Aducanumab Jadi Obat Pertama Yang Disetujui FDA Untuk Pengobatan Alzheimer

0
133
Aducanumab Jadi Obat Pertama Yang Disetujui FDA Untuk Pengobatan Alzheimer
Aducanumab Jadi Obat Pertama Yang Disetujui FDA Untuk Pengobatan Alzheimer

Untuk pertama kalinya dalam 2 dekade ini, Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS (FDA: Food and Drug Administration) menyetujui penggunaan Aducanumab sebagai obat untuk mengobati Alzheimer pada Senin (7/6).

Meski sudah mendapatkan persetujuan, obat antibodi buatan perusahaan farmasi Biogen yang berbasis di Massachusetts ini tidak serta merta mendapat sambutan baik. Terdapat perdebatan yang cukup besar dari kalangan dokter, ilmuwan dan juga pasien.

“Ada perdebatan publik yang cukup besar tentang apakah Aduhelm harus disetujui. Seperti yang sering terjadi ketika menafsirkan data ilmiah, komunitas ahli telah menawarkan perspektif yang berbeda,” papar Dr. Patrizia Cavazzoni selaku Direktur Pusat Evaluasi Obat FDA and Research, mengutip dari laman FDA.

Alzheimer sendiri adalah gangguan otak progresif ireversibel yang secara perlahan akan menghancurkan memori, keterampilan berpikir, serta hilangnya kemampuan untuk melakukan tugas sederhana.

Baca Juga : 5 Tips untuk mencegah penyakit Alzheimer

Penyebab utama penyakit Alzheimer belum sepenuhnya diketahui, namun bisa ditandai dengan adanya perubahan pada otak, termasuk plak amiloid dan neurofibrillary, atau tau, yang mengakibatkan hilangnya neuron dan koneksinya. Perubahan ini mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat dan berpikir.

Cara kerja Aducanumab disebutkan dapat menghilangkan kadar plak amiloid yang merusak otak pasien Alzheimer. Namun dalam 2 uji klinis yang dilakukan hanya menunjukan sedikit peningkatan pada pasien yang menerima obat dengan dosis tinggi.

Hal ini kemudian menyebabkan uji coba tersebut dihentikan lebih awal sebelum uji coba fase 4, karena lebih sep