HomeMakananViral: Benarkah Nata De Coco Ada Yang Terbuat dari...

Viral: Benarkah Nata De Coco Ada Yang Terbuat dari Plastik? Berikut Faktanya

Sempat beredar sebuah video yang sedang menampilkan seseorang sedang memeriksa nata de coco yang disinyalir terbuat dari plastik. Video tersebut telah tersebar luas melalui berbagai kanal media sosial dan juga aplikasi perpesanan seperti WhatsApp.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun angkat bicara untuk menanggapi video yang tengah viral tersebut dengan melakukan siaran pers akhir pekan lalu.

“Dalam proses pembuatannya, pangan yang menyerupai gel ini terbentuk dari jutaan benang selulosa yang berlapis-lapis, sehingga menjadikan pangan ini mengandung serat tinggi yang baik untuk tubuh,” dikutip dari siaran pers BPOM.

Sebelumnya, 22 November 2019 Gabungan Pengusaha Nata De Coco Indonesia (GAPNI) membantah sekaligus memberikan penjelasan mengenai isu yang telah beredar luas melalui akun media sosial Facebook.

Baca juga: Sering Mengkonsumsi Minuman Manis? Hati-Hati 5 Penyakit Kronis Berikut Ini

Klarifikasi nata de coco tidak terbuat dari plastik oleh Gabungan Pengusaha Nata De Coco Indonesia (GAPNI)
Klarifikasi nata de coco tidak terbuat dari plastik oleh Gabungan Pengusaha Nata De Coco Indonesia (GAPNI)

Jelas tertulis pada poin ke dua mengenai potongan nata dadu basah yang diperas dengan menjepitnya hingga bentuknya menjadi tipis seperti kertas maka karakteristik fisiknya akan berubah drastis dari lembut kenyal bisa digigit putus menjadi sangat liat dan sangat sulit untuk disobek.

Alih-alih berbahaya, nata de coco justru mempunyai manfaat yang sangat baik untuk anak-anak atau orang dewasa mengingat serat yang terkandung dalam nata de coco sama seperti yang ada pada buah atau sayur.

Bedanya serat yang terbentuk pada nata de coco dibuat oleh bakteri acetobacter xylium. “Bedanya selulosa nata de coco dibentuk oleh bakteri pangan melalui proses fermentasi air kelapa, sedangkan selulosa pada sayur dan buah dibentuk oleh tumbuh-tumbuhan,” tulis Rahmad yang dikutip dari Liputan6.com.

Dalam penyataan resmi GAPNI pun menuliskan jika nata de coco mempunyai manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan hingga pencegah kanker usus.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan profesional, seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

[socialpoll id=”2578549″]

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
8 Prinsip Etika Keperawatan

10 Prinsip Etika dalam Dunia Keperawatan yang Wajib Dimiliki

0
Etika keperawatan adalah sikap etis yang wajib dimiliki oleh seluruh perawat sebagai bagian dari integritas selama bertugas menjalankan profesi perawat dengan menerapkan norma-norma keperawatan...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care