Lina Mantan Istri Sule Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung? Ini Faktanya

0
232
Lina mantan istri sule meninggal akibat serangan jantung, ini faktanya
Lina mantan istri sule meninggal akibat serangan jantung, ini faktanya. (@panjikomara)

Lina mantan istri komedian Sule dikabarkan meninggal dunia, hal ini disampaikan langsung oleh Panji Komara melalui Insta Story yang diunggah pada hari Sabtu, 4 Januari 2020.

Isi konten tersebut menyebutkan ibu dari Rizky Febian itu telah berpulang ke Rahmatullah.

Assalamualaikum, kabar dukat datang dari keluarga besar @rizkyfbian dimana ibu tercinta telah berpulang ke rahmattullah dini hari ..Saya sebagai manager dari kang @ferdinan_sule mewakili kang sule & rizky febian dengan berat hati mohon maaf yang sebesar-besar kepada pihak @glafidsyamedika_surabaya tidak dapat hadir di acara grand opening glafidsya medika surabaya. Dikiranya dapat di mengerti dan mohon doa nya dari teman-teman sekalian @rezagladys @attaubah.mufid,” tulis manager Sule tersebut.

Lina, mantan istri Sule komedian meninggal dunia akibat serangan jantung
Lina, mantan istri Sule komedian meninggal dunia akibat serangan jantung, berikut faktanya. (@panjikomara)

Penyebab meninggalnya mantan istri Sule sejauh ini belum diketahui secara pasti, namun banyak kabar beredar yang menyebutkan Lina meninggal akibat serangan jantung.

Baca juga: Wow! Kini Printer 3D Bisa Untuk Mencetak Jantung Manusia

Fakta Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga menganggu fungsi jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Dalam dunia medis, serangan jantung disebut juga dengan infark miokard atau sindrom koroner.

Penyebab utama penyakit jantung koroner adalah timbunan kolesterol yang telah mengeras menjadi plak di dinding pembuluh darah, kondisi ini dapat diperparah ketika adanya gumpalan darah sehingga serangan jantung tak dapat terelakkan.

Jantung koroner dapat menyerang siapa saja dalam kondisi apa saja, sering kali serangan jantung disebut dengan “silent killer“. Lebih lanjut, berikut 6 fakta penyakit jantung yang wajib diketahui:

1. Dapat terjadi di segala umur

Beberapa kasus kematian akibat serangan jantung tidak hanya dialami oleh orang tua atau lansia yang telah berusia 65-75 tahun saja. Faktanya, serangan jantung dapat dialami oleh orang yang memiliki umur yang lebih muda.

Orang-orang dengan usia 35-44 tahun juga dapat berisiko mengalami penyakit jantung, terutama bagi mereka yang tidak mempunyai gaya hidup sehat.

Beberapa faktor seperti terlalu sering mengkonsumsi junk food, merokok dan tidak pernah melakukan olahraga dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung dini.

2. Penyakit paling banyak merenggut nyawa

Tidak main-main, penyakit jantung ternyata begitu berbahaya karena diperkirakan sebanyak 12,5 juta dari 32 juta pasien jantung harus berakhir meninggal dunia setiap tahunnya.

Naasnya, sebanyak 40-75 persen korban serangan jantung meninggal dunia sebelum sampai ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan secara komprehensif.

Hal tersebut karena korban atau pun orang disekitarnya tidak segera membawa korban ke rumah sakit setelah mendapatkan gejala pertama. Padahal menunda membawa korban serangan jantung ke rumah sakit bisa berakibat fatal.

3. Gejala yang dirasakan pria dan wanita

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Detik Health, penyakit jantung lebih banyak menyerang wanita daripada pria.

Selain itu, sebanyak 38% wanita yang mengalami serangan jantung untuk pertama kali akan lebih dulu meninggal setahun setelahnya.

Sedangkan pria yang pertama kali mengalami serangan jantung mempunyai peluang hidup lebih lama sebesar 25 persen daripada wanita.

Gejala penyakit jantung yang dialami pria dan wanita pun cenderung berbeda namun tetap identik. Perbedaan terletak pada kondisinya yang rasakan.

Ketika pria mengalami masalah jantung maka umumnya akan mengalami nyeri dada, sedangkan pada wanita akan dibarengi dengan sesak napas, mual hingga kelelahan yang hebat.

4. Penyakit keturunan

Anak-anak yang terlahir dari pasangan orang tua yang mempunyai riwayat penyakit jantung memiliki risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung di kemudian hari.

Risiko jantung koroner lebih tinggi apa bila ayah atau saudara laki-laki didiagnosa mengidap penyakit jantung sebelum usia 55 tahun, sedangkan ibu atau saudara perempuan didiagnosa mengidap penyakit jantung sebelum usia 65 tahun.

5. Penyakit jantung dapat dicegah

Faktor genetik atau keturunan terhadap penyakit jantung dapat cegah apa bila menerapkan gaya hidup sehat sejak dini dan menghindari faktor-faktor risiko penyebab penyakit jantung.

Beberapa faktor risiko penyebab penyakit jantung adalah kebiasaan merokok, minum alkohol, makan makanan tidak sehat seperti junk food dan jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

6. Penyakit komplikasi

Serangan jantung dapat dipicu oleh adanya penyakit lainnya seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, depresi, kegemukan atau obesitas.

Selain itu penyakit mematikan lainnya seperti stroke juga dapat memicu serangan jantung.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

[socialpoll id=”2578549″]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here