Mengenal Teori Keperawatan Jean Watson di Era Modern

0
393
Jean Wetson
Teori Keperawatan Dr Jean Watson. (Img: vimeopro.com)

Jean Watson dikenal sebagai ahli teori perawat sekaligus seorang profesor keperawatan di Amerika yang mana teorinya yang berjudul Nursing: The Philosophy and Science of Caring telah menjadi ilmu wajib di berbagai sekolah keperawatan.

Selain itu, teori yang dicetuskan oleh Jean Watson tentang kepedulian manusia “human caring” pada tahun 1879 juga menjadi standart operasional prosedur (SOP) di setiap fasilitas kesehatan di seluruh dunia.

Konsep teori Human caring berbicara mengenai bagaimana meningkatkan kinerja terbaik seorang perawat saat melakukan tindakan keperawatan terhadap klien yang tidak hanya berfokus pada kebutuhan biophyisikal namun juga psikofisikal, psikososial, dan kebutuhan intrapersonal hingga interpersonal.

Baca juga: 5 Tokoh Perawat Paling Berjasa dan Berpengaruh di Dunia

Pendidikan

Jean Watson adalah anak bungsu dari delapan bersaudara yang lahir pada 10 Juni 1940 di Williamson, Virginia Barat. Pada usianya yang baru menginjak 10 tahun, ia sudah bercita-cita menjadi seorang perawat karena melihat teman kakaknya mengalami kejang.

Sebelum menempuh studi di Universitas Colorado dan mendapatkan gelar BSN, Watson telah berskolah di Lewis Gale School of Nursing di Roanoke, Virginia dan lulus pada tahun 1961.

Pendidikannya tidak berhenti sampai di situ, Watson kembali melanjutkan pendidikan di Universitas Colorado tahun 1966 dan mendapat gelar M. S sebagai psikiatris dan keperawatan kesehatan mental. Masih di universitas yang sama, Watson juga mendapatkan gelar Ph. D, Psikologi dalam bidang pendidikan dan penasehat pada tahun 1973.

Gelar dan Penghargaan

Berkat ketekunannya dalam menempuh studi dan kepeduliannya terhadap pengetahuan khususnya bidang kesehatan, Watson banyak mendapat berbagai penghargaan, ada pun beberapanya adalah sebagai berikut:

  • Fellowship Kellog Internasional di Australia.
  • Fulbright Award di Swedia.
  • Enam gelar doktor kehormatan di Swedia, Inggris, Quebec, Kanada.

Watson juga sempat dipercaya menjadi ketua di Fakultas Keperawatan Universitas Colorado dan sebagai pendiri Pusat Perawatan di Universitas Colorado. Pada tahun 2008, Watson mendirikan Institut Ilmu Watson Peduli.

Karya dan Buku

Diketahui Watson mempunyai banyak karya berupa buku dan artikel mengenai caring dalam dunia kesehatan, kebanyakan karyanya tersebut menjadi rujukan dalam pendidikan keperawatan. Berikut buku-buku yang ditulis oleh Watson:

  • The Caring Imperative in Education (1990).
  • Art and Aesthetic of Nursing (1994).
  • Applying the Art and Science of Human Caring (1994).
  • Toward a Caring Curriculum: Postmodern Nursing and Beyond (1999) A New Pedagogy for Nursing (2000).
  • Assensing and Measuring Caring in Nursing and Health Sciences (2002).
  • Caring Science as Sacred Science (2005).

Mengenal Teori Caring

Teori kepedulian yang dicetugaskan oleh Watson tidak hanya melibatkan sains untuk merawat dan menyembuhkan klien, lebih dari itu teori human caring melibatkan perawatan yang holistik, penuh perhatian dan sadar pentingnya berinteraksi dengan pasien guna tercapainya efektifitas yang berkelanjutan antar pribadi.

Dalam penciptaan teori human caring ini, Watson banyak terinspirasi dari berbagai tokoh filsuf dan pemikir seperti Abraham Maslow, Carl Roger, dan Pierre Teilhard de Chardin, di mana mereka semua adalah pencetus awal dari konsep transpersonal.

Transpersonal menurut Watson adalah hubungan antar manusia yaitu klien dengan perawat di mana mereka saling mempengaruhi dan dipengaruhi. Kedua pihak saling memahami dan merasakan penyatuan dengan baik.

Watson mengkonsepkan dalam ilmu perawatan terdiri atas empat hal, yaitu kesehatan, keperawatan, lingkungan atau masyarakat dan manusia.


Banner Lowongan Kerja Perawat Home care
Insan Medika membuka lowongan pekerjaan untuk para lulusan SMK Kesehatan, D3 Kebidanan dan S1 Keperawatan. Berkarya dan menjadilah perawat home care profesional seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pendaftaran mudah, cepat dan tanpa seleksi khusus. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here