Sudah Tahukah 1 Desember Adalah Hari AIDS Sedunia ?

0
52
Hari AIDS Sedunia
Hari AIDS Sedunia

Udah tanggal 1 desember nih. Kamu tahu di tanggal 1 ini ada apa ? Kalau kamu bekerja di dunia kesehatan tentu akan tahu hari ini adalah hari Aids Sedunia. Hari Aids sedunia ini dirayakan agar kita bisa saling meningkatkan kesadaran dan juga mengingatkan masyarakat tentang bahayanya virus HIV/AIDS.

Kamu tahu HIV/AIDS itu apa ?

HIV atau human immunodeficiency virus adalah virus yang bisa merusak kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan CD4 (Jenis Sel darah putih atau limfosit). Ketika sel CD4 ini banyak dihancurkan oleh virus tentu akan membuat kekebalan tubuh akan menurun secara drastis dan membuat tubuh menjadi lemah dan rentan terserang penyakit.

Selain itu Virus ini sampai saat ini belum ditemukan obat yang benar – benar efektif untuk menangani virus HIV dan AIDS hanya beberapa obat yang bisa membantu sedikit memperlambat penyebarannya.

Menurut data WHO pada tahun 2019 kemarin, masih ada 38 juta orang yang terkena virus HIV dan ada 690 ribu orang yang meninggal akibat HIV serta ada penambahan sekitar 1,7 juta orang yang terkena HIV baru.

Penanganan HIV kini harus terhenti karena adanya COVID-19 yang sama – sama mengancam nyawa. COVID tentu sangat mempersulit dan juga berbahaya bagi petugas kesehatan garis depan untuk memberikan pelayanan HIV yang berkualitas tinggi dan berkelanjutan bagi semua orang yang membutuhkan. 

Selain itu gangguan ekonomi yang disebabkan oleh virus covid-19 memperparah keadaan yang membuat layanan HIV menjadi tidak terjangkau dan tidak dapat diperoleh dengan mudah. Pandemi juga menyebabkan pasokan obat – obatan untuk pasien HIV terganggu. Akibatnya akan banyak kematian yang disebabkan AIDS.

Karena itu saat ini WHO mengajak kita sekali lagi saling bekerja sama untuk mengakhiri COVID-19 sehingga pelayanan untuk memberantas HIV dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pada hari AIDS Sedunia tahun ini, WHO menyerukan kepada para pemimpin dan juga warga dunia untuk bersatu bersama untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan akibat virus corona agar HIV bisa ditangani kembali. Sebab Itu, WHO mengangkat tema Global Solidarity, Resilient HIV Services pada hari AIDS sedunia tahun ini.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Referensi
https://www.who.int/news-room/events/detail/2020/12/01/default-calendar/world-aids-day-2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here