-corona-sinovac-suci-dan-halal)

Berapa Efektivitas vaksin Sinovac ?

Berdasarkan hasil Uji Klinis yang telah dilakukan di Bandung, Kepala BPOM Penny K Lukito mengungkapkan hasil efikasi Sinovas sebesar 65,3%, angka ini sudah memenuhi persyaratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu diatas 50%. Efikasi sendiri merupakan estimasi bagaimana efektifitas akan bekerja.

Itu adalah beberapa Info mengenai vaksin sinovac yang diterima Presiden Joko Widodo

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here