5 Buah Kaya akan Vitamin C untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

0
346
5 Buah Kaya akan Vitamin C untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
5 Buah Kaya akan Vitamin C untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. (Img: Photograph by Wedig + Laxton)

Di tengah pendemi virus corona atau Covid-19 yang sedang merebak di Indonesia mengharuskan masyarakat untuk tidak banyak melakukan aktifitas di luar rumah atau #DirumahAja.

Kondisi seperti ini memang memiliki suka dan duka tersendiri. Mulai dari usaha yang sepi, agenda liburan yang terpaksa ditunda, bekerja dari rumah yang mungkin tidak lebih produktif daripada kerja di kantor dan lain sebagainya.

Sisi baiknya #DirumahAja adalah banyak waktu berkumpul dengan keluarga khususnya anak atau orang tua dan mencegah penularan virus corona lebih luas lagi.

Seiring dengan tingginya angka pasien yang terpapar virus corona, maka masyarakat diharus semakin pandai dalam menjaga kesehatan tubuh.

Cara termudah untuk menjaga kesehatan adalah dengan rutin melakukan olahraga, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Selain makan makanan yang bergizi, pastikan makanan cukup mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Salah satu vitamin yang tidak boleh absen untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin C. Vitamin C sangat baik untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh.

Baca juga: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Konsumsi 5 Jenis Makan Berikut Ini

5 Buah Kaya Vitamin C

Mengkonsumsi buah-buahan memang sangat menyehatkan, banyak kandungan nutrisi, vitamin dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Beberapa jenis buah berikut ini layak untuk Anda konsumsi agar tidak mudah jatuh sakit.

1. Buah Jeruk

Buah Jeruk
Buah Jeruk. (Img: liliang.co)

Satu buah jeruk mengandung sekitar 70 miligram vitamin C. Menurut AKG (Angka Kecukupan Gizi), kebutuhan harian vitamin C untuk orang dewasa di atas usia 18 tahun adalah 75 sampai dengan 90 miligram.

Dari jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Selain dapat dimakan langsung, jeruk juga bisa diolah menjadi jus yang segar.

2. Buah Lemon

Buah lemon untuk membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit
Buah lemon. (Img: natural-cure.org)

Buah lemon merupakan salah satu dari kerabat buah sitrus berkulit kuning cerah.

Buah lemon terkenal dengan kandungan Vitamin C yang tinggi. Dalam satu buah lemon mengandung sekitar 53 miligram vitamin C.

Buah lemon sendiri sering kali diolah dalam berbagai variasi seperti campuran minuman herbal, infuse water yang menyegarkan atau bisa juga diseduh dengan air hangat yang dicampur dengan madu untuk dinikmati di pagi atau sore hari.

3. Buah Jambu Biji

Jambu biji
Jambu biji. (Img: freshproduceshoppe.com)

Selain memiliki manfaat yang ampuh untuk pencernaan dan pengobatan Demam Berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aides Aigepty.

Jambu Biji juga merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, jambu biji juga dapat dijadikan minuman yang menyegarkan.

4. Buah Strawberry

Buah Strawberry
Buah Strawberry. (Img: allmanhall.co.uk)

Buah strawberry terkenal dengan warnanya yang cantik dan disukai hampir oleh semua orang.

Buah cantik ini selain dapat dinikmati secara langsung juga sering digunakan untuk hiasan pada kue, selain itu juga dapat diolah menjadi jus yang menyegarkan.

Beberapa fungsi dari buah strawberry yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, selain itu buah ini juga sangat bagus untuk yang sedang menjalankan diet.

5. Buah Pepaya

Buah Pepaya
Buah Pepaya. (Img: glutagen.com)

Dalam 150 gram buah pepaya mengandung sekitar 90 miligram vitamin C. Ini tentunya sangat cukup untuk memenuhi angka kebutuhan vitamin C tubuh.

Buah pepaya sering dinikmati secara langsung untuk melancarkan masalah pencernaan atau sembelit.

Selain bisa dinikmati secara langsung buah pepaya juga dapat dijadikan jus yang menyegarkan.


Dengan konsumsi bahan makanan dan buah yang tinggi akan vitamin C maka manfaat dari Vitamin C bagi tubuh akan didapatkan salah satunya sistem imun semakin kuat.

Untuk menghindari kekurangan vitamin C pada tubuh maka pastikan setiap harinya dapat mengkonsumsi buah atau sayur yang kaya akan vitamin C.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here