HomeFakta KesehatanManfaat Jus Pakcoy Bagi Kesehatan Janin, Ibu Hamil Wajib...

Manfaat Jus Pakcoy Bagi Kesehatan Janin, Ibu Hamil Wajib Tau!

Jika Anda bukan penggemar makan sayur, olahan jus sayur bisa jadi solusi untuk tetap bisa mengkonsumsi sayur. Salah satunya jus pakcoy. Manfaat jus pakcoy juga tak kalah berkhasiat dari jus pada umumnya.

Pakcoy atau biasa dikenal sawi sendok merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari cina. Pakcoy termasuk anggota keluarga brassica. Sayur yang identik berwarna hijau ini memiliki tekstur renyah dan segar ketika dikonsumsi.

Tak banyak diketahui, jus pakcoy ternyata sangat baik untuk ibu hamil dan kesehatan janin. Pakcoy memilik kandungan nutrisi yang melimpah pada dipercaya dapat memenuhi kebutuhan tubuh ibu dan bayi secara keseluruhan.

Mengapa mengkonsumsi sayuran sangat disarankan untuk ibu hamil?

Dilansir dari doktersehat.com, sayuran banyak mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik bagi ibu dan janin. Dengan mengkonsumsi sayur, akan membantu ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin.

Dengan terpenuhinnya nutrisi janin, kemungkinan bayi terlahir dengan berat badan yang ideal juga semakin tinggi.

Apa saja kandungan pada jus pakcoy?

Untuk mendapatkan manfaat jus pakcoy terutama bagi kesehatan janin, Anda perlu memahami kandungan-kandungan yang terdapat pada sayur Pakcoy.

Dilansir dari alodokter.com, dalam 100 gram pakcoy terkandung 13 kalori dan nutrisi yang baik bagi tubuh:

  • 2 gram karohidrat
  • 105 miligram kalsium
  • 252 miligram kalium
  • 1,5 gram protein
  • 224 mikrogram vitamin A
  • 19 miligram magnesium

Selain itu, jus pakcoy juga mengandung serat, asam folat, antioksidan, serta vitamin C, K, dan B6.

Manfaat jus pakcoy bagi kesehatan janin

Berikut beberapa manfaat jus pakcoy untuk kesehatan janin yang wajib diketahui para ibu hamil.

1. Membantu menjaga kesehatan dan tulang pada janin

freepik.com/dashu83

Dimasa kehamilan, janin yang berada di dalam kandungan pasti membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk membantu pertumbuhan tulang pada janin. Kandungan fosfor, zat besi, vitamin K, dan magnesium pada jus pakcoy dipercaya dapat membantu janin dalam pertumbuhan tulang yang kuat.

Apa penyebab pertumbuhan janin terhambat?

Dilansir dari alodokter.com, pertumbuhan janin terhambat atau disebut Intrauterine Growt Restriction (IUGR) merupakan kondisi ukuran dan berat pada janin tidak sesuai dengan usia kehamilan.

Kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal. Namun, penyebab utamanya adalah kelainan pada plasenta yang menyebabkan suplai oksigen dan nutrisi ke janin menjadi terhambat.

Tidak hanya janin, si ibu pun juga mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi jus ini. Ketika masa kehamilan, ibu hamil rentan untuk mengalami berbagai keluhan, salah satunya nyeri pada tulang. Kondisi normal ini jika dibiarkan pasti akan menganggu aktivitas ibu.

Mengkonsumsi jus pakcoy bisa jadi solusi bagi para ibu untuk menguatkan tulang agar sehat dan kuat.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

2. Membantu perkembangan otak dan jaringan

freepik.com

Perkembangan otak pada janin menjadi fase yang paling penting bagi janin. Nutrisi dan aliran darah pada ibu sangat mempengaruhi, sebab makanan yang dimakan ibu akan dialirkan untuk bayi.

Kandungan kolin dalam jus pakcoy, memiliki fungsi yang sangat baik bagi perkembangan otak dan jaringan. Hal tersebut tentu sangat dibutuhkan bagi janin.

Jus pakcoy juga mengandung asam folat yang tinggi. Dikutip dari hallosehat.com, What to Expect menyebutkan bahwa asam folat dapat mengurangi kelahiran autisme hingga 40%.

3. Membantu mencegah kanker selama kehamilan

freepik.com/tyasindayanti

Sebagai ibu hamil, menjaga tubuh dari penyakit sangat diwajibkan. Sebab ibu hamil bisa juga resiko terkena kanker. Ibu hamil yang terkena kanker sangat mempengaruhi pertumbuhan janin. Namun jangan khawatir, Ibu bisa manfaatkan jus pakcoy untuk membantu pencegahan penyakit ini.

Jus pakcoy memiliki kandungan antioksidan yang kuat sehingga dapat melindungi daya tahan ibu dan membantu pencegakan kerusakan akibat radikal bebas. Jus pakcoy memiliki senyawa pelawan kanker seperti vintamin E, vitamin C, dan karoten.

4. Meningkatkan sistem imunitas pada ibu dan janin

freepik.com

Dimasa kehamilan ibu hamil sangat rentan terkena infeksi. Hal itu tentu menjadi hal yang sangat menganggu bagi ibu. Jika tidak diatasi, infeksi pada ibu dapat membahayakan janin.

Jus pakcoy merupakan sumber quercetin yang sangat baik. Quercetin adalah jenis antioksidan flavonoin yang banyak ditemukan pada sayuran. Penelitian menyebutkan, makanan yang mengandung quercetin dapat membantu masalah peradangan hingga gejala autoimun pada tubuh.

Kandungan selenium pada jus pakcoy juga dinilai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat bagi ibu dan janin. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, ibu hamil akan lebih efektif untuk melawan virus-virus berbahaya.

5. Memenuhi kebutuhan asam folat

unsplash.com/David Todd McCarty

Selama masa kehamilan, kebutuhan folat pada ibu meningkat dua kali lipat. Jika tidak terpenuhi, tentu akan berdampak pada janin. Janin yang kekurangan asam folat dapat berujung terkena kondisi spina bifida.

Spina bifida adalah kondisi bayi yang mengalami cacat akibat terganggunya pembentukan tabung saraf selama bayi dalam kandungan.

Sehingga, diperlukan sayuran hijau seperti pakcoy untuk memenuhi asam folat pada janin.

Nah, berikut tadi adalah beberapa manfaat dari jus pakcoy yang ternyata sangat bermanfaat bagi perkembangan janin dan ibu hamil. Semoga membantu, ya!

Baca Juga:

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care