5 Sifat Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Perawat

0
2461
Sifat yang wajib dimiliki seorang perawat
Sifat yang wajib dimiliki seorang perawat

Ketika berada rumah sakit, puskesmas atau klinik pasti tidak asing lagi dengan orang-orang berbaju hijau atau biru, ya mereka adalah seorang perawat.

Perawat adalah sebuah profesi profesional dalam bidang kesehatan yang mana telah mendapatkan gelar pendidikan sebagai seorang perawat.

Menjadi seorang perawat harus mempunyai berbagai keahlian, baik soft skill dan hard skill yang mempuni. Hal ini karena tugas pokok dari seorang perawat adalah melakukan tindakan keperawatan terhadap orang yang membutuhkan.

Dalam bekerja seorang perawat akan terus berhadapan dengan seorang pasien. Oleh karena itu, seorang perawat harus mempunyai sikap yang profesional saat bekerja.

Nilai atau sifat apa saja yang harus dimiliki seorang perawat? Berikut 5 sifat wajib yang harus dimiliki seorang perawat:

1. Memiliki sifat kasih sayang

Sifat perawat yang memberikan kasih sayang kepada pasien
Sifat perawat yang memberikan kasih sayang kepada pasien (investopedia.com)

Wajib hukumnya seorang perawat harus mampu memberikan kasih sayang kepada seluruh pasien tanpa membeda-bedakan. Seorang perawat harus menjalankan tugas utamanya dalam merawat pasien dengan sepenuh hati, baik saat menerima pasien, melakukan keperawatan hingga berpisah dengan pasien.

Hal ini sangat penting, jangan pernah melihat pasien dari latar belakang apa pun apa lagi mengenai ekonomi, suku, agama, ras dan golongan tertentu.

Jadilah malaikat yang terbaik untuk pasien dan keluarga pasien.

2. Memiliki sifat empati

Sifat empati perawat kepada pasien
Sifat empati perawat kepada pasien. (nurse.org)

Hadirkan sikap empati yang mendalam ketika berhadapan dengan seorang pasien dan keluarga pasien. Tindakan menolong menggunakan empati dengan asal menolong akan sangat berbeda.

Memberikan rasa aman dan nyaman kepada pasien tanpa harus membuat pasien merasa cemas, khawatir dan gelisah. Gunakan suara yang lembut, ramah dan murah senyum kepada semua orang yang ada di rumah sakit khususnya pasien dan keluarga pasien.

Hindari untuk mengeluarkan kata-kata kasar, keras dan judes kepada pasien dan keluarga pasien, hal ini akan membuat keadaan menjadi buruk.

3. Memiliki sifat dapat dipercaya

Perawat harus mempunyai sifat yang dapat dipercaya
Perawat harus mempunyai sifat yang dapat dipercaya. (thehealthy.com)

Setiap pasien yang datang ke rumah sakit tentu ingin dilayani dengan sepenuh hati, pasien dan keluarga akan menggantungkan rasa percaya kepada perawat dan dokter.

Jadilah perawat yang percaya diri dengan kemampuan yang telah dimiliki, jangan gugup dan minder. Latihlah kemampuan untuk dapat dipercaya oleh pasien dan keluarga pasien.

Selain itu, jika terdapat sebuah kesalahan atau insiden maka akuilah tanpa harus menyalahkan siapa saja. Hindari menyalahkan, menyudutkan, mempermalukan dan mengkritik pasien atau keluarga pasien.

4. Memiliki sifat pengertian dan pengabdian

Seorang perawat harus mempunyai sifat pengertian dan pengabdian
Seorang perawat harus mempunyai sifat pengertian dan pengabdian. (staroftexashospice.com)

Menjadi seorang perawat harus bisa memberikan perhatian dan memanjakan pasien tanpa berharap apa pun (pengabdian). Berikan perhatian yang nyaman sehingga membuat pasien merasa senang untuk dilayani.

Sikap caring seorang perawat harus dilakukan dalam menjalankan rutinitas pekerjaan setiap harinya. Tampil riang gembira baik di depan pasien atau pun keluarga.

Meski hal ini sangat melelahkan, namun inilah sikap yang harus dimiliki seorang perawat yang hebat.

5. Memiliki sifat ringan tangan

Perawat harus mempunyai sifat ringan tangan atau mudah membantu
Perawat harus mempunyai sifat ringan tangan atau mudah membantu. (travelnursesource.com)

Siapa yang tidak suka dibantu oleh seorang perawat ketika ada di rumah sakit? Semua orang akan sangat menghargai setiap bantuan dilakukan oleh perawat.

Jangan sungkan untuk menawarkan diri dalam membantu apa yang bisa dilakukan untuk pasien dan keluarga pasien.


Itulah lima sifat dalam pelayanan keperawatan yang harus dimiliki setiap perawat agar dapat menumbuhkan karakter yang kuat.


Banner Lowongan Kerja Perawat Home care

Insan Medika membuka lowongan pekerjaan untuk para lulusan SMK Kesehatan, D3 Kebidanan dan S1 Keperawatan. Berkarya dan menjadilah perawat home care profesional seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pendaftaran mudah, cepat dan tanpa seleksi khusus. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here