Kenali Gejala dan cara Pencegahan Virus Corona pada Anak

0
53
Gejala dan Penyebab virus corona pada anak
Gejala dan Penyebab Virus Corona pada Anak

Virus corona bisa menjangkiti siapa saja termasuk pada anak. Virus corona pada anak akhir – akhir ini mengalami peningkatan baik dari Indonesia maupun global.

Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus memperhatikan anak dan juga selalu melakukan protokol kesehatan agar anak terhindar dari virus corona. Terlebih lagi jika wacana sekolah tatap muka kembali dibuka kita sebagai orang tua mengajarkan pada anak untuk selalu melakukan protokol kesehatan.

Gejala Infeksi Virus Corona pada Anak

Sistem Imun tubuh pada anak masih bekerja secara maksmial itu menyebabkan virus corona memiliki gejala yang cenderung ringan seperti pilek biasa, atau bahkan tanpa gejala.

Selain pilek biasa infeksi corona pada anak meliputi :

  • Demam
  • Randang Tenggorokan
  • Batuk
  • Sesak Nafas
  • Pilek
  • Muntah
  • Diare

Walaupun gejala yang diderita anak bisa dibilang ringan tapi bisa juga gejala – gejala tersebut berkembang menjadi gagal napas akut yang sangat berbahaya.

Cara Mencegah Virus Corona pada Anak

Virus corona sudah menyerang lebih dari 130 ribu di Indonesia termasuk pada anak. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus bisa menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah infeksi virus corona.

Berikut adalah beberapa cara pencegahan virus corona :

  1. Ajari anak mencuci tangan dengan benar
    Anak harus selalu diajarkan untuk melakukan cuci tangan yang baik dan benar. Mencuci tangan yang baik setidaknya selama 20 detik. Pastikan si Anak membasuh seluruh bagian tangan, termasuk punggung tangan, jari – jari dan juga kuku. Pastikan juga si Anak mencuci tangan menggunakan sabun agar kuman atau bakteri bisa hilang.
    Biasakan juga selalu mencuci tangan anak secara teratur terutama sebelum dan setelah makan ataupun ketika batuk dan bersin.
    Anda juga bisa menyediakan hand sanitizer di dalam tas sekolahnya untuk digunakan jika tidak ada air dan sabun saat mencuci tangan.
  2. Biasakan si anak menggunakan masker
    Anak harus dibiasakan menggunakan masker terutama jika wacana sekolah secara tatap muka akan dilakukan. Menggunakan masker dapat mencegah si anak tertular virus corona.
  3. Ajak anak untuk selalu rutin berolahraga
    Ketika seseorang berolahraga itu akan membantu memperkuat imun tubuh si anak agar terlindungi dari infeksi Virus Corona. Pilihlah olahraga yang disukai si anak agar dapat dilakukan dengan sepenuh hati.
  4. Berikan makanan yang begizi
    Ketika seseorang memakan makanan yang bergizi, itu juga akan membantu memperkuat sistem imun pada tubuh si anak.

Pencegahan virus corona pada anak maupun orang dewasa sebenarnya relatif sama. Selain cara pencegahan diatas sebisa mungkin agar anak tidak sering berpergian ke luar rumah, kecuali ada keperluan yang sangat mendesak. Jika si Anak mengalami gejala – gejala seperti diatas sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Referensi
https://www.alodokter.com/waspadai-infeksi-virus-corona-pada-anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here