Vaksinasi COVID-19 Tahap 3 Sudah Mulai Dilaksanakan Untuk Masyarakat Usia 18 Tahun Ke Atas

0
78
Vaksinasi COVID-19 tahap 3 Sudah Mulai Dilaksanakan Untuk Masyarakat Usia 18 Tahun Keatas
Vaksinasi COVID-19 tahap 3 Sudah Mulai Dilaksanakan Untuk Masyarakat Usia 18 Tahun Keatas

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengumumkan berita resminya mengenai perizinan vaksin COVID19 untuk seluruh warga DKI Jakarta yang berusia 18 tahun ke atas. Sebelumya, tahap ketiga vaksinasi yang sudah berjalan hanya diprioritaskan untuk kelompok lansia 50 tahun k eatas dan kelompok rentan saja.

Dikeluarkannya surat Kemenkes soal penyebarluasan vaksin COVID19 untuk kelompok usia 18 tahun ke atas ini berdasarkan beberapa pertimbangan. Diantaranya karena berdasarkan data yang masuk ke Kemenkes sepekan ini (per 6 Juni 2021), total kasus COVID19 aktif di Provinsi DKI Jakarta mencapai 435.135 kasus, dengan kasus aktif sebanyak 11.518 dan kematian sebanyak 7.438, dimana 35% kasus positif aktif dengan gejala sedang sampai kritis membutuhkan perawat di rumah sakit.

Selanjutnya, pelaksanaan vaksinasi COVID19 di Jakarta telah memasuki tahap ketiga dengan sasaran masyarakat rentan. Namun pelaksanaannya masih terbatas, hanya pada warga yang tinggal di pemukiman kumuh saja.

Kemudian, menyadari bahwa Jakarta merupakan ibu kota pusat pemerintahan, dimana pertumbuhan ekonomi nasional berada, sehingga penting untuk segera menekan serta mengendalikan pertambahan kasus COVID19 ini. Salah satu caranya yaitu dengan mencapai herd immunity melalui vaksinasi COVID19 dengan cakupan yang tinggi dan merata.

Namun, Kemenkes tetap memprioritaskan untuk memberikan vaksin COVID19 kepada tenaga kesehatan, tenaga penunjang fasilitas kesehatan, kelompok masyarakat lanjut usia, petugas pelayanan publik, kelompok masyarakat rentan (yang tinggal didaerah kumuh), dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kelompok usia 18 tahun ke atas pakai vaksin AstraZeneca

Untuk vaksinasi umum pada kelompok usia 18 tahun ke atas menggunakan vaksin AstraZeneca. Hal ini dipaparkan langsung oleh juru bicara vaksinasi dari Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi. Vaksin AstraZeneca ini merupakan hasil kerjasama Universitas Oxford dan perusahan farmasi di Inggris, yaitu AstraZeneca.

Vaksin AstraZeneca telah resmi digunakan sejak 5 Mei 2021 di seluruh fasilitas layanan vaksinasi COVID19. 

“Di bulan Mei ini, vaksin AstraZeneca kita pakai mulai per tanggal 5 Mei untuk suntikan dosis pertama,” jelas Widyastuti selaku Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam konferensi pers Rabu (5/5/2021).

Untuk kelompok petugas layanan publik, vaksin AstraZeneca sudah digunakan sejak bulan Maret. Provinsi DKI Jakarta mendapat jatah 1,5 juta dosis vaksin AstraZeneca dan sudah menerima 500 ribu dosis.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Mencegah Virus