HomePenyakitKenali Penyebab terjadinya Batuk Terus Menerus

Kenali Penyebab terjadinya Batuk Terus Menerus

Pernah tidak kamu mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh ? Pasti itu sangat mengganggu aktivitas keseharianmu kan

Batuk pada dasarnya adalah hal biasa. Sebagian besar penyakit baik itu penyakit ringan sampai penyakit berat kadang mengalami gejala batuk.

Tapi jika seseorang mengalami batuk berkepanjangan sampai 2 bulan pada orang dewasa dan 1 bulan pada anak – anak itu mungkin adalah batuk kronis.

Batuk Kronis bisa saja terjadi pada orang yang sering merokok ataupun seseorang yang terpapar asap rokok secara terus – menerus.

Selain dari itu ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami batuk terus menerus diantaranya :

  1. Merokok
    Tembakau yang dimiliki rokok memiliki sejumlah zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Jika zat kimia tersebut masuk kedalam tubuh dapat mengganggu fungsi dari sillia. Diketahui Sillia berfungsi untuk membantu menyaring racun yang masuk pada sistem pernapasan pada tubuh. Jika proses ini terus berlanjut ini kemudian akan mengalami peradangan, sehingga tubuh berusaha untuk menyingkirkan racun -racun yang masuk dengan cara batuk.
  2. Infeksi karena TBC
    TBC (Tuberkulosis) merupakan penyakit paru yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Biasanya penderita akan mengalami batuk yang berlangsung selama lebih dari 3 minggu. Biasanya seseorang yang terkena penyakit ini ditularkan dari percikan ludah yang keluar dari penderita TBC baik itu kerika berbicara, batuk ataupun ketika sedang bersin.
  3. Asma
    Ketika seseorang mengalami asma biasanya akan mengalami batuk terus menerus disertai dengan sesak nafas.
  4. Stres
    Batuk yang tidak kunjung sembuh dapat juga disebabkan karena stres yang berlebihan. Jika hal tersebut yang terjadi cobalah sebisa mungkin rileks dan perbanyak waktu istirahat anda.
  5. Postnasal drip
    Batuk terus menerus bisa juga terjadi karena adanya dahak berlebih pada hidung atau rongga sinus yang terkumpul pada bagian belakang tenggorokan. Kondisi ini sering juga disebut dengan postnasal drip. Dahak berlebih seringkali disebabkan oleh infesi sinus.
  6. Obat Tekanan darah
    Ketika seseorang mengalami batuk terus menerus mungkin juga dikarenakan mengkonsumsi obat – obatan tertentu terutama obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor) yang biasanya digunakan pada pasien penderita tekanan darah tinggi atau gagal jantung.

Jika anda mengalami batuk yang sudah berlangsung lama. Segera periksakan kondisi ke dokter kepercayaan anda.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Referensi
https://www.alodokter.com/batuk-terus-menerus-dan-tidak-kunjung-sembuh-waspadai-penyebabnya

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care