5 Keistimewaan Seorang Perawat yang Tidak Dimiliki Profesi Lain

0
142
Keistimewaan Seroang Perawat
5 Keistimewaan Seorang Perawat yang Tidak Dimiliki Profesi Lain. (Img: CC0 Public Domain)

Perawat adalah salah satu profesi di bidang kesehatan yang mempunyai jam kerja panjang dan melelahkan, siapa yang tahan bekerja hampir 24 jam untuk merawat seorang pasien? Bahkan dalam beberapa kasus, perawat bersama dokter bisa menghabiskan puluhan jam di meja operasi tanpa henti sebelum selesai.

Di luar itu, keistimewaan seorang perawat juga mempunyai kesabaran, dedikasi dan totalitas tinggi dalam merawat seorang pasien. Selain bertugas merawat pasien, perawat juga harus bisa menggantikan beberapa peran dokter seperti memasang infus, melakukan tindakan penyuntikan, menjadwalkan minum obat dan berbagai job desc lainnya.

Kekuatan seorang perawat terbentuk secara alami dari melakukan pekerjaan yang menuntutnya harus serba bisa, mulai dari mengurusi pekerjaan yang bersifat administratif hingga membersihkan atau menyiapkan ruangan pasien.

Meski terlihat berat dan sulit, masih saja banyak orang yang mempunyai segudang alasan menjadi perawat. Mulai dari pekerjaan yang mulia, dapat membantu atau merawat orang banyak, hingga lowongan pekerjaan perawat yang setiap tahun banyak dibutuhkan.

Baca juga: Lengkap! Berikut Peran dan Fungsi Perawat Yang Wajib Dimiliki

Keistimewaan Seorang Perawat

Berangkat dari semuanya, apa saja sih istimewanya seorang perawat dan kenapa kita harus berterima kasih kepada tenaga medis satu ini? Berikut 5 keistimewaan tenaga medis perawat yang wajib diketahui:

1. Kecerdasan

Setiap calon perawat harus mampu membuktikan kecerdasannya melalui kompetensi atau kemampuan yang dapat diperoleh dari sekolah seperti SMK Kesehatan atau universitas.

Bahkan saat ini, perawat harus dituntut mempunyai pendidikan minimal S1 dengan lama studi 3 tahun + 1 tahun. Wah, gimana tidak cerdas-cerdas tuh perawat zaman sekarang.

2. Pekerja Keras

Cerdas saja tidak cukup, seorang perawat harus mempunyai kekuatan super agar dapat mengerjakan seluruh pekerjaan. Pasalnya ketika bekerja, seorang perawat harus mempu bekerja secara individu atau tim dengan durasi jam yang panjang.

3. Kesabaran

Jika sudah cerdas dan pekerja keras, perawat musti melengkapi diri dengan kesabaran yang ekstra. Tidak jarang perawat sering menemukan momen yang memaksanya untuk mengalah atau mengelus dada menahan amarah dan kesedihan di waktu yang bersamaan.

4. Integritas

Satu hal yang tidak kalah penting dari seorang perawat, adalah integritas. Ia harus dapat menjaga rahasia dan mampu menyampaikan informasi secara utuh kepada semua pihak tanpa dikurangi atau dilebihkan.

5. Mengayomi

Keistimewaan seorang perawat yang terakhir namun bukan menjadi penutup dari puluhan keistimewaan tenaga medis ini adalah mengayomi semua pasien tanpa melihat latar belakang SARA dan ekonomi.

Perawat wajib mengayomi dengan memberikan perawatan, perhatian, pengertian dan lain sebagainya secara tulus tanpa pamrih. Inilah keistimewaan seorang perawat yang harus diacungi jempol.

Ingin menjadi seorang perawat dengan pengalaman yang akan membuatmu semakin kuat dan hebat? Bergabunglah bersama Insan Medika. Selain mendapatkan gaji yang menarik, kamu juga akan mendapat ilmu dasar keperawatan home care yang bakal bermanfaat saat kamu merawat pasien.


Banner Lowongan Kerja Perawat Home care
Insan Medika membuka lowongan pekerjaan untuk para lulusan SMK Kesehatan, D3 Kebidanan dan S1 Keperawatan. Berkarya dan menjadilah perawat home care profesional seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pendaftaran mudah, cepat dan tanpa seleksi khusus. Daftar Sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here