Tips Memilih dan Mencari Perawat Lansia
Tips Memilih dan Mencari Perawat Lansia homcare agar tidak salah pilih

“Lemah dan tak bertenaga
Mulai rentan berkelana
Dibalik rambut putihku
Kita pasti tua
Mulai pelan dan pelupa
Rabun sudah bola mata
Pakaian tak baru
Kita pasti tua”

Itulah penggalan sebuah lagu dari Fourtwnty dengan judul lagu Kita Pasti Tua. Seiring bertambahnya usia, semua orang akan menuju ke proses menjadi tua dan kesehatan tidak lagi sebaik saat muda.

Sebagai seorang anak tentu kita ingin memastikan di usia senja orang tua selalu mendapatkan perhatian terutama mengenai kesehatannya.

Ketika orang telah memasuki usia lanjut (lansia) maka akan sangat rentan terhadap penyakit. Baik penyakit yang ringan, sedang hingga berat. Banyak kasus lansia mengidap penyakit diabetes, stroke dan yang akhir-akhir ini adalah alzheimer dan demensia.

Penyakit-penyakit tersebut sangat erat kaitannya dengan orang tua. Anak atau anggota keluarga bisa melakukan perawatan, pengasuhan, memberikan asupan gizi hingga membersihkan tubuh (memandikannya).

Berikut adalah tips bagi Anda yang sedang mencari perawat lansia di penyedia jasa perawat lansia home care agar tepat pilih dan bisa diandalkan dalam merawat lansia.

Baca juga: Perawat Mudik Lebaran? Gunakan Jasa Homecare Saja, Perawat Profesional dan Berpengalaman.

Latar Belakang Pendidikan Perawat

Banyak pengguna jasa mengabaikan poin pertama ini. Banyak dari mereka mengeyampingkan kualitas hanya untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Secara teori dan pengetahuan, perawat lansia mempunyai wawasan dan pengalaman dalam merawat lansia terutama lansia yang sakit.

Setidaknya perawat mempunyai latar belakang pendidikan SMK Kesehatan, DIII Keperawatan dan maksimal S1 Kesehatan atau Keperawatan.

Semua orang bisa merawat lansia tapi berapa banyak orang yang dapat memahami dari sudut pandang kesehatan medis?

Pengalaman Perawat

Hal ini sangat krusial karena sama pentingnya dengan pendidikan karena teori tanpa praktik maka hasilnya tidak akan maksimal. Oleh sebab itu, pastikan perawat yang dipilih mempunyai pengalaman merawat lansia sebelumnya.

Pada umumnya penyedia jasa homecare akan memberikan standar pengalaman bagi setiap perawat, ada perawat junior, perawat medium dan perawat senior.

Melihat standar pengalaman perawat tersebut tentu mempunyai perbedaan baik secara keilmuan, pengalaman dan tentu saja harga.

Bijaklah dalam memilih perawat kesehatan ini, Anda bisa mendiskusikan dengan anggota keluarga lain dan juga dengan orang tua agar pemilihan perawat sesuai dengan kebutuhan.

Jika lansia tidak membutuhkan tindakan menggunakan alat medis tapi hanya membutuhkan pendampingan saja, tentu menggunakan perawat lansia junior sudah cukup.

Pilih Home care Terbaik

Mencari perawat lansia profesional paling mudah adalah melalui jasa penyalur perawat atau perusahaan home care yang memang hanya fokus terhadap jenis layanan jasa ini.

Berikut standar yang dapat dikatakan home care terbaik dan layak untuk Anda pilih:

  1. Responsif. Kapan saja Anda menghubungi mereka, maka selalu ada tanggapan dengan cepat dari mereka (tidak susah untuk dihubungi).
  2. Garansi. Pilih home care yang memberikan jaminan garansi terhadap jenis layanan yang Anda gunakan.
  3. Asrama. Beberapa home care telah mempunyai asrama untuk memberikan teori, praktikum dan berbagai jenis pelatihan lainnya. Pastikan Anda memilih home care yang memang mempunyai asrama sehingga keualitas perawat dapat dipercaya.
  4. Fokus. Beberapa yayasan perawat lansia tidak fokus dalam jenis layanan ini. Ada yang menggabungkan antara perawat dengan pembantu (ART). Apakah Anda mau orang tua Anda dirawat oleh pembantu padahal Anda/orang tua Anda membutuhkan perawat?

Brand Awarness (Opsional)

Pilih home care yang mempunyai brand awarness tentu menjadi pilihan kesekian setelah ke 3 poin di atas terpenuhi. Opsi ini bisa untuk menambah keyakainan Anda dalam menentukan home care terbaik.

Berikut indikasi sebuah homecare mempunyai brand yang baik:

  1. Skala nasional. Home care jenis ini umumnya mempunyai cabang di beberapa kota di Indonesia.
  2. Skala internasional. Walau tidak mempunyai cabang di luar negeri, home care skala internasional ini bisa dilihat dari jenis layanannya. Apakah bisa menyalurkan perawat sampai luar negeri dan memberikan layanan di luar negeri. Jika jawabannya iya, maka home care ini bisa dibilang berskala internasional.
  3. Penghargaan dalam dan luar negeri. Lihat pula berapa banyak penghargaan yang dimiliki oleh perusahaan home care tersebut. Semakin banyak tentu semakin baik.

Insan Medika adalah satu-satunya perusahaan home care di Indonesia yang mempunyai semua syarat di atas. Mulai dari poin pertama, mengenai pendidikan perawat, pengalaman perawat, home care terbaik dan brand awarness.

Jika Anda membutuhkan bantuan staff representatif Insan Medika dapat menghubungi di nomor telepon (021) 2912 5702 atau ke tim marketing yang sigap membantu 24 jam by phone or WhatsApp 0811 9840 805 (Danang), 0811 1511 805 (Mela) atau website www.insanmedika.co.id.

Pilih sendiri tenaga kesehatan dengan melihat profil perawat. Perawat yang tersedia melingkupi perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit dan perawat anak.

Baca juga: 4 Keuntungan Menggunakan Jasa Perawat Infal Saat Hari Raya Idul Fitri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here