5 Obat Bisul Alami Ampuh dan Terbukti Cepat Sembuh

0
19723
Obat Bisul Alami
Obat Bisul Alami. (Img: healthline.com)

Benjolan mengandung nanah muncul pada area ketiak, selangkangan, bokong, bahu, punggung, wajah, leher, lubang hidung hingga kelopak mata? Bisa jadi itu adalah bisul.

Bisul (boils) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus pada lubang tumbuhnya rambut (folikel) atau jaringan subkutaneus di sekitarnya.

Faktor pemicu utama munculnya bisul dipengaruhi oleh kebersihan kulit, daya imun tubuh dan penyakit kronis seperti diabetes, eksim hingga HIV.

Sudah mencoba berbagai obat bahkan periksa ke dokter namun bisul tak kunjung sembuh? Mungkin Anda perlu mencoba obat tradisional bisul yang dapat ditemukan di alam.

Mengobati Bisul Secara Alami

Pada kasus yang ringan, bisul dapat disembuhkan dengan melakukan perawatan dan pengobatan secara mandiri menggunakan bahan alami dan obat yang dijual di apotek tanpa harus ke dokter.

Tidak ingin menggunakan obat-obatan kimia untuk mengobati bisul? Gunakan saja bahan-bahan alami dari alam untuk mengobati bisul agar cepat kempes dan pecah.

Berikut 5 bahan alam untuk dijadikan obat bisul alami yang cepat sembuh dan tidak tumbuh lagi.

PENTING! Sebelum mengobati bisul, pastikan tangan dan peralatan yang Anda gunakan telah bersih serta steril. Cucilah tangan menggunakan sabun yang mengandung antiseptik.

Baca juga: 5 Tumbuhan Obat Luka Luar Alami Yang Banyak Ditemukan di Alam

1. Bawang Putih

Bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tinggi
Bawang putih untuk mengobati bisul secara alami. (wikipedia.org)

Selain biasa digunakan untuk menyedapkan masakan, bawang putih mempunyai manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, mulai dari yang ringan hingga berat.

Salah satunya adalah mengobati bisul secara alami. Bawang putih mengandung antibakteri yang mampu membasmi bakteri dan jamur penyebab infeksi.

Cara Mengobati Bisul Menggunakan Bawang Putih

Haluskan bawang putih lalu tempelkan pada area benjolan bisul selama 30 menit. Lakukan sebanyak dua kali sehari, bisa pagi dan malam hari secara rutin hingga nampak hasilnya.

2. Kunyit

Kunyit untuk obat sakit yang ada di bumbu dapur
Kunyit untuk mengobati bisul secara alami. (shutterstock.com)

Sudah terkenal sejak ribuan tahun sebagai obat pembersih darah secara alami, kunyit sangat ampuh untuk membunuh berbagai jenis bakteri yang menginfeksi kulit.

Kunyit mempunyai kandungan zat antibakteri dan antiinflamasi, selain membasmi bakteri penyebab bisul juga membantu mempercepat proses penyusutan pada benjolan.

Cara menggunakan kunyit untuk mengobati bisul secara alami

Haluskan kunyit lalu tempelkan pada area benjolan bisul dan tahan selama 30 menit. Lakukan sebanyak dua kali sehari, bisa di pagi dan malam hari secara rutin.

3. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh
Minyak pohon teh untuk mengobati bisul secara alami. (Img: thebodyshop.co.id)

Selain marak digunakan untuk bahan pembuatan kosmetik, minyak pohon teh atau tea tree oil juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit akibat bakteri.

Minyak pohon teh mengandung antibakteri serta antiseptik yang ampuh mengobati bisul secara alami serta mencegah pertumbuhan bakteri pada area permukaan kulit.

Cara menggunakan minyak pohon teh untuk mengobati bisul

Cara mengobati bisul menggunakan minyak pohon teh sangat mudah, cukup oleskan minyak pada area bisul secara merata sebanyak dua kali sehari.

4. Minyak Jarak

Minyak Jarak
Minyak jarak untuk mengobati bisul secara alami. (Img: crookedhouseherbals.com)

Minyak jarak mengandung senyawa asam risinoleat yang bermanfaat sebagai antiinflamasi guna meredakan peradangan pada luka seperti bisul agar cepat kempes.

Tidak hanya zat antiinflamasi saja, minyak jarak juga mengandung zat antibakteri yang cukup kuat untuk membunuh berbagai jenis bakteri penyebab infeksi.

Cara menggunakan minyak jarak untuk mengobati bisul

Oleskan minyak jarak pada area bisul secara merata sebanyak tiga kali sehari hingga sembuh.

5. Lidah Buaya

Mengobati eksim secara alami menggunakan lidah buaya
Mengobati bisul secara alami menggunakan lidah buaya. (Img: medicalnewstoday.com)

Lidah buaya atau aloe vera mempunyai kandungan zat antibakterial dan antiseptik serta antiinflamasi yang mampu mengobati infeksi pada bisul hingga mencegah perkembangan bakteri.

Tidak hanya untuk mengobati bisul saja, lidah buaya juga ampuh untuk mengobati berbagai jenis luka serta mencegah munculnya infeksi seperti luka bakar, luka lecet serta borok atau koreng.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati bisul

Ambil satu batang daun lalu pisahkan daging atau lendir dari bagian luar lidah buaya, oleskan pada bagian bisul secara merata. Lakukan sebanyak dua kali sehari hingga mendapatkan hasilnya.

Selain menggunakan tumbuhan lidah buaya secara langsung, Anda dapat membeli ekstrak lidah buaya yang banyak dijual di apotek terdekat.

Perawatan Tambahan pada Bisul

Selain mengobati bisul menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda dapat melakukan perawatan tambahan dengan mengkompres bisul menggunakan air hangat.

HATI-HATI! Jangan pernah berusaha untuk mengeluarkan nanah pada bisul dengan cara memencet secara paksa. Sebaiknya lakukan pengobatan menggunakan bahan-bahan alami sembari dikompres menggunakan air hangat.

Perhatikan kebersihan alat dan tangan yang Anda gunakan untuk melakukan pengobatan dan perawatan bisul. Jangan sampai terjadi penularan ke area lain atau kepada orang lain.

Apa bila perawatan secara mandiri tak kunjung membuahkan hasil, segera kunjungi dokter apa lagi ketika bisul muncul lebih dari satu (karbunkel).


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here