5 Tokoh Perawat Paling Berjasa dan Berpengaruh di Dunia

0
420
5 Tokoh Perawat Paling Berpengaruh di Dunia
5 Tokoh Perawat Paling Berpengaruh di Dunia

Peran perawat sejatinya tidak bisa dipisahkan dari dunia kesehatan atau medis, dari kerja mereka dan dokterlah banyak pasien bisa sembuh dan melanjutkan hidupnya kembali.

Banyak tokoh keperawatan yang telah membawa perubahan dan kemajuan dalam bidang kesehatan, berikut lima tokoh perawat yang patut untuk diketahui.

Baca juga: Perkembangan Dunia Keperawatan Dari Masa Ke Masa, Hingga Indonesia

5 Tokoh Perawat di Dunia

1. Rufaidah Al-Asalmiya

Rufaidah Perawat Pertama di Dunia dalam Sejarah Islam
Rufaidah Perawat Pertama di Dunia dalam Sejarah Islam. (Img: historiamolim6000.wordpress.com & commons.wikimedia.org)

Mempunyai nama lengkap Rufaidah Binti Sa’ad lahir pada tahun 570 M di Yatrhrib, Madinah menjadi perempuan pertama yang bekerja sebagai perawat.

Ia hidup pada masa Rasulullah SAW sekitar abad ke 8 Masehi dan tergolong ke dalam kaum Anshor atau kaum yang pertama menganut agama Islam di Madinah.

Beberapa kontribusi Rufaidah seperti mendirikan kamp perawatan untuk prajurit yang terluka dalam perang, mendirikan semacam klinik pengobatan untuk orang miskin dan orang dengan gangguan mental.

Ia meninggal pada tahun 632 M dan menjadi salah satu tokoh paling terkenal di dunia Islam khususnya negara Timur Tengah melebihi tokoh-tokoh perawat dari dunia barat.

2. Florence Nightingale

Mengenal Florence Nightingale, Perintis Ilmu Keperawatan
Mengenal Florence Nightingale, Perintis Ilmu Keperawatan. (Img: northernstar.com.au)

Anak keperawatan mana yang tidak mengenal Florence Nightingale, sosok perawat ini sangat dikenal berkat perjuangannya dalam memberikan perubahan besar dalam dunia keperawatan.

Florence lahir di Firenze, Italia pada 12 Mei 1820 dari keluarga bangsawan dan memulai mendedikasikan hidupnya untuk menjadi seorang perawat melalui berbagai gebrakannya.

Beberapa karya seperti buku berjudul Notes on Nursing yang berisikan catatan mengenai ilmu keperawatan, serta panduan sekolah keperawatan hingga merubah dan mendesain tata letak ruang perawatan yang kini menjadi standar khusus bagi setiap rumah sakit.

Berkat karya dan gebrakkannya tersebut, Ia dikenal sebagai pengemuka standarisasi dunia keperawatan. Florence meninggal dunia pada 13 Agustus 1910 di London, Inggris.

3. Mary Sewall Gardner

tokoh perawat Mary Sewell Gardner
Mary Sewell Gardner

Gadis kelahiran Newton, Massachusetts pada 5 Februari 1871 ini lulus dari Miss Porter’s School Farmington Connecticut dan melanjutkan pendidikannya di Sekolah Perawat Rumah Sakit Newport.

Setelah lulus, pada tahun 1912 ia bersama dengan Lilian D. Wald dan beberapa rekannya mendirikan suatu badan standar dunia keperawatan yaitu Organisasi Nasional Perawatan Kesehatan Masyarakat (NOPHN).

Demi menunjang organisasi yang ia dirikan, Gardner menulis buku berjudul Perawatan Kesehatan Masyarakat pada tahun 1916 yang kemudian dijadikan sebagai buku pedoman dalam melakukan standarisasi keperawatan bagi orang awam.

Buku tulisannya tersebut telah direvisi pada tahun 1924 dan 1936 untuk kemudian dicetak dan diterjemahkan ke berbagai bahasa seperti Prancis, Spanyol, Cina dan Jepang.

Gardner meninggal pada 20 Februari 1961 dan mewariskan berbagai terobosan dan inovasi dalam buku yang sangat luar biasa tersebut.

4. Betty Neuman

tokoh perawat Betty Neuman
Betty Neuman. (Img: neumansystemsmodel.org)

Lahir pada tahun 1924 di Lowell, Ohio dari keluarga yang sangat sederhana, ayahnya bekerja sebagai petani dan ibunya sebagai ibu rumah tangga.

Dari kehidupan yang sederhana tersebut, Betty Neuman mempunyai mimpi yang luar biasa. Menambil pendidikan People Hospital School of Nursing pada tahun 1947 mengantarkannya menjadi staff keperawatan rumah sakit di California.

Pada tahun 1957 Betty melanjutkan pendidikan Psikologi di Universitas of California di Los Angles dan pada tahun 1966 ia juga menyelesaikan pendidikan gelar master untuk jurusan Kesehatan Mental.

Tak puas dengan pendidikan yang telah ia dapatkan, Betty kembali melanjutkan studinya dengan mengambil Program Administrasi Pendidikan Tinggi di Ohio University.

Dari serangkaian pendidikan dan pengalamannya tersebut, ia didapuk sebagai wakil tingkat internasional untuk sekolah keperawatan dan dikenal sebagai pelopor perawatan kesehatan mental di zaman modern.

5. Virginia Henderson

Mengenal Virginia Henderson dari Teori Keperawatan yang Unik
Mengenal Virginia Henderson dari Teori Keperawatan yang Unik. (Img: torontopubliclibrary.ca)

Lahir pada tahun 1897 di Kansas City, Missouri. 1921 Virgnia Henderson mengambil studi mengenai dunia keperawatan di The Army Shcool of Nursing, Washington, D.C.

Menurutnya, tujuan keperawatan adalah bekerja sepnuh hati untuk membantu setiap pasien mendapatkan kemandiriannya dalam kurun waktu yang cepat.

Ia juga mendeskripsikan bahwa kemandirian pasien terdiri atas 14 kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi. Ia juga mendefiniskan keperawatan sebagai penolong individu saat sakit atau sehat yang berjutuan untuk kesehatan, pemulihan dan kematian bagi setiap individu.

Dari berbagai pemikirannya tersebut, Virginia Henderson dikenal juga sebagai tokoh perawat unik berkat teori-teori yang ia cetuskan. Salah satu teori yang paling terkenal dari Henderson adalah model keperaatan The Actifities of Living.


Banner Lowongan Kerja Perawat Home care
Insan Medika membuka lowongan pekerjaan untuk para lulusan SMK Kesehatan, D3 Kebidanan dan S1 Keperawatan. Berkarya dan menjadilah perawat home care profesional seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pendaftaran mudah, cepat dan tanpa seleksi khusus. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here