Manfaat Minum Air Hangat dan Air Dingin, Mana Yang Lebih Baik?

0
181
Manfaat Minum Air Hangat dan Air Dingin
Manfaat Minum Air Hangat dan Air Dingin. (Img: indiatimes.com)

Tubuh manusia mengandung sekitar 60-70 persen air yang berfungsi untuk metabolisme dan menjalankan fungsi organ tubuh secara optimal. Apa jadinya jika tubuh manusia kekurangan kandungan air? Salah satu risikonya adalah mengalami dehidrasi.

Agar hal tersebut tidak terjadi maka sangat penting untuk menjaga cairan tubuh dengan mengkonsumsi air sebanyak minimal 8 gelas sehari atau bisa lebih dengan menyesuaikan kebutuhan.

Sebenarnya untuk mencukupi dan menjaga kadar air di dalam tubuh dapat dengan berbagai cara, bisa dari makanan seperti sayur, buah atau kombinasi dari keduanya. Namun hal yang paling bagus adalah dengan minum air putih.

Air putih sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan kinerja otak, melumasi sendi dan otot, menyehatkan kulit hingga meningkatkan sistem imun.

Mana yang lebih bagus antara air putih hangat dengan air putih dingin untuk kesehatan? Berikut manfaat minum air hangat dan air dingin yang harus kamu tahu.

Baca juga: Manfaat, Bahaya dan Mitos Minum Air Sambil Duduk atau Berdiri

Manfaat Minum Air Hangat

Mengkonsumsi air hangat setiap hari khususnya di pagi hari ternyata mempunyai efek yang luar biasa untuk kesehatan, apa saja kah itu?

  1. Membantu mengatasi infeksi pada saluran pernapasan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS minum air putih hangat mampu mengurangi beberapa jenis infeksi pada pernapasan termasuk sinusitisi dan flu.
  2. Menyehatkan sistem pencernaan. Daripada air dingin, minum air hangat dapat memberikan efek vasodilator yang berfungsi untuk membantu melebarkan sekaligus menstimulasi aliran darah menuju usus.
  3. Membersihkan Racun di Dalam Tubuh. Suhu hangat pada air putih mampu meningkatkan suhu tubuh dan memicu pengeluaran keringat lebih cepat dan banyak. Proses inilah yang bermanfaat untuk membantu tubuh mengeluarkan racun.
  4. Meredakan Nyeri Haid. Bagi wanita yang sering mengalami nyeri saat haid atau menstruasi, mulailah untuk rutin minum air hangat karena mampu merelaksasi otot yang kram dan membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh.
  5. Meredakan Stres. Tidak perlu mencari pelarian ke hal-hal negatif seperti minuman keras untuk mengatasi stres, cukup dengan mengkonsumsi air hangat maka tubuh akan menjadi lebih releks dan mengurangi rasa cemas berlebih.
  6. Meredakan Gejala Akalasia. Akalasia adalah keadaan di mana kerongkongan kesulitan untuk menelan guna meneruskan makanan sampai ke lambung. Minum air hangat dapat membantu meredakan gejala akalasia secara alami.

Manfaat Minum Air Dingin

Air dingin tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan dari air hangat, berikut ini beberapa manfaat minum air dingin yang wajib kamu tahu.

  1. Menghidrasi Tubuh dengan Cepat Setelah Olahraga. Suhu tubuh akan meningkat dengan drastis ketika olahraga, agar suhu tubuh cepat kembali normal maka dapat dengan mengkonsumsi air dingin. Selain itu, manfaat minum air dingin juga membuat tubuh menjadi lebih sejuk, segar dan menghilangkan capek setelah olahraga.
  2. Meningkatkan Performa Fisik. Minum air dingin ketika olahraga mampu meningkatkan stamina dan mencegah suhu tubuh naik secara signifikan. Hal ini seperti hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti terhadap 12 atlet pesepeda pada tahun 2014. Kesemuanya mampu mencapai performa fisik yang maksimal setelah mengkonsumsi es beraroma mentol.
  3. Menurunkan Berat Badan. Minum air dingin ternyata membantu tubuh untuk lebih banyak membakar kalori, tentu saja efek ini mampu menurunkan berat badan secara alami. Meski begitu, pilihan ini tidak menjadi solusi terbaik untuk menurunkan berat badan.

Bahaya Air Dingin

Meski minum air dingin mempunyai efek yang bagus untuk kesehatan, namun mengkonsumsinya setiap hari dan berlebihan justru dapat menyebabkan ketidakseimbangan tubuh dan mengganggu proses pencernaan.

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 terhadap enam orang dehidrasi ringan mempunyai respon tubuh yang lambat akibat minum air dingin.

Minumlah air dingin dengan suhu 16°C karena suhu air tersebut sangat optimal untuk diserap oleh tubuh khususnya bagi mereka yang mengalami dehidrasi.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here