HomePerawatKisah Dokter Leonid Rogozov, Operasi Dirinya Sendiri untuk Bertahan...

Kisah Dokter Leonid Rogozov, Operasi Dirinya Sendiri untuk Bertahan Hidup

Pada 1 Mei 1961 menjadi hari yang tidak akan pernah dilupakan oleh Leonid Rogozov pun bagi publik khususnya jajaran ahli medis.

Pria kelahiran Maret 1934 di Chita Oblast, Siberia Timur tersebut sukses melakukan operasi usus buntu terhadap dirinya sendiri saat tengah mengikuti ekspedisi di Antartika.

Cuaca ekstrem dan lokasi yang terisolir membuat semua orang yang berada di tempat tersebut akan kesulitan untuk diberikan bantuan medis khusus ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Latar Belakang Pendidikan

Baca juga: Curhatan Paolo Miranda, Perawat Yang Mati-Matian Melawan Covid-19 di Italia

Rogozov menyelesaikan sekolah menengah di Minusinsk, Krasnoyarsk Krai pada tahun 1953 lalu melanjutkan studi di Leningrad Pediatric Medical Institue dan lulus pada tahun 1959.

Di tahun yang sama, ia mulai mengambil pelatihan klinis dalam bidang spesialisasi ilmu bedah. Namun satu tahun kemudian tepatnya 1960 ia memutuskan cuti untuk bergabung dengan Eskpedisi ke-6 Antartika Soviet.

Dalam ekspedisi ini terdapat 12 orang dan Rogozov adalah satu-satunya tenaga medis yang ditempatkan di Pangkalan Novolazarevskaya, jaraknya 1.600 Km dari Mirny, pangkalan terdekat lainnya.

Pada 29 Arpil 1961 menjadi awal mula gejala usus buntu yang menyebabkan fisik Rogozov melemah, demam, suhu tubuh naik dan mual disertai dengan rasa sakit pada bagian perut bawah kanan yang hebat.

Ia sempat mengkonsumsi obat-obatan konvensional untuk meredakan gejala yang ia alami namun tidak membuahkan hasil.

Kemudian pada keesokan harinya ia meyakini terdapat peritonitis atau peradangan pada lapisan bawah dinding di perutnya. Hal tersebut menyebabkan rasa yang sangat sakit khususnya di malam hari.

Tim bisa saja memanggil pesawat untuk menjemputnya namun hal tersebut tidak dapat dilakukan karena kondisi di Antartika sedang badai salju yang parah.

Semakin malam semakin menjadi-jadi rasa sakit yang Rogozov derita hingga akhirnya ia mengambil keputusan untuk melakukan tindakan operasi usus buntu terhadap dirinya sendiri.

Rogozov meminta bantuan sopir dan ahli meteorologi sebagai asisten perawat dadakan untuk menyiapkan berbagai alat medis dan cermin agar dapat melihat perut dan seisinya.

Operasi Usus Buntu Dimulai

Tepat pukul 2 dini hari pada 1 Mei 1961 Rogozov menyuntikkan larutan novocaine untuk membius secara lokal dan ia mulai menyayat perutnya sepanjang 10-12 cm.

Saat Rogozov berhasil membedah perutnya tanpa sengaja ia menyanyat usus buntu yang bermasalah. Keluarlah noda hitam gelap dari usus buntu tersebut.

Rogozov mempredikisi bahwa pangkal usus buntu tersebut akan robek dengan sendirinya dalam waktu 24 jam ke depan apa bila tidak dioperasi.

Dengan tenang, ia menginjeksi antibiotik ke rongga peritonium dan menjahitnya secara hati-hati. Meski terlihat lancar, Rogozov harus melakukan istirahat selama 20-25 detik setiap 5 menit sekali.

Hal tersebut dikarenakan fisiknya melemah dan ditambah dengan rasa mual yang hebat. Belum lagi keluhan tim asisten perawat yang mengaku ingin pingsan karena melihat darah dan isi perut Rogozov.

Meski begitu, operasi yang berlangsung selama 2 jam tersebut berhasil dilakukan dengan sempurna. Suhu tubuh dan kekuatan fisik Rogozov berangsur membaik.

Setelah tujuh hari pasca operasi usus buntu, jahitan di perut Rogozov sudah dapat dilepas. Pada minggu ke dua atau tujuh hari setelahnya ia dapat bangkit dari ranjang untuk kemudian melanjutkan tugasnya dalam misi ekspedia di Antartika tersebut.

Disambut Meriah

Sesampainya di kampung halaman, Rogozov disambut seperti selebriti dan banyak pihak memuat kisahnya dalam bentuk artikel, buku, film hingga lagu.

Ratusan orang dari seluruh penjuru dunia khususnya Soviet mengirimkan surat kepada Rogozov berkat aksi heroiknya tersebut. Ia kemudian dianugerahi Order of the Red Banner of Labor oleh pemerintah.

Banner Lowongan Kerja Perawat Home care
Insan Medika membuka lowongan pekerjaan untuk para lulusan SMK Kesehatan, D3 Kebidanan dan S1 Keperawatan. Berkarya dan jadilah perawat home care profesional seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pendaftaran mudah, cepat dan tanpa seleksi khusus. Daftar sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care