10 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan, Nomor 8 Sangat …

0
235
Manfaat biji semangka untuk kesehatan
Manfaat biji semangka untuk kesehatan. (Img: Pixabay)

Apakah kamu sering membuang biji semangka ketika akan menyantap buah dengan nama latin Citrullus lanatus ini? Jika iya, maka mulailah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, biji semangka ternyata mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan lho.

Kandungan Biji Semangka

Faktnya, biji semangka mengandung banyak nutrisi, mineral dan protein penting bagi tubuh. Ada pun kandungan biji semangka adalah:

  • Magnesium.
  • Potasium.
  • zat besi.
  • Seng.
  • Folat
  • Vitamin B.
  • Tiamin.
  • Niacine.

Selain itu, biji semangka juga rendah kalori. Dalam 28 gram biji semangka hanya mempunyai 158 kalori saja, ini lebih rendah 2 kalori daripada keripik kentang dengan berat yang sama.

Cara Mengkonsumsi Biji Semangka

Setidaknya terdapat beberapa cara dalam mengolah biji semangka untuk mendapatkan khasiatnya, yaitu:

  1. Dimakan bersama buah semangkanya.
  2. Dipanggang.
  3. Keringkan, giling, dan rebus.
  4. Dicampurkan ke dalam masakan seperti sup.

Baca juga: Jangan Makan Buah Pisang Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya!

10 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan

Manfaat biji semangka
Manfaat biji semangka. (Img: indiatimes.com)

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 manfaat biji semangka untuk kesehatan pria atau pun wanita:

1. Menyehatkan Jantung

Kandungan magnesium pada biji semangka sangat bermanfaat untuk menjaga, menyehatkan sekaligus membantu fungsi jantung bekerja dengan baik.

Tidak hanya kandungan magnesium saja, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa biji semangka juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang terbukti ampuh melindungi jantung dari radikal bebas.

2. Mengatasi Diabetes

Iran, salah satu negara Timur Tengah ini juga ikut melakukan penelitian terhadap manfaat biji semangka untuk kesehatan khususnya mengobati penyakit diabetes. Dalam penelitian tersebut, mereka menemukan hasil yang cukup mengejutkan.

Pasalnya, biji semangka terbukti membantu mengumpulkan glikogen yang dipercaya dapat mengobati diabetes. Tidak hanya mengobati, kandungan asam lemak-omega 6 pada biji semangka juga ampuh mencegah diabetes tipe 2.

Baca juga: 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini Wajib Dikonsumsi Penderita Diabetes

3. Menyehatkan Sistem Penceranaan

Jika kamu mempunyai masalah pada sistem penceranaan seperti sembelit, cobalah untuk mengkonsumsi biji semangka. Kandungan magnesium pada biji semangka terbukti mampu membantu mengaktifkan enzim yang berfungsi memecah makanan di dalam pencernaan.

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Asam amino yang terkandung di dalam biji semangka dapat membantu mengatur atau menstabilkan tekanan darah secara efektif tanpa penggunaan obat-obatan kimia. Apa bila tekanan darah menjadi stabil maka risiko penyakit seperti jantung koroner dapat diminimalisir.

5. Menjaga Gula Darah

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa magnesium pada biji semangka dapat berguna untuk mengatur tekanan darah dan meningkatkan metabolisme tubuh, dampaknya gula darah menjadi lebih terkontrol.

6. Menyehatkan dan Memperkuat Rambut

Mempunyai rambut rontok sangat tidak diinginkan apa lagi sampai berisiko mengalami kebotakan. Agar mempunyai rambut yang sehat dan kuat, kamu dapat mulai untuk mengkonsumsi biji semangka.

Magnesium dalam tubuh sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut, oleh sebab itu, penuhilah asupan magnesium agar rambut menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah rontok.

7. Menyehatkan Kulit

Lagi-lagi kandungan magnesium pada biji semangka berperan penting untuk kesehatan khususnya kulit. Mengkonsumsi biji semangka terbukti mampu mengurangi jerawat dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Berkat mineral tersebut, hormon menjadi lebih seimbang dan produksi kortisol dapat ditekan hingga meningkatkan proses pembentukan sel baru pada kulit lebih cepat.

8. Meningkatkan Kinerja Otak

Kandungan asam folat dan vitamin B9 pada biji semangka terbukti manjur untuk meningkatkan kinerja otak khususnya pada anak-anak. Sedangkan, kandungan asam lemak pada biji semangka juga dapat merangsang fungsi neurotransmiter untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan memori.

Tak berhenti di situ, kandungan lain yang juga ditemukan pada biji semangka yaitu potasium juga terbukti membantu meningkatkan kapasitas berpikir anak dan memberikan perlindungan antioksidan yang baik untuk melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

9. Meningkatkan Massa Otot

Ingin meningkatkan massa otot dengan cara alami? Mulailah untuk mengkonsumsi biji semangka setelah gym atau olahraga. Kandungan kaya protein pada biji semangka dapat membantu meningkatkan massa otot lebih cepat.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam biji semangka, setidaknya terdapat empat zat penting bagi tubuh agar tidak mudah jatuh sakit, yaitu vitamin B, sistem imun, zat besi dan mineral. Ke empat kandungan tersebut terbukti mampu meningkatkan sistem imun secara alami.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here