HomeKesehatan5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan. Pengidap Kanker Wajib Baca!

5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan. Pengidap Kanker Wajib Baca!

Indonesia patut bersyukur karena dikarunia dengan berbagai buah-buahan, salah satu buah yang sangat terkenal untuk mengobati berbagai jenis penyakit adalah buah mengkudu.

Buah mengkudu (Morinda Citrifolia) di Indonesia mempunyai beberapa sebutan, ada yang menyebut buah beraroma khas ini dengan pace atau noni. Buah mengkudu berwarna hijau dan akan kekuningan jika sudah tua. Memiliki bintik-bintik dan rasa yang pahit.

Meski aroma, rasa dan bentuk tidak bersahabat, tenyata buah mengkudu dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit kronis seperti diabetes, HIV, kolesterol tinggi, rematik, hipertensi hingga kanker.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Ungu untuk Kesehatan. Nomor 5 Luar Biasa!

Kandungan Buah Mengkudu

Buah mengkudu mempunyai zat penting bagi tubuh seperti kalium yang berfungsi untuk mempertahankan sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh, antioksidan sebagai penangkal radikal bebas dan lain sebagainya.

Secara terperinci, dalam satu buah mengkudu setidaknya mempunyai kandungan seperti:

  • Vitamin C, vitmain E, vitamin B7, vitamin B6 dan vitamin E.
  • Beta karoten.
  • Iridoid.
  • Selenium.
  • Terpenoid.
  • Scolopetin.
  • Xeronine.
  • Proxeronine.
  • Phenylalanine.
  • Lycine.
  • Magnesium.
  • Potasium.
  • Kalsium.

Kandungan mineral buah mengkudu seperti Xeronine dan Proxeronine merupakan alkolid alami yang dapat memengaruhi struktur hingga bentuk sel aktif.

Manfaat Buah Mengkudu

Berkat melimpahnya kandungan alami yang baik untuk tubuh, buah mengkudu dapat mengobati berbagai penyakit kronis seperti berikut:

1. Mengatasi Diabetes

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hindia Barat pada seekor tikus menghasilkan informasi bahwa buah mengkudu dapat mengendalikan kadar gula darah secara efektif.

Selain itu, penelitian ini juga memaparkan bahwa suplemen dari buah mengkudu dapat menurunkan kadar gula berlebih pada penderita diabetes secara efektif tanpa penggunaan obat diabetes.

2. Mengatasi Iritasi Kulit

Buah mengkudu mempunyai sifat antibakteri dan antijamur alami yang dapat meredakan beberapa jenis iritasi pada kulit termasuk kulit kepala. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Dr Reema Arora seorang dermatologis di Delhi yang disepakati oleh pakar kesehatan lainnya.

Tidak hanya mengatasi iritasi kulit, buah mengkudu mengandung asam lemak esensial bermanfaat untuk meningkatkan fungsi membran sel yang secara alami menyehatkan kulit.

3. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Sesungguhnya kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun bila berlebihan maka dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan seperti stroke hingga serangan jantung.

Mengkonsumsi buah mengkudu dengan cara di jus secara rutin dapat mengurangi jumlah kolesterol cukup signifikan. Selain itu, buah mengkudu juga membantu meningkatkan produksi kadar lipoprotein lebih banyak.

4. Mengatasi Kanker

Antioksidan dan beberapa jenis kandungan pada buah mengkudu dapat menstimulasi kekebalan tubuh untuk melawan tumor sekaligus menurunkan risiko kanker.

Hal tersebut membuat National Cancer Institute berani membiayai penelitian lebih lanjut tentang khasiat buah mengkudu dalam pengobatan kanker payudara.

5. Mengatasi Artritis

Radang sendi atau artritis adalah kondisi peradangan pada satu atau beberapa sendi yang ditandai dengan rasa sakit, kaku dan sulit untuk digerakkan. Dalam sebuah penelitian memaparkan jus buah mengkudu dapat meredakan gejala artritis hingga mengurangi risiko kerusakan sendi.

Kandungan analgesik pada buah mengkudu inilah yang bermanfaat untuk mengatasi radang sendi atatu artritis secara alami tanpa menggunakan obat-obatan kimia.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care