HomeKesehatan5 Cara Mudah Mencegah Virus Corona, Yuk Coba

5 Cara Mudah Mencegah Virus Corona, Yuk Coba

Sampai saat ini Indonesia baru memberlakukan social distancing atau phsycal distancing dan belum mengambil langkah lock down meski setiap hari dilaporkan ratusan orang positif virus corona (Covid-19).

Banyaknya jumlah orang yang positif virus corona tidak hanya terjadi di Indonesia saja melainkan di hampir seluruh negara terdampak Covid-19.

Diketahui jumlah orang yang terjangkit Covid-19 per Kamis (4/2/2020) telah mencapai 937.170 orang. Penduduk negara yang paling banyak terinfeksi adalah Amerika Serikat sebanyak 216.515, disusul Italia 110.574 dan Spanyol 104.117.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus menerus menyarankan kepada masyarakat untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona dengan cara yang cukup sederhana namun efektif.

5 langkah ampuh cegah virus corona

1. Mencuci Tangan

Rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir atau gunakan cairan pembersih mengandung 60% alkohol (hand sanitizer) jika tidak ada air.

Cara ini sangat efektif 100% bunuh kuman, bakteri dan virus yang ada di tangan. Ada pun mencuci tangan harus dengan cara yang benar selama minimal 20 detik.

2. Physical Distancing

Salah satui penyebab virus corona yang sangat cepat menyebar adalah berkumpulnya orang sehat dengan orang yang terjangkiti virus.

Memberikan jarak antara satu orang dengan yang lain minimal satu meter atau tiga langkah kaki terbukti ampuh mencegah virus menyebar ke orang lain.

3. Jangan Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut

Tangan adalah media nomor satu bagi mikroorganisme seperti kuman, bakteri, virus atau jamur untuk berserang.

Oleh sebab itu, pastikan jangan pernah menyentuh mata, hidung dan mulut menggunakan tangan terutama jika belum mencuci tangan.

4. Menutup Mulut Ketika Bersin atau Batuk

Virus corona hanya menyebar melalui tetesan air (droplet) ketika seseorang batuk atau bersin. Tutuplah mulut ketika sedang batuk atau akan bersin menggunakan siku bagian dalam agar droplet tidak menyebar keluar.

Selain menggunakan siku bagian dalam, Anda bisa menggunakan tisu saat batuk atau bersin dan segera buang tisu ke tempat sampah.

5. Tetap di Rumah

Tetap di rumah diberlakukan untuk semua orang, baik yang sehat atau pun yang sedang sakit.

Penting, untuk orang yang mengalami demam, batuk dan gangguan pernapasan diharuskan segera menghubungi bantuan medis melalui nomor telepon yang disediakan.

Tim medis akan membantu mengambil tindakan tepat sesuai dengan kondisi yang sedang Anda alami.

Baca juga: 17 Olahraga Yang Dapat Dilakukan Selagi Karantina Di Dalam Rumah

Tindakan lainnya yang tidak kalah penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makan makanan bergizi dan menggunakan masker.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care