HomeKesehatan5 Kegiatan Produktif Bersama Anak saat Social Distancing

5 Kegiatan Produktif Bersama Anak saat Social Distancing

Di tengah mewabahnya epidemi virus Corona atau Covid-19 di Indonesia yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, membuat pemerintah pusat dan daerah memberlakukan pembatasan aktivitas sehari-hari kepada masyarakat.

Sistem pendidikan yang semula harus tatap muka di dalam ruang kelas, kini murid dan guru harus menerapkan belajar dari rumah selama beberapa pekan ke depan.

Selain itu, sistem kerja seorang karyawan yang umumnya dilakukan di kantor juga terpaksa harus dilakukan dari rumah (work from home).

Hal ini dilakukan untuk menekan laju infeksi virus corona yang sangat mudah menyebar antar manusia.

Membatasi aktivitas sehari-hari anak yang umumnya aktif berkegiatan di luar rumah dan sekarang dipaksa untuk tetap berada di dalam rumah pastinya akan sangat membosankan.

Sebagai orang tua harus bisa menjadi guru sekaligus teman bermain sang anak. Beberapa kegiatan berikut ini layak untuk Anda coba.

Baca juga: 5 Obat Tradisional Ini Efektif Menurunkan Demam atau Panas Pada Anak

5 Kegiatan Produktif Bersama Anak di Rumah

1. Membaca

Saat libur sekolah bukan berarti anak libur juga dalam belajar. Mulailah menjadi guru untuk anak sendiri agar tetap memberikan pendidikan sama seperti di sekolah.

Beberapa buku anak-anak dapat Anda pilih untuk mengajari sang anak membaca. Apa bila anak malas membaca, Anda dapat membacakan buku tersebut untuk anak.

Berikanlah informasi yang dapat merangsang daya pikir dan imajinasi anak agar masa liburan sang anak tetap mendapatkan wawasan serta pendidikan yang berkualitas.

2. Bekerjasama

Libatkanlah anak untuk melakukan beberapa pekerjaan rumah seperti mengepel, bersih-bersih dan lain sebagainya sama seperti ketika anak piket di kelas.

Selain itu, ajarilah anak untuk menerima tanggung jawab agar kerjasama antar anak dan orang tua semakin kompak.

Beberapa tanggung jawab seperti merapikan tempat tidur, piket, belajar dan menyiapkan makan siang dapat terapkan untuk melatih kemandirian dan team work.

3. Membuat Prakarya

Jika di sekolah pernah membuat prakarya, tidak ada salahnya Anda mengajak anak untuk membuat prakarya di rumah.

Beberapa jenis prakarya dapat Anda ajarkan kepada anak seperti membuat tempat tempat pensil dari botol bekas, membuat bingkai foto dari kardus dan lain sebagainya.

Hal-hal sederhana seperti ini dapat merangsang kreatifitas sang anak terlatih.

4. Menonton Film atau Video

Tidak ada salahnya Anda mengajak anak untuk menonton film atau video edukasi yang sesuai dengan usia usianya.

Beberapa film lucu, animasi, kartun dan lain sebagainya bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga setelah seharian melakukan aktivitas di dalam rumah.

Meski begitu, Anda tidak boleh sembarangan memberikan tontonan film atau video kepada sang anak tanpa mengenal waktu.

Ditakutkan sang anak menjadi pemalas dan memilih seharian menonton film tanpa melakukan aktivitas yang produktif.

5. Bersih-bersih

Setelah seharian melakukan berbagai kegiatan, suruhlah anak untuk bersih-bersih seperti mencuci tangan, mandi dan membersihkan linkungan.

Ajarilah anak bagaimana cara mencuci tangan yang benar, mandi yang bersih dan memperhatikan lingkungan agar tetap bersih.

Anda dapat memberitahu pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain ke lima kegiatan tersebut, Anda dapat membuat variasi yang berbeda-beda setiap harinya agar sang anak tidak merasa selalu diberi tugas dan tanggung jawab berat.

Ajaklah sesekali anak untuk melakukan permainan yang melibatkan orang banyak seperti ludo, menyusun balok dan lain sebainya.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care