HomeFakta KesehatanKenali 7 Manfaat Sabun Beras untuk Kesehatan Kulit Wajah,...

Kenali 7 Manfaat Sabun Beras untuk Kesehatan Kulit Wajah, Sudah Tahu Belum?

Kulit wajah yang sehat dan bersinar selalu menjadi dambaan banyak orang. Salah satu produk perawatan kulit yang telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir adalah sabun beras.

Sabun beras telah digunakan secara tradisional di beberapa negara Asia, seperti Jepang, Korea, dan Thailand, untuk merawat kulit wajah. Ternyata, sabun beras memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kulit wajah Anda. Dalam ulasan berikut kita akan menjelajahi beberapa manfaat utama sabun beras terutama untuk kesehatan kulit wajah.

Baca juga: Cara Melindungi Kulit Wajah dari Sinar Matahari dengan Produk dan Bahan Alami

Manfaat sabun beras untuk kesehatan kulit wajah

Dalam sabun beras terkandung antioksidan vitamin E yang mempunyai efek mencerahkan kulit secara alami. Namun tak hanya itu, sabun beras juga memiliki manfaat yang beragam. Berikut ini adalah beberapa manfaat sabun beras untuk kesehatan kulit wajah:

1. Mengontrol produksi minyak wajah

Sabun beras juga efektif dalam mengontrol produksi minyak berlebih di kulit wajah. Ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Sabun beras membantu menjaga keseimbangan minyak alami kulit tanpa membuatnya terlalu kering.

Perlu diketahui jika produksi sebum terlalu banyak dapat meningkatkan risiko masalah kulit, seperti kulit kusam, komedo, penyumbatan pori-pori, hingga jerawat. Sabun beras memiliki kandungan kolagen yang cukup tinggi sehingga efektif mengontrol minyak pada kulit serta kelembapan pun akan tetap terjaga.

2. Mencerahkan kulit

Seperti yang diketahui, salah satu manfaat paling terkenal dari sabun beras adalah kemampuannya untuk mencerahkan kulit. Sabun ini mengandung ekstrak beras yang kaya akan antioksidan dan vitamin, seperti vitamin E. Kombinasi ini membantu mengurangi hiperpigmentasi dan noda hitam pada kulit, meninggalkan kulit wajah lebih cerah dan merata.

3. Mencegah penuaan dini

Pada beberapa sabun beras hitam mengandung alantoin, yang bermanfaat untuk meredakan kulit inflamasi dan kemarahan. Selain itu juga tinggi akan kandungan zat antioksidan yaitu ferulic acid yang dapat membantu untuk mencegah keriput dan munculnya garis halus, sehingga wajah akan tampak lebih segar dan awet muda.

4. Membantu mengatasi jerawat

Sabun beras mengandung asam phytic yang dapat membantu mengurangi produksi minyak pada kulit dan mengurangi kemunculan jerawat. Dilansir dari Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, asam fitat sendiri miliki efek pengelupasan dalam mengobati hiperpigmentasi dan jerawat. Efek inilah yang akan membantu kulit melepaskan sel-sel mati.

Selain itu, sabun beras juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran dan minyak penyebab jerawat.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Jerawat yang Sering Muncul dan Cara Mengobatinya

5. Membantu proses detoksifikasi kulit

Sama halnya dengan organ di dalam tubuh lainnya, kulit juga akan melakukan detoksifikasi dan membuang lapisan kulit mati secara berkala. Sabun beras dapat membantu proses detoksifikasi ini, dengan begitu kulit mati akan cepat tergantikan. Kulit juga menjadi lebih sehat dan halus.

6. Menutrisi kulit

Sabun beras mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam sabun beras, diantaranya vitamin B, asam amino, vitamin E, dan mineral.

Menggunakan sabun beras secara rutin, akan membuat kulit wajah ternutrisi dengan baik dan akan tampak sehat, cerah, dan segar.

7. Mengatasi kulit kering

Bagi Anda yang mungkin memiliki kulit kering pasti akan terasa tidak nyaman. Kulit kering sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, seperti cuaca, kelembapan udara yang rendah, serta terlalu sering berendam dalam air panas.

Sabun beras diketahui dapat membantu mengatasi kulit kering. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian, penggunaan sabun beras dua kali sehari diketahui efektif mengatasi iritasi kulit akibat sodium laurel sulfate (SLS).

Baca juga: Kenali 4 Jenis Tes Mendeteksi Alergi Kulit Beserta Tahapannya

Berikut tadi adalah berbagai manfaat sabun beras, tidak heran bahwa sabun beras semakin populer di dunia perawatan kulit. Namun, penting untuk memilih produk yang tepat dan memastikan Anda menggunakan sabun beras dengan benar. Dengan penggunaan rutin yang tepat, Anda juga dapat menikmati kulit wajah yang lebih sehat, cerah, dan meremajakan.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Nature doctor (2020). 11 Amazing Benefits Of Rice Milk Soap. Diakses pada 20 September 2023.

Heatline (2019). Does Washing Your Face with Rice Water Help Your Skin?. Diakses pada 20 September 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Chat Sekarang