Inilah Alasan Kenapa 29 Mei Dijadikan Sebagai Hari Lansia Nasional

0
362
Sejarah Hari Lansia Nasional
Inilah Alasan Kenapa 29 Mei Dijadikan Sebagai Hari Lansia Nasional

Orang lanjut usia (lansia) adalah mereka yang telah mempunyai usia lebih dari 60 tahun ke atas ditandai dengan berubahnya tampilan fisik akibat proses penuaan (Aging Process) seperti kulit mulai keriput, gigi ompong, rambut memutih dan lainnya sebagainya.

Perubahan pada lansia tidak hanya terjadi pada tampilan fisik saja melainkan juga terjadi pada kekuatan fisik dan fungsi organ tubuh. Pada tahap ini, lansia kerap kali mengeluhkan berbagai kesehatan, mulai dari yang ringan hingga yang membutuhkan perawatan khusus.

Tak jarang, kebutuhan akan layanan kesehatan seperti perawat lansia (caregiver) kerap kali menjadi solusi untuk menjaga, merapat serta mengasuh lansia tanpa harus tinggal di panti jompo.

Tepat hari ini, setiap tanggal 29 Mei selalu diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional Indonesia. Pertama kali peringatan khusus untuk lansia ini dilakukan pada 29 Mei 1996.

Dibalik Pemilihan Tanggal 29 Mei Sebagai Hari Lansia Nasional

Dipilihnya tanggal 29 Mei ternyata mempunyai cerita yang cukup panjang bagi Republik Indonesia. Sejarah mencatat pada 29 Mei 1945 seorang lansia berusia 66 tahun bernama Dr K.R.T Radjiman Wedyodiningrat sempat memimpin jalannya sidang Badan Penyelidik Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang pertama.

Radjiman Wedyodiningrat
Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat. (Img: Wikipedia.org)

Ia menjadi pelopor atas perlunya Indonesia mempunyai dasar filosofi (de filosofische grondslag) sebelum negara dibentuk. Dari peristiwa inilah muncul falsafah bangsa dan ideologi Pancasila.

Apa yang dilakukan oleh Dr K.R.T Radjiman Wedyodiningrat tersebut lantas dikenang dan menjadi awal mula terciptanya Hari Lansia Nasional yang kemudian ditetapkan oleh Presiden Soeharto pada 29 Mei 1996 di Semarang, Jawa Tengah.

Pria kelahiran 21 April 1879 di Yogyakarta tersebut, pada masa mudanya ia pernah ikut mendirikan Organisasi Boedi Oetomo dan sempat didapuk sebagai ketua. Dr K.R.T Radjiman Widyodiningrat meninggal pada 20 September 1952 di Yogyakarta dan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada tahun 2013.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here