HomeKesehatanTernyata Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

Ternyata Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

Kesehatan gigi dan mulut penting untuk kita jaga agar terhindar dari kerusakan gigi seperti gigi berlubang, masalah pada gusi dan juga bau mulut.

Menyikat gigi merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh kita untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan gigi dan mulut. Ketika kita menyikat gigi harus dilakukan dengan benar agar plak dan juga sisa makanan bisa bersih secara menyeluruh.

Lalu bagaimana caranya melakukan sikat gigi secara baik dan benar ?

Sebelum anda melakukan sikat gigi ada sebaiknya anda menyikat terlebih dahulu agar bakteri seperti anaerob yang menyebabkan bau mulut dapat dihilangkan. Ketika menyikat lidah, sikatlah sejauh yang anda bisa jangkau dan juga lakukan secara lembut.

Ketika anda sudah menyikat lidah dengan baik dan benar lalu dilanjut dengan membasahi air dahulu sikat gigi dengan air dan oleskan pasta gigi secukupnya. Setelah itu lakukan lakukan langkah – langkah berikut yang telah kami kutip dari alodokter dan hello sehat :

  1. Genggam sikat gigi anda, setelah itu anda bisa letakan bulu sikat gigi pada permukaan dekat tepi gusi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat.
  2. Mulailah menyikat gigi dengan gerakan melingkat dari atas kebawah selama 20 detik untuk setiap bagian. Cara tersebut dapat mengeluarkan plak yang terselip dibatas gusi, pastikan posisi bulu sikat gigi masih tetap dalam posisi miring dengan sudut 45 derajat.
  3. Sikat pada bagian gigi yang sering dipakai mengunyah makanan di bagian gigi yang dekat dengan pipi. Lakukan dengan cara menyikat dengan gerakan maju dan mundur. Sikatlah bagian atas dan bawah agar semua permukaan gigi tersikat dan plek serta sisa makanan bisa hilang.
  4. Setelah itu bersihkan permukaan dalam gigi depan. Posisi saat memegang sikat gigi ganti menjadi vertikal. Gunakan ujung bulu sikat dengan gerakan keatas dan bawah, dari tepi gusi hingga atas gigi.
  5. Setelah permukaan gigi depan bagian atas lalu bersikan permukaan gigi depan bagian bawah. Sikat keatas dan kebawah pelan – pelan. Ulangi gerakan 2 – 3 kali.

Itu adalah beberapa langkah yang baik dan benar dalam menyikat gigi. Pastikan ketika menyikat gigi jangan terlalu keras dan terburu – buru karena dapat menyebabkan gusi berdarah dan juga meradang. Gesekan yang terlalu kencang juga dapat menyebabkab pengikisan pada lapisan pelindung atau enamel gigi dan bisa menyebabkan gigi sensitif.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Referensi :
1. https://www.alodokter.com/jangan-asal-asalan-begini-cara-menyikat-gigi-yang-tepat
2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/cara-menyikat-gigi-yang-benar-tepat/#gref

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
8 Prinsip Etika Keperawatan

10 Prinsip Etika dalam Dunia Keperawatan yang Wajib Dimiliki

0
Etika keperawatan adalah sikap etis yang wajib dimiliki oleh seluruh perawat sebagai bagian dari integritas selama bertugas menjalankan profesi perawat dengan menerapkan norma-norma keperawatan...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care