HomePengobatanBikin Tak Nyaman, Kenali 5 Tips Cegah Bau Mulut...

Bikin Tak Nyaman, Kenali 5 Tips Cegah Bau Mulut saat Berpuasa

Tidak adanya asupan makanan dan minuman selama berpuasa, terkadang membuat mulut menjadi kering hingga akhirnya menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Kondisi yang dalam istilah medis dikenal dengan halitosis ini kerap membuat kita merasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri apalagi jika harus berinteraksi dengan banyak orang.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab ada sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut ketika berpuasa.

Baca juga: Tips Berpuasa yang Aman bagi Para Lansia, Tetap Sehat dan Bugar

Ketahui penyebab bau mulut ketika puasa

Mulut pada umumnya memproduksi air liur. Air liur pada manusia mengandung enzim anti-bakteri yang secara alami bertugas membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut.

Sementara, ketika seseorang berpuasa, produksi air liur akan berkurang sebab tidak ada asupan makanan atau minuman untuk dikunyah dan diproses. Kondisi tersebut yang akhirnya menjadi penyebab halitosis atau bau mulut.

Namun, ada hal lain yang dapat memicu bau mulut saat berpuasa, seperti, pertumbuhan bakteri di mulut, makanan yang dikonsumsi saat sahur cenderung berbau menyengat, atau dihasilkan dari tubuh manusia sendiri yang biasanya dialami oleh pasien yang mengidap diabetes atau maag.

5 Tips Mengatasi bau mulut saat berpuasa

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi bau mulut saat puasa secara alami, diantaranya:

1. Sikat gigi

Cara pertama yang mudah dilakukan adalah menyikat gigi. Menyikat gigi secara menyeluruh dengan teknik yang benar dapat mencegah sisa makanan menyangkut di sela-sela gigi. Gunakan juga sikat gigi yang bisa menjangkau semua bagian mulut.

Anda dapat menyikat gigi setelah sahur. Dengan begitu, Anda dapat tetap nyaman berpuasa tanpa bau mulut.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

2. Berkumur dengan mouthwash

Berkumur dengan mouthwash juga dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut serta menyegarkan napas Anda. Selama bulan puasa, Anda dapat menggunakan mouthwash namun jangan dilakukan secara berlebihan. Pastikan cairan ini tidak tertelan saat digunakan untuk berkumur.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan air garam untuk berkumur setelah sahur dan sebelum tidur. Air garam sendiri juga dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

3. Minum air yang banyak

Pastikan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi, dengan cara minum yang banyak baik ketika sahur maupun berbuka. Sebab hal ini dapat membantu meningkatkan produksi air liur. Cobalah batasi minuman bergula dan perbanyak konsumsi air putih.

4. Konsumsi buah dengan kandungan vitamin C

Selain mengonsumsi air putih, cara agar produksi air liur terjaga dengan baik yaitu dengan perbanyak konsumsi buah dengan kandungan vitamin C, seperti jeruk dan nanas. Buah-buah dengan kandungan vitamin C tersebut dapat membantu membilas asam yang diproduksi bakteri mulut saat proses pembusukan makanan. Dengan begitu, masalah bau mulut pun juga akan lebih terkendali.

5. Membersihkan lidah

Ketika menyikat gigi, jangan lupa lidah juga perlu dibersihkan. Sebab, lidah bisa menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut. Anda dapat menggunakan alat pembersih lidah untuk membersihkannya. Pastikan alat tersebut dalam keadaan higienis saat akan digunakan.

Baca juga: Lidah Terbakar Usai Minum Air panas? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

Berikut tadi adalah 5 tips yang dapat Anda lakukan di rumah ketika akan berpuasa. Dengan menerapkan tips-tips diatas, kini Anda tak perlu khawatir lagi akan masalah bau mulut dan kurangnya percaya diri ketika berinteraksi maupun beribadah saat bulan ramadhan.

Apabila Anda merasa bau mulut masih bertahan hingga membuat tidak nyaman, tak ada salahnya apabila berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui, jika kemungkinan ada penyebab lain yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Mayo Clinic (2022). Bad breath – Diagnosis and treatment. Diakses pada 1 April 2023.

Mouth Healthy (2022). Bad Breath. Diakses pada 1 April 2023.

Hopkins Medicine (2020). Halitosis (Bad Breath). Diakses pada 1 April 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care