HomeFakta KesehatanTetap Sehat Saat Polusi Udara Meningkat? Ini Tipsnya

Tetap Sehat Saat Polusi Udara Meningkat? Ini Tipsnya

Masalah polusi udara kini semakin menjadi perhatian global termasuk Indonesia, karena dampat negatifnya terhadap kesehatan manusia dan ekosistem. Terlebih lagi, dilansir dari World Health Organization (WHO) mencatat bahwa kurang lebih 92% penuduk dunia menghirup udara dengan kualitas buruk, yang menyebabkan setiap tahunnya terdapat 7 juta kematian akibat polusi udara baik di luar ruangan dan dalam ruangan.

Baca juga: 5 Dampak Buruk Akibat Polusi Udara Bagi Kesehatan Manusia

Menanggapi hal tersebut, perlu adanya kesadaran agar terhindar dari bahaya polusi udara. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Tips tetap sehat saat polusi udara

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar tetap sehat ketika polusi udara meningkat, diantaranya:

1. Menghindari olahraga di luar ruangan

Ketika polusi udara meningkat, kualitas udara juga berubah-ubah setiap waktu. Guna menghindari hal tersebut, sebaiknya hindari aktivitas olahraga di luar ruangan saat kualitas udara sedang buruk. Batasi juga waktu bermain anak di luar ruangan.

Anda bisa melakukan olahraga di rumah, pusat kebugara, atau sekedar berjalan kaki di mall.

2. Rutin untuk cek kualitas udara di sekitar Anda

Cek kualitas udara di wilayah Anda secara rutin. Anda bisa mengandalkan sejumlah laman atau aplikasi seperti IQAir, Nafas, Air Visual, Air Lief, atau BreezoMeter.

Kualitas udara ini akan terlihat dari warna dan angka indeks. Tiap warna akan mewakili kondisi kualitas udara secara umum.

Baca juga: Sering Diabaikan, Ini 5 Risiko Penggunaan Pengharum Ruangan Bagi Kesehatan

3. Memakai air purifier atau penyaring udara

Air purifier memang tidak membuat udara bersih sepenuhnya, hanya saja alat ini bisa meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Dilansir dari Harvard Health Publishing, pilihlah air purifier dengan angka clean air delivery rate (CADR) yang tinggi sesuai dengan ukuran ruangan.

4. Memakai masker ketika beraktifitas di luar ruangan

Meskipun polusi udara meningkat, namun ada kalanya Anda perlu keluar ruangan. Guna menghindari kualitas udara yang buruk, jangan lupa untuk memakai masker saat beraktifitas di luar ruangan.

Menggunakan masker baik medis atau non-medis dalam pemakaian benar dapat melindungi Anda dari polusi udara. Jika kondisi udara benar-benar buruk, disarankan untuk menggunakan masker N95 atau N99.

5. Menambahkan asupan vitamin C dan asam lemak omega

Pastikan untuk menambahkan makanan yang mengandung nutrisi lengkap, terutama citamin C dan asam lemak omega untuk perlindungan dari dalam. Kedua nutrisi tersebut akan membantu tubuh menjaga sistem imun dan melawan radikal bebas.

Makanan yang kaya antioksidan seperti blueberry, brokoli, dan bayam dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Menjaga kelembapan udara tetap stabil

Menjaga kelembapan udara di dalam ruangan dapat membantu mengurangi paparan polusi udara. Anda bisa mengunakan humidifier atau letakkan wadah air di dalam ruangan untuk menjaga kelembapan udara tetap stabil.

7. Menghirup uap air

Dilansir dari CNN, menghirup uap air dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan. Uap air juga dinilai dapat membantu merilekskan saluran napas dan membantu tubuh mengeluarkan substansi atau partikulat berbahaya.

Cara ini cukup mudah dilakukan, Anda cukup menyediakan air hangat dalam wadah yang dicampur dengan beberapa tetes minyak esensial kayu putih. Tundukkan kepala menghadap wadah, kemudian tutup kepala dengan handuk agar uap tertahan.

Baca juga: Kenali Kanker Paru-Paru dari Gejala dan Peneybabnya Berikut Ini

Dalam menghadapi polusi udara, penting untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara yang sehat dan tepat. Dengan melakukan beberapa cara di atas, dapat membantu mengurangi paparan polusi udara dan menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda memiliki gejala yang berkaitan dengan polusi udara, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Morning AgClips (2023). Five Tips to Stay Healthy During Unhealthy Air Quality Alert. Diakses pada 13 Agustus 2023.

World Health Organization (WHO). How air pollution is destroying our health. Diakses pada 13 Agustus 2023.

NRDC (2021). Air Pollution: Everything You Need to Know. Diakses pada 13 Agustus 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Chat Sekarang