HomeKesehatan5 Obat Eksim Alami Tradisional dan Cara Menggunakannya

5 Obat Eksim Alami Tradisional dan Cara Menggunakannya

Eksim adalah penyakit kulit yang menyebabkan penderitanya mengalami kulit gatal, ruam, kemerahan, kering dan bersisik. Pada kondisi yang lebih parah, eksim dapat menyebabkan kulit infeksi yang ditandai dengan keluarnya cairan.

Penderita eksim banyak didominasi oleh bayi dan anak-anak karena kulit mereka masih sangat sensitif terhadap benda asing. Meski begitu, orang dewasa atau pun lansia juga dapat menderita eksim.

Hal tersebut karena penyakit eksim termasuk ke dalam kategori penyakit kambuhan. Artinya seseorang yang mempunyai penyakit eksim di masa lalu dapat kambuh setiap saat.

Kambuhnya penyakit eksim dapat disebabkan oleh berbagai faktor pemecu. Setiap penderita eksim mempunyai faktor pemicu yang berbeda-beda, untuk mengetahui apa penyebab orang mengalami eksim dapat diterangkan oleh dokter kulit.

Melansir dari DokterSehat.com, para ahli mencurigai eksim dipengaruhi oleh daya tahan tubuh yang berlebihan. Hal tersebut menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritasi namun hal ini tidak terlalu berbahaya bagi kulit.

Meski begitu, eksim dapat mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari terutama ketika di malam hari karena bisa menimbulkan gejala gatal yang tak tertahankan.

Beberapa jenis obat penyakit kulit seperti eksim kering dapat dibeli di apotek. Namun akan lebih baik jika mendapatkan obat eksim dari resep dokter untuk menghindari alergi obat yang dapat menimbulkan masalah baru.

Baca juga: 20 Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan Mengatasi Berbagai Jenis Penyakit Berikut Ini

Obat Eksim Alami Tradisional

Penggunaan obat alami yang diperoleh dari alam dapat digunakan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit kulit. Diantaranya terbukti ampuh mengobati penyakit eksim bahkan yang sudah menahun.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 obat untuk mengobati eksim secara tradisional.

1. Lidah Buaya

Mengobati eksim secara alami menggunakan lidah buaya
Mengobati eksim secara alami menggunakan lidah buaya. (Img: medicalnewstoday.com)

Gel yang ada pada lidah buaya sangat berguna untuk mengobati eksim secara alami tanpa efek samping. Kandungan zat antiinflamasi, antibakteri dan antimikroba dapat meredakan gejala sekaligus melindungi kulit dari infeksi.

Bila Anda tidak bisa mendapatkan tumbuhan lidah buaya, Anda dapat membeli gel lidah buaya yang banyak dijual di toko atau apotek. Perhatikan kandungan gel lidah buaya pada kemasan untuk mengetahui komposisi yang tepat dan tidak menimbulkan iritasi.

Cara menggunakan gel lidah buaya untuk mengobati eksim

  • Bila Anda mempunyai tumbuhan lidah buaya, ambil ekstrak lidah buaya yang berbentuk gel.
  • Oleskan pada bagian kulit yang mengalami gejala eksim secara merata dan biarkan sampai kering.
  • Bilas menggunakan air sampai bersih.
  • Lakukan hal di atas sebanyak dua kali sehari, bisa pagi dan sore.

2. Madu

Madu untuk mengobati eksim secara alami
Madu untuk mengobati eksim secara alami. (Img: Materio-Getty Images)

Selain mendatangkan khasiat dengan cara dikonsumsi, madu juga dapat digunakan untuk perawatan luka luar seperti meredakan luka pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang dimiliki oleh madu sangat cocok untuk meredakan gejala eksim. Sebelum menggunakan madu untuk mengobati eksim, pastikan madu yang digunakan adalah madu murni tanpa tambahan apa pun.

Cara menggunakan madu untuk mengobati eksim

  • Oleskan madu pada area yang diinginkan dan diamkan selama kurang lebih 25 menit.
  • Bilas menggunakan air bersih dan lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun untuk penderita hipertensi
Minyak zaitun untuk penderita hipertensi. (hellosehat.com)

Cara ampuh untuk mengatasi kulit kering dan bersisik akibat eksim dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak esensial lainnya seperti minyak lavender dan minyak kelapa.

Cara mengobati eksim menggunakan minyak zaitun

  • Minum dua sendok teh minyak zaitun sebanyak dua kali sehari.
  • Bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam susu atau pun madu.
  • Oleskan minyak zaitun ke bagian kulit yang mengalami eksim atau campurkan minyak zaitun ke dalam air bak mandi.

4. Cuka Apel

Mengobati penyakit eksim menggunakan cuka apel
Mengobati penyakit eksim menggunakan cuka apel. (Img: lifeofpix.com)

Cuka apel terbukti mengandung zat Escherichia Coli, Staphylococcus Aureus dan zat yang efektif untuk melawan infeksi akibat bakteri yang terjadi pada kulit eksim.

Selain itu, cuka apel juga dapat digunakan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Hal ini sangat cocok untuk kulit kering atau bersisik pada penderita eksim.

Cara menggunakan cuka apel untuk mengobati eksim

  • Jangan pernah menggunakan cuka apel secara langsung ke kulit karena kandungan asam yang tinggi dapat menyebabkan sensasi panas.
  • Campurkan satu sendok teh cuka apel ke dalam segelas air putih.
  • Oleskan pada bagian kulit yang mengalami eksim secara merata.

5. Garam

Megobati eksim menggunakan garam
Megobati eksim menggunakan garam. (Img: Getty Images)

Menurut National Association of Eczema menadi menggunakan campuran garam Himalaya dapat mengobati dan meredakan gejala eksim dengan membuat kulit menjadi lebih lembab.

Kandungan natrium pada garam meluruhkan zat yang tidak dibutuhkan oleh kulit lagi sehingga kulit yang kering atau bersisik dapat menjadi lembab secara alami.

Cara menggunakan garam untuk meredakan gejala eksim

  • Campurkan garam himalaya sebanyak 230 gram (secangkir) ke dalam bak mandi atau bath tub yang berisi air kurang lebih 12 liter.
  • Siram atau lebih baik berendam ke dalam air garam tersebut kurang lebih 10 menit untuk membuat kulit menjadi lebih lembab.
  • Setelah itu keringkan badan dengan cara menempelkan handuk lembut secara perlahan.

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care