Fakta Perawat
5 Fakta Perawat Yang Jarang Diketahui Orang Lain

Perawat adalah profesi yang difokuskan untuk melakukan perawatan kepada individu, keluarga atau kelompok masyarakat untuk mencapai, memelihara dan menyembuhkan kesehatan yang optimal dan berfungsi dengan baik.

Seorang perawat harus terlebih dahulu menempuh pendidikan baik di dalam negeri atau pun luar negeri sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia atau negara tertentu.

Berprofesi sebagai seorang perawat mempunyai tantangan yang luar biasa. Hal yang mungkin tidak akan dilakukan oleh orang lain harus dilakukan oleh seorang perawat.

Berhadapan dengan alat medis, darah, fases dan lain sebagainya harus dilakukan sebaik mungkin untuk mencapai tujuan mengembalikan kesehatan seorang pasien.

Sering kali perawat disebut dengan malaikat tak bersayap, ikhlas membantu dan merawat seluruh pasien di rumah sakit tanpa memandang latar belakang pasien.

Semua orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan sebaik mungkin, oleh sebab itu mari kita ketahui 5 fakta seorang perawat yang jarang diketahui oleh orang lain.

Baca juga: Miliki 5 Keahlian Berikut Ini untuk Menjadi Perawat Profesional

1. Memberikan Kebutuhan Dasar Pasien

Tugas yang sering dianggap jijik oleh sebagian orang lain adalah membersihkan fases atau air kencing orang lain. Menjadi seorang perawat hal ini sudahlah hal yang biasa dan memang harus dilakukan.

2. Tak Kenal Jam Kerja

Seorang perawat dituntut untuk dapat bekerja di pagi, sore atau malam hari. Oleh sebab itu walau tengah malam sekali pun di rumah sakit tetap ada perawat yang akan dengan siap dan sigap membantu pasien. Bahkan jika seorang perawat sedang membantu dokter melakukan operasi maka bisa lebih dari 8 jam. Sungguh luar biasa sekali ya!

3. Pekerja Keras

Selain waktu kerja seorang perawat yang fleksibel ternyata pekerjaanya juga sangat berat lho. Mulai dari menyiapkan dan memberikan obat-obatan kepada pasien, membersihkan dan menyiapkan ruangan pasien hingga menyiapkan seluruh dokumen status pasien secara detail untuk dokter.

4. Bekerja di Sarang Penyakit

Sempat ada ungkapan bahwa rumah sakit adalah supermarketnya penyakit. Oleh sebab itu ketika perawat bekerja harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan wajib mencuci tangan ketika melakukan tindakan kepada pasien. Selain itu, menjadi perawat juga wajib mendapatkan vaksin untuk terhindar dari berbagai jenis virus dan bakteri yang ada di rumah sakit.

5. Bekerja Penuh dengan Tekanan

Saat bertugas, seorang perawat sering kali dihadapkan dengan persoalan hidup dan matinya nyawa pasien. Jika lengah sedikit saja maka dapat berakibat fatal. Belum lagi tekanan dari anggota keluarga yang sering di luar kontrol, tidak hanya satu keluarga tapi juga banyak keluarga.

Itu lah 5 fakta profesi perawat yang jarang diketahui oleh orang lain. Jika kalian punya fakta lain dapat ditambahkan di kolom komentar.

Ingin bekerja sebagai perawat home care dengan gaji yang lebih besar daripada perawat di rumah sakit? Yuk daftar menjadi perawat Insan Medika.

Jika Anda membutuhkan perawat visit ke rumah untuk perawatan orang tercinta, dapat menghubungi kontak Insan Medika. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial.*

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here