HomeFakta KesehatanAwas! Ternyata ini Bahayanya Akibat Sering Pakai Earphone saat...

Awas! Ternyata ini Bahayanya Akibat Sering Pakai Earphone saat Tidur

Mendengarkan musik menggunakan earphone, apalagi saat tidur memang terasa sangat nyaman bukan? Bahkan, tak sedikit yang membiarkan volume kencang terus menyala lewat earphone di sepanjang malam. Namun, tahukah Anda? Kebiasaan tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Ada beberapa alasan kesehatan yang mana penggunaan earphone saat tidur tidak disarankan. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut ini.

Bahaya tidur memakai earphone menurut medis

Dilansir dari Hello Sehat, tidur menggunakan headset sebenarnya tidak dilarang, namun dalam beberapa kasus penggunaan headset dengan volume yang keras dalam jangka panjang dapat berbahaya untuk kesehatan.

Berikut ini adalah bahaya sering menggunakan earphone saat tidur, diantaranya:

Baca juga: 5 Bahaya Bersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud, Awas Bisa Sebabkan Infeksi!

1. Memicu Nekrosis

Nekrosis adalah kondisi cedera pada sel yang mengakibatkan kematian diri sel-sel dan jaringan hidup. Kondisi ini dapat terjadi salah satunya akibat kebiasaan menggunakan earphone saat tidur.

Perlu diketahui, apabila nekrosis dibiakan, maka akan merusak jaringan telinga di sektitarnya.

2. Mengakbiatkan gangguan pendengaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan earphone dengan volume yang berlebihan maka dapat mengakibatkan gangguan pendengaran. Bagaimana tidak, earphone menghasilkan suara sebesar 95 hingga 108 db yang mana itu adalah batas suara aman yang didengar oleh telinga manusia.

Apabila hal ini tidak segera ditangani, maka segeralah berhenti dari kebiasaan ini terutama saat akan tidur.

3. Menyebabkan infeksi telinga

Infeksi telinga juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang diakibatkan oleh penggunaan earphone ketika tidur.

Penggunaan earphone yang tidak tepat dan berlangsung lama inilah yang menyebabkan telinga berdenging dengan rasa tidak nyaman. Sebab umumnya, penyebaran bakteri ini bisa satu telinga ke telinga lain.

4. Menyebabkan Otitis Eksternal

Penggunaan earphone saat tidur menyebabkan saluran telinga mengalami iritasi. Saluran telinga ini berfungsi untuk menghubungkan telinga luar dan gendang telinga.

Sementara otitis eksternal ini dapat terjadi dan banyak dialami oleh atlet renang.

5. Penumpukan kotoran telinga

Penggunaan earphone ketika tidur juga dapat mendorong kotoroan-kotoran telinga masuk lebih dalam sehingga dapat menyebabkan penumpukan. Penumpukan kotoran-kotoran itu tentu akan membuat ketidaknyamanan saat beraktivitas.

Selain itu, kondisi ini juga dapat mengurangi kepekaan pendengaran dan meningkatkan risiko timbulnya tinnitus (telinga berdenging).

6. Kerusakan otak

Bahaya yang terakhir yaitu dapat terjadi kerusakan otak. Kondisi ini dapat terjadi karena efek jangka panjang menggunakan earphone saat tidur. Ketika seseorang terus menerus mendengarkan musik saat tidur, suara yang masuk akan membuat otak terus bekerja sehingga akan mengurangi masa istirahat otak.

Tips terhindar dari bahaya pemakaian earphone saat tidur

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari dampak negatif penggunaan earphone saat tidur, antara lain:

  • Batasi penggunaan earphone dalam sehari agar tidak merusak pendengaran.
  • Pastikan ingat untuk melepas earphone pada saat akan tidur.
  • Aturlah volume earphone sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu keras dan secukupnya saja.
  • Simpan dan taruh earphone di tempat yang aman dan bersih untuk mengurangi risiko terpapar debu atau kotoran.

Baca juga: 5 Terapi Sederhana untuk Mengatasi Gangguan Insomnia, Perlu Dicoba!

Berikut tadi adalah beberapa bahaya yang perlu diketahui dari kebiasaan menggunakan earphone pada saat tidur. Anda dapat menerapkan tips di atas untuk menjaga kesehatan telinga serta menghindari masalah gangguan pendengaran lainnya.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Kini tersedia empat layanan keperawatan profesional, seperti: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITASPemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Sehatq (2021). 6 Bahaya Menggunakan Headset saat Tidur yang Perlu Diwaspadai. Diakses pada 16 April 2023.

EMC Healthy Care (2022). Need to be Avoided, This is the Danger of Sleeping Using Earphones. Diakses pada 16 April 2023.

Cleveland Clinic (2022). Is It Safe to Sleep With Headphones or Earbuds?. Diakses pada 16 April 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care