HomeKesehatan5 Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi, Ini...

5 Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi, Ini Waktu Yang Tepat

Tujuan berjemur matahari pagi adalah mendapatkan vitamin D secara alami. Selain itu, berjemur sinar matahari belakangan sering digembor-gemborkan sebagai penangkal virus corona.

Berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tidak mudah jatuh sakit terpapar kuman, bakteri atau virus.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Meningkatkan Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Cegah Berbagai Penyakit

Tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, berjemur matahari pagi dapat mencegah berbagai penyakit seperti:

1. Osteoporosis

Berjemur di pagi hari sangat bermanfaat untuk orang lanjut usia (lansia), hal ini karena paparan sinar matahari di pagi hari kaya akan vitamin D untuk penyerapan kalsium.

Salah satu bentuk aktif dari vitamin D adalah Calcitriol, yang mana ketika tubuh kekurangan zat tersebut maka tubuh tidak dapat menyerap kalsium dan fosfat secara optimal untuk mencegah osteoporosis.

Baca juga: 5 Vitamin Yang Sangat Baik Untuk Orang Tua. Nomor 3 Sebaiknya Dikonsumsi!

2. Penyakit Jantung

Salah satu jenis penyakit kardiovaskular dapat diatasi dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari untuk memperoleh vitamin D.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan terdapat hubungan antara vitamin D dengan gangguan penyakit jantung.

3. Stroke

Tidak hanya baik untuk menekan risiko penyakit jantung, vitamin D yang didapatkan dari aktivitas berjemur di bawah sinar matahari pagi juga baik untuk menekan risiko penyakit stroke.

Baca juga: Daftar Makanan Untuk Penderita Stroke Ringan

4. Diabetes

Penyakit diabetes yang belum ada obatnya ini dapat dibantu dalam mengelola diabetes dengan cara berjemur di bawah sinar matahari secara langsung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat model sel yang dapat meningkatkan insulin berkat asupan vitamin D.

Tidak hanya itu saja, fungsi sel pankreas pun juga akan meningkat berkat vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari pagi.

5. Kanker

Beberapa jenis kanker seperti kanker ovarium, kanker prostat, kanker payudara dan kanker usus besar risikonya dapat ditekan secara efisien dengan vitamin D.

Kapan Waktu Tepat untuk Berjemur?

Berjemur di bawah sinar matahari memang banyak manfaatnya untuk kesehatan, namun harus diketahui kapan waktu yang tepat untuk berjemur.

Harap perhatikan bawah sinar matahari mengandung gelombang ultraviolet A dan ultraviolet B. Tubuh membutuhkan paparan ultraviolet B bukan ultraviolet A yang malah berbahaya untuk manusia.

Menurut dr Tan Shot Yen, seorang ahli gizi komunitas mengatakan bahwa sangat penting untuk menghindari ultraviolet A karena dapat memicu kanker dan menyebabkan kulit keriput.

Jam 08:00-11:00

Beberapa ahli berpendapat bahwa berjemur antara pukul 08:00-11:00 adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan berbagai manfaatnya.

Kapan lebih tepatnya, hal ini masih menjadi perdebatan karena hasil yang didapatkan para ahli masih berbeda-beda.

Menurut Prof Siti yang pernah melakukan penelitian pada tahun 2003 mengatakan di atas jam 9, “Iya, di atas jam 9, hasil penelitian saya tahun 2003. Mungkin perlu diteliti lagi karena sudah lama,” pungkasnya dilansir dari Detik Health.

Durasi Berjemur

Menurut Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM mengatakan durasi waktu yang tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari adalah selama 30 menit dan mencakup 60 persen luar permukaan tubuh.

Yaitu wajah, tangan, paha dan kaki. dr Andhika juga mengingatkan bahwa berjemur sinar matahari bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan vitamin D.

Mengkonsumsi makanan bernutrisi kaya akan vitamin D seperti ikan, keju, susu atau buah melon adalah sumber vitamin D yang dapat didapatkan secara alami dan baik untuk tubuh.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care