HomePenyakitSakit Punggung : Penyebab, Faktor dan Cara Pencegahan

Sakit Punggung : Penyebab, Faktor dan Cara Pencegahan

Pernah merasakan rasa sakit punggung ? Banyak dari kita mungkin pernah mengalami hal tersebut. Pasti rasanya ga enak kan ? apalagi jika kita sedang sibuk menjalankan aktivitas sehari – hari kita.

Penyebab Sakit Punggung

Penyebab dari sakit punggung ini sebenarnya ada beraneka ragam penyebabnya, bisa jadi sakit punggung diakibatkan dari cidera atau bisa juga dari gerakan yang keliru. 

Ada beberapa penyebab ketika punggungmu sakit, diantaranya :

  1. Ketegangan Otot atau Ligamen
    Biasanya sakit punggung karena ketegangan otot atau ligamen dialami oleh orang yang sering mengangkat beban berat berulang atau orang yang melakukan gerakan yang tidak biasanya secara tiba – tiba. Akibatnya tulang belakang akan menjadi tegang. Jika kamu mengalami sakit punggung dan masih mengangkat beban secara terus menerus, ini bisa mengakibatkan otot menjadi tegang.
  1. Hernia Nukleus Pulposus
    Hernia Nukleus Pulposus atau kondisi yang terjadi karena piringan sendi atau diskus bergeser dari semula karena merosot maupun pecah. Ketika piringan sendi ini merosot atau pecah mengakibatkan akar saraf akan tertekan dan menyebabkan nyeri punggung. Hal ini sering juga disebut sebagai saraf kejepit. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya proses penuaan yang membuat piringan sendi kehilangan kadar air dan menyebabkan piringan sendi jadi rapuh, pecah dan mudah bergeser. Selain itu dapat terjadi juga kepada penderita yang sering melakukan angkat benda berat atau pada penderita yang mengalami cidera akibat terjatuh ke belakang.
  2. Radang SendiĀ 
    Radang sendi biasanya terjadi pada satu atau beberapa sendi, sehingga menyebabkan sendi menjadi kaku dan juga sulit digerakan. Umumnya radang sendi bisa terjadi pada setiap orang, termasuk remaja dan anak – anak. Tapi radang sendi sering terjadi pada golongan dengan umur 65 tahun keatas. Radang sendi memiliki beberapa gejala diantaranya : nyeri sendi dan kaku pada sendi, pembengkakan pada sendi, keterbatasan gerak sendi, kemerahan dan rasa hangat pada sendi, mengecilnya ukuran otot disekitar sendi dan juga penurunan kekuatan otot disekitar sendi.
  1. Osteoporosis
    Sakit Punggung juga bisa terjadi akibat tulang yang keropos dan juga rapuh. Umumnya osteoporosis ini terjadi pada golongan lansia.

Faktor terjadinya sakit punggung

Sakit pada punggung bisa dialami oleh siapapun baik dewasa, lansia ataupun remaja dan anak – anak. Tapi ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami sakit punggung diantaranya :

  • Usia
    Sakit punggung bisa sering terjadi akibat bertambahnya usia karena penurunan fungsi tubuh.
  • Kurang Olahraga
    Ketika seseorang kurang melakukan olahraga, biasanya otot akan melemah dan menyebabkan tubuh tidak bisa ditopang dengan baik. Akibatnya kamu bisa mengalami sakit punggung.
  • Kelebihan berat badan
    Ketika seseorang mengalami obesitas pada tubuhnya. Berat badan akan memberikan tekanan pada punggung anda. Ini bisa mengakibatkan seseorang mengalami rasa sakit punggung.
  • Penyakit
    Sakit punggung juga bisa terjadi akibat beberapa penyakit diantaranya beberapa jenis radang sendi dan juga kanker.
  • Tempat tidur yang kurang pas
    Selain akibat penyakit, tempat tidur juga bisa menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit punggung. Pastikan kasur bisa menahan struktur tulang belakang dengan baik.
  • Merokok
    Merokok juga bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit punggung. Hal ini terjadi karena ketika seseorang merokok biasanya dapat memicu batuk berlebihan yang mengakibatkan seseorang mengalami hernia diskus. Merokok juga bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan aliran darah ke tulang belakang dan dapat meningkatkan terkena resiko osteoporosis.

Pencegahan

Untuk menjaga punggung anda tetap sehat dan kuat ada baiknya kamu lakukan beberapa hal dibawah ini :

  1. Olahraga
    Olahraga bisa membantu anda mencegah terjadinya sakit punggung. Kami bisa melakukan olahraga seperti berenang, berjalan kami dan juga bersepeda. Jika kamu sering mengalami rasa sakit punggung, tidak disarankan melakukan olahraga yang membuat kamu sering membungkuk ketika berolahraga.
  2. Ubah posisi tidur
    Jika kamu sering mengalami sakit punggung ketika bangun tidur, itu berarti ada yang salah dengan posisi tidur kamu. Ubahlah posisi tidur kamu senyaman mungkin agar terhindar dari sakit punggung ketika bangun nanti.
  3. Jaga berat badan
    Berat badan menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami sakit punggung. Karena itu ada baiknya kamu kelola berat badan agar terhindar dari sakit punggung.
  4. Berhenti merokok
    Merokok dapat meningkatkan seseorang mengalami sakit punggung. Karena itu berhenti merokok untuk mengurangi resiko terjadinya sakit punggung.

Jika kamu masih merasa sakit punggung ketika sudah melakukan tips – tips diatas. Kamu bisa langsung konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang lebih baik.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Referensi
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/back-pain/symptoms-causes/syc-20369906

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer