HomeKesehatan5 Manfaat Kuma-Kuma (Saffron) untuk Anak-Anak dan Orang Dewasa

5 Manfaat Kuma-Kuma (Saffron) untuk Anak-Anak dan Orang Dewasa

Ialah Kuma-Kuma, atau yang kita kenal dengan sebutan Saffron, tangkai putik dari bunga Crocus Sativus.

Rempah-rempah yang sedang digandrungi khasiat kesehatannya sampai soal kecantikan ini mampu menarik perhatian hampir seluruh dunia.

Kandungan Cricon, Crocetain, Salfranal, dan Kaempferol dalam tanaman ini berperan penting terhadap sel-sel otak kita, karena kumpulan senyawa tersebut yang membantu melindungi sel-sel di kepala dari:

  • Aktifitas anti-depresan
  • Peradangan
  • Kanker
  • Kerusakan progresif

Kandungan-kandungan tersebut Lewat harganya yang relatif tinggi, juga rasanya yang pahit biasanya Saffron digunakan dengan cara seperti minum teh.

Direndam dalam air panas hingga air rendaman berubah kuning keemasan dan menyeruakkan aromanya yang khas.

Walau termasuk dalam pengobatan tradisional, serta alami, tumbuhan ini marak diperbincangkan dan dicari dalam satu dekade terakhir.

Padahal tadinya Kuma-Kuma atau tangkai putik bunga Crocus Sativus digunakan sebagai bahan dasar makanan di negara bagian Timur Tengah dan Eropa, seperti halnya bawang di tanah Asia

Selain marak dikonsumsi oleh orang-orang dewasa, seperti yang dilansir dalam parenting.orami.co pengaruh tanaman Crocus Sativus ini ternyata juga besar dan baik untuk dikonsumsi oleh anak.

Baca juga: Ternyata Jenis Tumbuhan Bajakah Berikut Ini Yang Dapat Menyembuhkan Kanker

1. Penglihatan yang Lebih Baik

Dengan kandungan senyawa dalam tangkai putik bunga Cricus Sativus, tanaman ini membawa dosis Crocetin dan Crosin yang cukup tinggi, terutama bagi seorang anak, yang di mana hal tersebut mampu membantu menyembuhkan konjungtivitis serta meningkatkan aliran darah pada retina.

2. Tulang yang Kuat

Kabar baiknya, jika tangkai putik Saffron ditaburkan pada susu untuk anak, maka reaksi dari tumbuhan ini akan mampu membantu meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang anak.

3. Kekebalan Tubuh

Rempah ini merangsang reseptor anti alergi, seperti yang biasa digunakan dalam pengobatan bronkitis dan asma.

Sangat efektif dalam meningkatkan kelancaran pernapasan, terutama di saat cuaca yang kurang stabil yang sering membuat anak menjadi sering batuk.

4. Anti Inflamasi

Sebagai anti inflamasi, Saffron mampu menjaga daya tahan tubuh anak dari pembengkakan dan peradangan.

5. Meredakan Sakit Perut

Ada saatnya ketika orang tua tidak tahu apa yang anaknya konsumsi, kadang seorang anak jajan sembarangan lalu mengalami sakit perut, yang mungkin berkelanjutan.

Sifat astringen pada tumbuhan ini dapat membantu detoksifikasi dan meredakan sakit dan menenangkan otot-otot di bagian perut.

Manfaat lain yang dihasilkan dari tanaman ini seperti mencegah kanker, mengobati gejala depresi, meningkatkan suasana hati, membantu atasi keluhan saat menstruasi dan membantu menurunkan berat badan.

Hal tersebut karena Kuma-Kuma atau Saffron mengandung antioksidan yang cukup tinggi, maka dari itu senyawa dalam tanaman ini meliputi molekul yang melindungi sel tubuh dari zat radikal bebas.

Namun, setiap anjuran selalu memiliki batasan dan setiap resep selalu punya takaran.

Tangkai putik bunga Crocus Sativus ini mampu membuat kita menjadi overhappy, meskipun tidaklah masalah jika dikonsumsi setiap hari, tapi biasanya pengguna Saffron dengan cara diminum hanya cukup menaburi tangkai putik tersebut 3-5 helai per gelas.

Berbeda dengan yang menggunakannya untuk pengobatan, biasanya 6-9 helai tangkai putik ditaburkan ke dalam botol atau pun gelas yang dimuat 500 ml air.

Jika kita lihat dalam tautan theasianparent.co, bagi orang dewasa bunga ini seperti halnya primadona:

1. Meningkatkan Gairah Seksual

Bunga ini juga menjadi salah satu bunga yang mampu meningkatkan gairah seksual seorang pria atau pun wanita.

30 gram Saffron dalam sehari dipercaya dapat meningkatkan libido secara signifikan serta ereksi yang membaik, juga volume air mani yang meningkat.

Terhadap gairah seksual wanita mampu membantu lubrikasi yang dihasilkan akan lebih banyak.

2. Baik untuk Penderita Diabetes

Komponen antioksidan yang berperan besar dalam perihal ini.

3. Mencegah Gangguan Fungsi Otak.

Antioksidan dalam Saffron membantu mempertahankan kemampuan kognitif orang dewasa, yang di mana sangat berkaitan dengan pencegahan Alzheimer.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Kaempfol di sini memiliki peran penting dalam pengontrol nafsuk makan, juga yang berkaitan dengan penurunan berat badan.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care