10 Jus Buah dan Sayur untuk Meningkatkan Kesehatan Lansia

0
184
10 Jus buah dan sayur untuk lansia
10 Jus buah dan sayur untuk lansia. (Img: juicefruit-0.blogspot.com)

Orang tua yang telah berusia lebih dari 65 tahun telah dikatogorikan sebagai lanjut usia (lansia). Orang-orang dengan golongan usia ini sebaiknya memperhatikan asupan makanan.

Selain untuk menghindari faktor risiko muncul atau kambuhnya penyakit, mengkonsumsi makanan yang tepat untuk lansia juga dapat meningkatkan kesehatan fisiknya.

Buah dan sayur masih menjadi makanan wajib yang harus dikonsumsi oleh lansia, hanya saja cara penyajiannya yang harus diperhatikan. Kebanyakan lansia mempunyai gigi yang tidak utuh lagi, oleh sebab itu mengolah buah dan sayur agar mudah dimakan oleh lansia sangat penting.

Berikut ini 10 rekomendasi jus buah dan sayur yang dapat menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan lanisa.

Baca juga: Golongan Darah O: Jangan Konsumsi 8 Jenis Makanan Berikut Ini

10 Jus Buah dan Sayur untuk Lansia

1. Jus Apel

Buah yang penuh dengan nutrisi ini harus dikonsumsi oleh lansia, beberapa jenis kandungan yang ada pada buah apel adalah: vitamin A, vitamin B1, B2, dan B6, vitamin C, vitamin K, kalium, mangan, tembaga, dan serat.

Dalam mengolah buah apel menjadi jus, sebaiknya jangan membuang kulitnya karena kulit buah apel justru mengandung banyak nutrisi.

Buah apel sangat cocok untuk lansia yang berisiko menderita penyakit jantung, diabetes, obesitas, asam urat hingga gangguan sistem pencernaan seperti sembelit.

2. Jus Alpukat

Salah satu buah yang wajib untuk dikonsumsi oleh lansia adalah alpukat, buah yang dikenal ampuh untuk membantu menyehatkan jantung ini dapat dioleh dengan cara di jus, dimakan langsung atau dijadikan sebagai selai dalam roti tawar.

3. Jus Bayam

Sayuran bayam mempunyai banyak kandungan vitamin penting untuk kesehatan lansia, ada pun beberapa jenis vitamin pada bayam adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Tidak hanya vitamin, bayam juga mengandung mineral penting bagi kesehatan, yaitu magnesium, potasium, zat besi, kalsium, asam folat hingga sodium. Jus bayam tidak hanya baik untuk lansia saja melainkan juga baik untuk tumbuh kembang anak-anak.

4. Jus Pare

Pare mempunyai rasa yang pahit, namun karena rasanya yang pahit inilah yang menyebabkan pare mempunyai manfaat untuk menyehatkan tubuh.

Beberapa jenis kandungan dalam pare dipercaya ampuh untuk menurunkan sekaligus menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh.

5. Jus Belimbing

Lansia sangat tepat sekali mengkonsumsi buah belimbing terkhusus apa bila mempunyai masalah dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyakit jenis ini dapat menimbulkan gejala seperti pusing, detak jantung tak beraturan, mudah lelah hingga risiko serangan jantung atau stroke.

Buatlah jus belimbing dengan mencampurkan kombinasi beberapa jenis sayur seperti seledri, kacang panjang atau timun. Konsumsi jus belimbing minimal sehari sekali untuk menurunkan risiko hipertensi.

6. Jus Daun Pepaya

Membayangkan rasanya saja pasti sudah tidak ingin mencoba jus daun pepaya ini. Namun siapa yang sangka jika jus daun pepaya ini justru bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan lansia secara alami?

Cara membuat jus daun pepaya agar tidak terlalu pahit dapat dengan mencampurkan temulawak dan madu. Manfaat dari jus daun pepaya dan beberapa campuran tersebut juga bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah perut kembung.

7. Jus Wortel

Lansia sering kali mempunyai masalah dengan penglihatan, hal ini wajar mengingat salah satu organ tubuh manusia satu ini sangat mudah mengalami penurunan fungsi ketika usia seseorang bertambah tua.

Agar lansia tetap mempunyai penglihatan mata yang bagus, ada baiknya untuk menyajikan jus wortel. Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa wortel dapat menjaga kesehatan mata dan menurunkan risiko rabun hingga katarak.

8. Jus Jeruk

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Reading, Inggris mengungkapkan jika mengkonsumsi jus jeruk setiap hari selama delapan minggu berturut-turut terbukti meningkatkan fungsi kognital global secara keseluruhan.

Kandungan zat flavonoidas dari floavonoid pada jus jeruk bekerja untuk meningkatkan memori lansia melalui aktivitas jalur sinyal hippocampus di dalam otak.

9. Jus Daun Bawang

Apakah lansia atau orang tua Anda mempunyai keluhan sakit atau nyeri sendi? Cobalah untuk membuatkan jus daun bawang untuk membantu lansia mempunyai sendi yang sehat.

Daun bawang mempunyai sifat antiinflamasi atau antiperadangan yang baik untuk mengatasi nyeri sendi.

10. Jus Buah Naga

Buah berdaging merah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh lansia, salah satu manfaat yang paling menonjol dari jus buah naga adalah membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga efektif mencegah sembelit.

Buah naga mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin C, kalsium, beta karoten, serat dan karbohidrat. Kandungan-kandungan tersebut juga bermanfaat sebagai anti kanker, tumor dan rematik.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here