Kolesterol Tinggi: Jenis, Penyebab, Gejala, Obat dan Pencegahan

0
306
Kolesterol tinggi
Kolesterol Tinggi: Jenis, Penyebab, Gejala, Obat dan Pencegahan. (Img: healthline.com)

Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang dihasilkan secara alami oleh organ hati atau makanan seperti daging dan susu. Kolesterol berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D, hormon, sel-sel baru dan asam empedu.

Pada kadar yang tepat, kolesterol sangat bermanfaat untuk tubuh, namun apa bila kolesterol terlalu tinggi atau hiperkolesterolemia maka dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius seperti serangan jantung, stroke dan penyakit arteri perifer.

Baca juga: Berikut 8 Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda Yang Harus Anda Waspadai

Jenis Kolesterol

Untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh perlu tindakan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, sebelum melakukan pemeriksaan biasanya pasien disarankan untuk melakukan puasa terlebih dahulu.

Berikut dua jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh:

1. Low-Density Lipoprotein (LDL)

Dikenal juga dengan istilah “Kolesterol Jahat” karena kadarnya yang terlalu tinggi dan berisiko menyebabkan penumpukan pada dinding pembuluh darah arteri.

2. High-Density Lipoprotein (HDL)

Dikenal juga dengan istilah “Kolesterol Baik” karena berfungsi untuk mengembalikan kolesterol yang berlebihan ke dalam hati untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

Parameter Tingkat Kolesterol

Total
Kolesterol
HDL
Kolesterol
LDL
Kolesterol
Normal<170>45<110
Waspada170-19940-45110-129
Bahaya>200<40>130

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti penyakit tertentu, keturunan, gaya hidup dan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah.

Ada pun penjelasan dari penyebab kolesterol adalah sebagai berikut:

  • Penyakit tertentu. Beberapa jenis penyakit seperti obsitas, diabetes dan hipotiroidisme dapat mengalami kolesterol tinggi.
  • Faktor keturunan atau genetik. Orang tua yang menderita kolesterol tinggi dapat menurunkan kondisi ini kepada anaknya.
  • Gaya hidup tidak sehat. Kebiasaan seperti merokok dan jarang olahraga dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi.
  • Makanan tidak sehat. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung minyak atau lemak seperti gorengan, daging, jeroan, susu full cream dan kulit ayam dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Gejala Kolesterol

Banyaknya kolesterol di dalam darah, lambat laun akan menumpuk menjadi plak pada pembuluh darah dan mempengaruhi sirkulasi darah yang dapat memicu munculnya penyakit serius.

7 gejala kolesterol

1. Nyeri Tengkuk

Banyaknya kolesterol yang menumpuk pada pembuluh darah dapat menyebabkan bagian tubuh tertentu mengalami rasa tidak nyaman seperti nyeri tengkuk atau leher.

Meski tidak semua nyeri tengkuk adalah gejala dari kolesterol yang tinggi, ada pun beberapa jenis penyakit lain dapat menyebabkan gejala seperti ini. Periksakan ke dokter untuk memastikan gejala yang Anda alami.

2. Nyeri Kaki

Tingginya kadar kolesterol yang menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah dapat menghambat peredarahnya pada area kaki. Oleh sebab itu, penderita kolesterol tinggi sering mengalami nyeri, berat hingga sensasi terbakar pada kaki.

3. Nyeri Dada

Meski tidak semua nyeri dada diakibatkan oleh kolesterol tinggi namun kondisi ini dapat menjadi indikasi bahwa ada hal yang tidak beres di dalam tubuh.

Tingginya kadar kolesterol yang membentuk plak dapat terjadi pada pembuluh darah jantung, sehingga aliran darah pada area ini menjadi terganggu dan sering menimbulkan rasa nyeri dada.

4. Mudah Lelah

Aliran darah yang terganggu karena adanya plak dapat menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah ke sekujur tubuh, hal ini dapat mengakibatkan penderitanya mengalami mudah lelah.

5. Sering Sakit Kepala

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 1.550 orang dan diterbitkan di laman Practical Pain Managemen mengungkapkan bahwa mereka yang mempunyai kolesterol tinggi cenderung mudah mengalami sakit kepala.

6. Bau Mulut

Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh dapat memengaruhi fungsi pencernaan sehingga menyebabkan kekeringan dan menimbulkan bau mulut tak sedap.

Bau mulut atau halitosis adalah salah satu gejala paling umum yang terjadi pada penderita kolesterol tinggi.

7. Muncul Benjolan di Kulit

Benjolan akibat penumpukan lemak di bawah kulit (Xanthoma) dapat sebesar jerawat hingga buah anggur yang muncul di bagian persendian seperti lutut, sikut,kaki, tangan hingga bokong.

Xanthoma tidak menimbulkan rasa sakit apa bila disentuh atau ditekan dan umumnya terjadi pada penderita kadar kolesterol tinggi atau trigliserida yang tinggi.

Obat Kolesterol

Artikel ini tidak menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi obat kolesterol tanpa resep dari dokter!

Sebaiknya lakukan upaya untuk menurunkan kolesterol secara mandiri dengan olahraga, diet dan konsumsi makanan sehat. Jika perlu konsultasikan ke dokter.

Dokter dapat memberikan beberapa jenis obat kolesterol seperti:

  • Simvastatin atau Atorvastatin (Obat golongan statin).
  • Ezetimibe.
  • Fenofibrate dan Gemfibrozil.
  • Suplemen Omega 3.
  • Vitamin B3.

Pencegahan Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dapat ditekan atau diturunkan dengan melakukan beberapa langkah mudah berikut ini:

1. Olahraga Rutin

Mulailah untuk melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari untuk meningkatkan kadar HDL (Kolesterol baik) dan menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti serangan jantung.

Beberapa olahraga seperti jalan sehat, berlari, bersepeda, senam atau berenang patut untuk dicoba.

2. Melakukan Diet

Jika berat badan Anda tidak ideal atau lebih gemuk, segera untuk melakukan diet sehat dengan menghindari makan yang banyak mengandung lemak seperti daging, jeroan, kuning telur, gorengan atau susu full cream.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan untuk kolesterol yang patut untuk diterapkan demi menunjang diet sehat adalah sayuran, buah, daging ikan dan kacang-kacangan.

Ada pun pengolahannya dapat dengan cara disop, rebus, kukus atau dipanggang. Hal ini untuk menghindari penggunaan minyak yang justru dapat meningkatkan lemak dalam masakan.

Questions and Answer (Q&A) Tentang Kolesterol Tinggi

Q: Apa gejala kolesterol?
A: Gejala kolesterol dapat dirasakan dari 7 gejala berikut ini, yaitu: 1. Nyeri tengkuk, 2. Nyeri kaki, 3. Nyeri dada, 4. Mudah lelah, 5. Sering sakit kepala, 6. Bau mulut, 7. Benjolan di kulit.

Q: Apa penyebab kolesterol?
A: Beberapa faktor risiko berikut ini dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi, yaitu: 1. Usia, 2. Konsumsi makanan tidak sehat, 3. Jarang olahraga, 4. Obesitas, 5. Merokok, 6. Penyakit tertentu, 7. Keturunan.

Q: Bagaimana cara menurunkan kolesterol?
A: Cara mudah untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menerapkan hidup sehat dan makan makanan sehat. Mulai lakukan olahraga, diet, konsumsi makanan sehat dan menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi.

Q: Makanan apa yang menyebabkan kolesterol?
A: Kolesterol dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi seperti: 1. Makanan cepat saji, 2. Daging merah, 3. Kuning telur, 4. Keju atau susu, 5. Jeroan, 6. Kulit ayam, 7. Daging unggas seperti bebek.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here