Perbedaan perawat dengan baby sitter
Perbedaan perawat dengan baby sitter

Dewasa ini berbagai layanan kesehatan telah umum ditemukan di berbagai perusahaan penyalur atau agency. Khususnya di Jakarta banyak perusahaan penyalur perawat dan baby sitter (Nanny).

Saking banyaknya mungkin Anda pernah melihat spanduk atau banner di gang perkampungan hingga di daerah strategis pinggri jalan. Iklan penyedia layanan perawat atau baby sitter live-in.

Hal ini seharusnya bisa menjadi keuntungan bagi para pengguna jasa karena pilihan semakin banyak dan tentu harga yang ditawarkan dapat bersaing.

Perawat dan Baby Sitter mempunyai spesifikasi atau keterampilan yang berbeda, sehingga tidak semua perawat bisa mengasuh bayi dan begitu pula sebaliknya.

Pada kategori perawat sendiri akan dibagi menjadi beberapa keahlian. Saat ini banyak perusahaan homecare berlomba-lomba menjadi yang terbaik dengan menghadirkan perawat ke rumah pengguna jasa sesuai dengan keahliannya.

Macam-Macam Perawat Homecare

Bagi pengguna pertama dari layanan home care, harus diketahui bahwa semua perawat mempunyai keahlian yang sama sehingga tidak perlu memilih-milih harus lulusan yang relevan.

Namun tahukah Anda jika di dunia home care, perawat di bagi menjadi 3 spesialis khusus. Hal ini disesuaikan dengan kondisi pasien, sehingga ketika perawat perlu tindakan medis maka yang hadir adalah perawat spesialis medis.

  1. Perawat Anak. Minimal mempunyai gelar SMK Kesehatan dan maksimal gelar diploma 3 (D3) Kebidanan. Harga jasa perawat anak ditentukan oleh gelar pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh perawat.
  2. Perawat Medis. Minimal harus mempunyai gelar pendidikan S1 Kesehatan atau Keperawatan dan mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR). Tidak heran jika harga jasa perawat medis adalah yang paling tinggi.
  3. Perawat Lansia. Biasa disebut dengan caregiver adalah perawat yang memiliki pendidikan minimal SMK Kesehatan. Namun tidak menutup kemungkinan perawat medis harus melakukan tugas merawat orang tua ini jika pasien membutuhkan perawatan menggunakan alat-alat medis. Namun jika lansia tidak membutuhkan tindakan medis maka perawat lulusan SMK sudah cukup untuk menjalankan tugas ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Perawat dan Baby Sitter

Setiap perawat mempunyai keahliannya masing-masing, sehingga tugas dan tanggung jawabnya tentu berbeda-beda.

Banyak pengguna jasa yang tidak paham dengan tugas dan tanggung jawab perawat home care terutama perawat anak. Ada pengguna jasa yang menjadikan perawat sekaligus sebagai Asisten Rumah Tangga (ART).

Hal tersebut tidak bisa dibenarkan karena perawat bukanlah pembantu. Dari latar belakang pendidikan saja sudah berbeda, sehingga Anda (pengguna jasa) tidak boleh mempekerjakan perawat home care sekaligus sebagai pembantu.

Mungkin di luar sana Anda bisa menemukan penyedia jasa yang mempunyai kebijakan memperbolehkan pengguna jasa mempekerjakan baby sitter sekaligus sebagai pembantu.

Perawat Home Care

Ketika Anda membutuhkan tindakan medis atau perawatan menggunakan alat medis seperti NGT, Kateter, Oksigen dan sejenisnya maka menggunakan jasa perawat medis adalah pilihan yang tepat.

Pertimbangan sebelum menggunakan jasa perawat home care:

  • Pendidikan perawat. Wajib hukumnya perawat medis mempunyai gelar sarjana dengan jurusan yang tepat.
  • Surat Tanda Registrasi. Membuat STR sangat sulit sekali, namun jika perawat mempunyai STR tentu telah terregistrasi dan mempunyai izin resmi untuk bertugas sebagai perawat yang profesional.
  • Pengalaman Perawat. Perhatikan pengalaman yang dimiliki oleh perawat. Semakin lama pengalamannya maka harganya juga akan mengikutinya.

Tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh perawat khususnya perawat medis amatlah berat. Perawat akan tinggal live-in 24 jam bersama pasien selama masa kontrak atau tugas.

Perawat Anak

  • Memberikan perawatan dan kebutuhan anak setiap hari
  • Menjaga kebersihan dan keamanan anak
  • Mengganti dan memasang pampers/popok anak
  • Memandikan anak hingga memakaikan pakaian yang nyaman bagi anak
  • Membantu memberikan ASI kepada bayi atau anak
  • Menjemur bayi atau anak pada pagi hari untuk menghindari ikterus
  • Perawatan tali pusat bayi/anak, memotong kuku bayi/anak dan membantunya untuk tetap tenang, nyaman dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here