8 Tips untuk Menjaga Kesehatan Tulang & Sendi sampai Usia Lanjut

Semakin menua seseorang akan mengalami penurunan fungsi tubuh. Ini merupakan hal yang dianggap normal untuk semua orang. Tapi ada beberapa lansia yang mengalami penurunan fungsi dan mengalami masalah seperti osteoporosis dan juga osteoarthritis. Penyakit ini tentu bukan penyakit yang bisa muncul secara begitu saja. Ada banyak proses para lansia mengalami hal tersebut salah satunya akibat gaya hidup yang tidak sehat dan juga tulang yang dibiarkan kekurangan kalsium dalam waktu yang lama.

Menjaga kesehatan sendi dan juga tulang sangatlah penting. Sendi yang sehat bisa membuat ligamen, otot dan juga tulang tetap kuat.

Tips Menjaga Sendi & Tulang Tetap Sehat Hingga Usia Senja

Menjaga kesehatan sendi sangatlah penting bagi setiap orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar sendi tetap sehat hingga usia senja, berikut adalah tipsnya :

1. Menjaga berat badan tetap ideal

Salah satu tips agar sendi tetap sehat adalah dengan menjaga agar berat badan tetap ideal. Berat badan yang berlebihan dapat membuat sendi mengalami tekanan dan dapat menyebabkan gangguan.

2. Duduk dengan posisi yang benar

Duduk dengan postur yang salah dapat membuat beban pada sendi meningkat. Agar sendi tetap sehat tidak ada salahnya memperbaiki posisi tubuh yang salah.
Caranya dengan mempertahankan posisi tegak saat sedang duduk dengan bahu dan juga punggung dalam keadaan lurus, pastikan juga telapak kaki menyentuh lantai. Lalu ubah posisi setiap 30 menit.

Baca Juga : Sakit Punggung : Penyebab, Faktor dan Cara Pencegahan

3. Tetap Aktif Olahraga

Rutin berolahraga dapat membuat sendi tetap sehat dan juga bebas dari berbagai macam gangguan sendi. Jika kamu mengalami pembengkakan pada sendi kamu bisa coba lakukan senam aerobik. Senam aerobik dapat memacu detak jantung dan membantu mengurangi pembengkakan pada sendi.
Kamu juga bisa melakukan olahraga seperti berenang dan juga bersepeda agar sendi kamu tetap sehat.

Baca Juga : Kenali Olahraga yang Tepat untuk Lansia

4. Lakukan Pemanasan dan juga pendinginan saat berolahraga

Terkadang banyak orang yang enggan melakukan pemanasan dan juga pendinginan saat berolahraga. Padahal melakukan hal tersebut sangat penting terutama untuk mencegah cedera pada sendi ketika melakukan olahraga.

Baca Juga : Cara Mengatasi Radang Sendi

5. Penuhi kebutuhan kalsium harian

Orang dewasa memerlukan 1000 mg Kalsium setiap harinya. Kalsium sangat berguna untuk menjaga tulang tetap sehat. Kalsium juga dapat menjaga serta memperlambat proses hilangnya kepadatan tulang.

6. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium. Vitamin D ini bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsi ikan tuna dan telur. Selain dari makanan, berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D.

7. Konsumsi Vitamin K

Selain vitamin D, vitamin K juga sangat dibutuhkan bagi tulang untuk menguatkan dan juga meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu vitamin K juga dapat mengantarkan kalsium dari darah ke tulang, memperkuat osteocalcin dan komponen protein pada tulang serta mencegah tulang mudah retak dan membantu penyembuhan patah tulang. 

8. Berhenti Merokok

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika merokok dapat menyebabkan kesehatan sendi dan juga tulang bermasalah. Merokok dapat menyebabkan peluang seseorang mengalami osteoporosis menjadi besar. Karena itu, jika kamu perokok ada sebaiknya untuk menghentikan kebiasaan merokok agar kesehatan sendi dan juga tulang dapat terjaga.

Baca Juga : Ribuan Zat Berbahaya dalam Sebatang Rokok, Berikut Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan

Itu adalah Tips untuk membantu kamu untuk menjaga kesehatan sendi dan juga tulang sampai usia tua. Jika mengalami gangguan pada sendi tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter agar dapat mendapatkan penanganan yang tepat.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,923FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles

Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care