HomeLansia5 Cara Ampuh Mengobati Asam Urat pada Lansia

5 Cara Ampuh Mengobati Asam Urat pada Lansia

Uric acid atau asam urat adalah salah satu penyakit radang sendi yang dapat menimbulkan rasa sakit, kaku hingga pembengkakan, umumnya penyakit ini terjadi pada orang lanjut usia (lansia).

Beberapa bagian persendian seperti kaki, lutut, pergelangan tangan dan pinggul lebih berisiko mengalami gejala asam urat.

Pada dasarnya penyakit asam urat tidak dapat disembuhkan secara total, meski begitu Anda dapat melakukan perawatan atau pengobatan secara mandiri untuk mencegah gejala asam urat.

Ada pun cara mengobati asam urat dapat dengan melakukan tindakan berikut ini:

Baca juga: 7 Ramuan Obat Asam Urat Tradisional Alami Beserta Cara Membuatnya

Cara Mengatasi dan Mencegah Asam Urat Pada Lansia

Berikut ini beberapa obat asam urat tradisional dan pantangannya yang patut untuk Anda perhatikan. Harap konsultasikan kepada dokter mengenai program pengobatan asam urat yang Anda jalani.

1. Menghindari Makanan Penyebab Asam Urat

Konsumsi makanan yang banyak mengandung tinggi purin dapat menjadi salah satu faktor pemicu kambuhnya penyakit asam urat. Hal ini terjadi karena tubuh akan menghasilkan asam urat ketika mencerna purin.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung purin seperti: Ikan sarden, kacang-kacangan, minuman beralkohol dan daging tertentu.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Beberapa jenis makanan sehat seperti buah dan sayur dapat mengurangi risiko timbulnya gejala penyakit asam urat. Berikut cara mengobati asam urat secara alami menggunakan buah dan sayur:

  • Minum air lemon. Kandungan asam sitrat pada buah lemon dipercaya ampuh untuk menyembuhkan asam urat. Konsumsilah air lemon sebanyak dua kali sehari.
  • Buah dan sayur kaya antioksidan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah dan sayur kaya akan antioksidan mampu mengatasi peradangan akibat asam urat.
  • Minum air putih. Penderita asam urat wajib meningkatkan konsumsi air putih harian untuk membantu ginjal menghilangkan asam urat dari dalam tubuh.
  • Minum air jahe. Salah satu cara mengobati asam urat dengan jahe patut untuk dicoba, selain mempunyai manfaat untuk membersihkan kristal asam urat pada persendian, jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Seledri. Kandungan vitamin K yang ada pada seledri sangat baik untuk menghilangkan kristal asam urat pada persendian, selain itu kandungan asam folatnya juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit anemia.

3. Lakukan Olahraga

Olahraga sangat dianjurkan untuk penderita asam urat khususnya bagi mereka yang mempunyai berat badan berlebih karena dapat membantu diet sekaligus mencegah timbulnya gejala asam urat seperti encok.

Lakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar tetap ideal. Beberapa jenis olahraga untuk lansia dapat berupa jalan sehat, bersepeda, berenang atau senam.

4. Konsumsi Obat Sampai Sembuh

Tidak ada cara menyembuhkan asam urat secara total kecuali mengendalikan gejalanya dengan terus mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.

Beberapa jenis obat seperti prednisone, colchicine untuk meredakan nyeri, allopurinol atau febuxostat dan obat uricosuric sangat baik dianjurkan untuk mengatasi asam urat.

Hindari mengkonsumsi obat asam urat di apotek tanpa melalui resep dokter. Konsultasikan ke dokter mengenai kondisi yang Anda keluhkan untuk mendapatkan obat serta dosis yang tepat untuk penyakit asam urat.

5. Tindakan ketika asam urat kambuh

Lakukan tindakan berikut ini ketika asam urat kambuh secara mendadak:

  • Kompres. Cara kompres asam urat ketika kambuh dapat dilakukan menggunakan es batu maksimal 20 menit. Jika gejala belum juga mereda, tunggu dan jangan lakukan kompres hingga 10 menit, kemudian lakukan kompres kembali hingga mendapatkan hasil yang lebih baik.
  • Apa bila asam urat menyebabkan encok pada bagian tubuh tertentu seperti kaki, usahakan angka atau berikan penyangga untuk mengurangi gejalanya.
  • Hindari terlalu banyak melakukan aktivitas ketika asam urat kambuh.
  • Konsumsilah obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan sejenisnya, harap pastikan obat yang Anda konsumsi diperbolehkan oleh dokter.

Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care