Jokowi Wajibkan Semua Orang Pakai Masker Meski Berbahan Kain, Kenapa?

0
280
Jokowi Wajibkan Semua Orang Pakai Masker Meski Berbahan Kain
Jokowi Wajibkan Semua Orang Pakai Masker Meski Berbahan Kain. (Img: Antara/Hafidz Mubarak A)

Virus corona atau Covid-19 di Indonesia saat ini telah menginfeksi sebanyak 2.273 orang, menyebabkan 1.911 pasien dalam perawatan dan sebanyak 198 korban meninggal dunia.

Presiden Joko Widodo pada Senin (6/4/2020) mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

Hal tersebut sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengharuskan semua orang baik yang sehat atau pun sakit untuk mengenakan masker.

“Saya melihat, membaca, bahwa WHO menganjurkan agar semua memakai masker. Saya minta penyiapan masker ini sekarang betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat, karena kita ingin setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker,” kata Jokowi.

Sebelumnya WHO hanya mewajibkan orang sakit saja yang menggunakan masker, karena pandemik virus corona tak kunjung membaik akhirnya masker wajib digunakan oleh semua orang.

“Karena di awal WHO menyampaikan bahwa yang pakai masker itu hanya yang sakit, yang sehat enggak. Kalau sekarang enggak, semua yang keluar rumah harus pakai masker,” imbuh Jokowi.

3 Jenis Masker untuk Cegah Covid-19

Saat ini tersedia tiga jenis masker yang dapat digunakan untuk mencegah virus corona. Yaitu:

  • Masker bedah.
  • Masker N95.
  • Masker kain.

Mengingat ketersediaan stok masker bedah dan masker N95 yang langka dan harganya pun melambung tinggi, warga dapat menggunakan masker yang dibuat dari bahan kain.

Tangkal Virus Hingga 70 Persen

Meski tidak efektif 100 persen mencegah virus corona, setidaknya penggunaan masker kain dapat menekan penyebaran virus hingga 70 persen.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Wiku Adisasmito sebagai tim pakar gugus Covid-19, “Sesuai hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus hingga 70 persen,” kata Wiku yang dikutip dari CNN Indonesia.

Selain menggunakan masker, masyarakat juga dihimbau untuk tetap di dalam rumah dan menjaga jarak dengan orang lain atau social distancing hingga waktu yang belum ditentukan.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here