5 Tugas Utama Seorang Perawat yang Wajib Kamu Tahu

0
390
Tugas Perawat
5 Tugas Utama Seorang Perawat yang Wajib Kamu Tahu. (Img: Getty Images)

Profesi yang identik dengan pakaian serba putih ini tentu tidak asing lagi bagi semua kalangan. Mua atau tua jika sakit pasti akan bertemu dengan sosok satu ini baik di rumah sakit, puskesma, klinik atau fasilitas kesehatan lainnya.

Ya, mereka adalah perawat. Sering pula disebut sebagai malaikat tak bersayap karena tugasnya yang begitu mulia merawat pasien dengan sepenuh hati dan tanpa pamrih.

Secara garis besar, tugas perawat melingkupi pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan pada pasien.

Baca juga: 5 Sifat Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Perawat

Tugas Utama Seorang Perawat

Syarat kerja di Jerman khusus perawat asal Indonesia
Tugas utama seorang perawat. (boardvitals.com)

Berikut 5 tugas perawat yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Menerima Pasien Sesuai dengan Prosedur

Semua perawat yang sedang bertugas diwajibkan untuk menerima pasien sesuai dengan tindakan prosedur yang berlaku.

2. Memberikan Asuhan Keperawatan

Perawat wajib memberikan asuhan keperawatan sebaik mungkin kepada semua pasien tanpa memandang latar belakang, suku, agama, ras, golongan atau ekonomi.

3. Memberikan Obat

Perawat akan bertugas untuk memberikan obat yang sesuai dengan instruksi dokter kepada pasien dengan mempertimbangkan ketepatan waktu dan dosisnya.

4. Menjaga Pasien

Menjaga kesehatan pasien agar pasien berangsur membaik dengan selalu memantau tanda vital seperti cek tensi, suhu tubuh, tekanan darah, kadar gula darah hingga tindakan pemasangan oksigen atau infus.

5. Memberikan Perhatian

Merawat pasien tidak hanya menghadirkan fisik dengan kerja yang sesuai prosedur saja melainkan perawat juga harus menghadirkan sisi simpati dan empati kepada pasien. Perhatian dan motivasi menjadi sebuah layanan yang wajib diberikan dari perawat kepada pasien.


Banner Lowongan Kerja Perawat Home care
Insan Medika membuka lowongan pekerjaan untuk para lulusan SMK Kesehatan, D3 Kebidanan dan S1 Keperawatan. Berkarya dan menjadilah perawat home care profesional seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pendaftaran mudah, cepat dan tanpa seleksi khusus. Daftar Sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here