Obat Rematik Alami Yang Terbukti Paling Ampuh, Yuk Buktikan

0
295
Obat rematik alami
Obat Rematik Alami Yang Terbukti Paling Ampuh, Yuk Coba. (Img: thehealthsite.com)

Rematik adalah kondisi pembengkakan pada sendi atau otot yang ditandai dengan rasa nyeri. Umumnya rematik dialami oleh orang lanjut usia (lansia) atau orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Penyakit rematik mempunyai banyak jenis bahkan mencapai hingga 100 jenis, beberapa yang paling umum dialami orang adalah: Rheumatoid Arthritis, Osteoartritis, Sindrom Sjogren, dan Asam Urat.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Rematik pada Lansia

Penyebab Rematik

Penyebab rematik tergantung dari jenisnya, misalnya penyebab rheumatoid arthritis adalah kesalahan sistem imun yang justru menyerang sinovium (membran pelapis sendi tubuh).

Akibatnya timbul peradangan hingga kerusakan pada tulang rawan atau sendi. Tak ayal kondisi ini membuat penderitanya merintih kesakitan.

Apa bila rematik sudah sangat buruk, maka wajib untuk mendapatkan penanganan secara medis. Beberapa pengobatan rematik seperti medikasi, terapi hingga bedah dapat dilakukan.

Obat Rematik Alami

Penyakit ini tidak hanya menyerang kaum lansia saja, orang yang lebih muda pun dapat berisiko menderita rematik. Perhatikan faktor risiko untuk mengantisipasi rematik di kemudian hari.

Tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi beberapa jenis tumbuhan herbal untuk mencegah sekaligus meredakan penyakit rematik. Berikut obat herbal rematik dan cara pengolahannya:

1. Obat Rematik dari Jahe

Kerap Dijadikan Obat Herbal,Berikut
Obat rematik alami dari jahe. (Img: medicalnewstoday.com)

Jahe mempunyai kandungan anti inflamasi dan antinyeri yang dipercaya ampuh untuk mengatasi gejala rematik. Ada pun cara membuat obat rematik dari jahe adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan jahe dengan cara dicuci bersih.
  • Parut jahe.
  • Rebus dengan dua gelas air hingga mendidih.
  • Minum selagi hangat.

Untuk menambah kenikmatan wedang jahe, tambahkan sedikit gula atau madu.

2. Kunyit Obat Rematik

Jahe, Kunyit dan Temulawak Ampuh Tangkal Virus Corona Ini Penjelasannya
Obat rematik alami dari kunyit. (img: healthline.com)

Sama seperti jahe, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk obat rematik herbal tanpa efek samping. Salah satu kandungan kunyit yang sangat penting adalah curcumin.

Kandungan tersebut dipercaya mampu untuk mengurangi peradangan pada tubuh khususnya rematik. Cara membuat obat rematik dari kunyit pun sama seperti jahe.

3. Obat Rematik Alami Buah

Buah berry untuk penderita darah tinggi
Obat rematik alami dari buah. (thestar.com)

Beberapa jenis buah berikut ini mempunyai khasiat untuk meredakan gejala rematik, yaitu:

  • Nanas. Kandungan bromelain atau enzim dan protein mampu menurunkan peradangan karena rematik.
  • Jeruk. Kandungan radikal bebas sangat bagus untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi atau oto.
  • Apel. Kandungan boron atau mineral pada buah apel mampu untuk mengurangi risiko osteoarthritis.
  • Mangga. Kandungan antioksidan dan vitamin c pada buah mangga dapat meringankan rasa nyeri pada persendian.
  • Anggur. Kandungan protein yang ada pada buah anggur dapat meredakan rasa nyeri pada sendi akibat peradangan.
  • Pepaya. Sama seperti mangga, pepaya juga kaya akan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk mengurangi rasa sakit akibat rematik.

4. Singkong untuk Obat Rematik

Obat rematik alami dari singkong
Obat rematik alami dari singkong. (Img: thepioneerwoman.com)

Siap ayang sangka tumbuhan yang kerap diolah pada umbi dan daunnya ini dapat dijadikan sebagai obat rematik alami. Melansir dari Pemkomedan.go.id, singkong baik umbi atau daunnya dapat dimanfaatkan untuk meredakan nyeri akibat rematik.

Cara penggunaan singkong untuk obat rematik terbagi menjadi dua, pengobatan luar dan dalam. Pada pengobatan luar dapat memanfaatkan daun singkong ditambah dengan 15 gram jahe lalu aduk dan oleskan atau kompres pada bagian sendi yang nyeri.

Pengobatan rematik dari dalam menggunakan sekitar 100 gram batang singkong tambahkan dengan serai, garam, 15 gram jahe dan rebus dengan air sebanyak 1000 cc. Tunggu hingga air rebusan menjadi 400 cc lalu, setelah itu saring dan minum sebanyak 200 cc sehari dua kali.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here