HomeTips dan Trik7 Tips Aman dan Seru merayakan Lebaran dikala Pandemi...

7 Tips Aman dan Seru merayakan Lebaran dikala Pandemi COVID-19

Pemerintah melakukan pelarangan mudik dikala lebaran untuk menekan tingginya angka penularan virus corona. Selain itu pemerintah juga menghimbau agar kita selalu patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan ketika terutama ketika lebaran tiba.

Umat Islam sebentar lagi akan merayakan lebaran Idul Fitri setelah sebelumnya menjalani puasa Ramadhan selama 1 bulan penuh. Lebaran tahun ini pasti berbeda dengan lebaran ketika sebelum pandemi, karena kita perlu menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan pandemi COVID-19. Walaupun begitu, kita masih bisa loh merayakan lebaran yang seru dengan aman.

Tips Merayakan Lebaran Aman Ketika Pandemi Covid-19

1. Saling berkirim Parsel atau hadiah

Saling berkirim Parsel atau hadiah
Saling berkirim Parsel atau hadiah

Walaupun kita masih berada dalam suasana pandemi, kita masih bisa loh merayakan lebaran dengan cara yang seru dengan saling berkirim parsel atau hadiah lebaran dengan keluarga dirumah. Terutama jika lebaran kali ini kamu tidak mudik ke kampung halaman.

Baca Juga : 7 Tips Jaga Kesehatan Mental Akibat Gagal Mudik

Kamu bisa mengirim parsel atau hadiah lebaran via online yang nantinya bisa kamu kirimkan ke keluarga di rumah.

2. Tetap jaga jarak saat malam takbir

Tetap jaga jarak saat malam takbir
Tetap jaga jarak saat malam takbir

Walaupun suasana lebaran kian erat dengan bergerombol di luar rumah dan melakukan takbir keliling. Tapi kamu harus sebisa mungkin tetap dirumah yah, ini untuk mencegah penularan Covid-19. Selain itu takbiran dirumah juga masih tetap seru kok dan tentunya lebih aman.

Jika terpaksa atau ingin mengikuti takbiran diluar rumah, kamu harus tetap menjaga jarak dan juga memakai masker agar tidak tertular virus corona.

3. Patuhi Protokol Kesehatan ketika shalat Idul Fitri

Jika kamu ingin melakukan shalat Idul Fitri di masjid selalu patuhi protokol kesehatan yang diberikan panitia yah. Ini untuk kebaikan kamu dan keluarga di rumah juga agar terhindar dari virus Covid-19. 

Nah sebelum melakukan shalat Idul Fitri ada sebaiknya kamu lakukan beberapa langkah berikut :

  • Berwudhu dari rumah, agar kamu tidak perlu lagi berkerumun ketika berwudhu.
  • Gunakanlah masker kain 3 lapis dengan benar.
  • Lakukan pengecekan suhu tubuh sebelum berangkat..
  • Jaga jarak ketika akan shalat Idul Fitri.
  • Membawa alat sholat sendiri.
  • Jangan memaksakan diri jika sedang sakit.

4. Membeli pakaian secara Online

Membeli pakaian secara Online
Membeli pakaian secara Online

Lebaran kayaknya bakal terasa kurang jika tidak membeli baju. Itu terkadang sudah menjadi tradisi menjelang hari raya Idul Fitri. Pasti pusat perbelanjaan akan sangat penuh dengan orang – orang yang mengincar baju baru saat lebaran.

Tapi, dikala pandemi seperti saat ini, coba deh hentikan dulu kebiasaan tersebut untuk bergerombol untuk mencari baju lebaran. Kamu masih bisa kok membeli baju lebaran secara online. Karena cara ini akan lebih aman untuk kamu dan keluarga di rumah agar terhindar dari keramain yang dapat memicu penyebaran virus corona.

5. Silaturahim menggunakan video call

Silaturahim menggunakan video call
Silaturahim menggunakan video call

Ketika lebaran tiba ada tradisi menarik yang biasanya dilakukan kebanyakan orang Islam, yaitu Silaturahmi ke keluarga dan tetangga terdekat. Namun, ketika pandemi seperti sekarang, sebaiknya kamu tetap berada di rumah yah.

Walau tetap berada di rumah, kamu masih bisa kok bersilaturahmi dengan keluarga melalui video call. Dengan cara tersebut kamu masih bisa bermaaf – maafan dan saling bertatap muka untuk sedikit menahan rindu ketika lebaran.

6. Bagikan THR via transfer

Tradisi lainnya yang biasanya ditunggu oleh banyak orang adalah saling berbagi THR. Walaupun kamu tidak mudik ke kampung halaman, Kamu masih bisa loh memberikan THR dengan via transfer melalui Mobile Banking atau ATM untuk keluargamu di kampung.

7. Jangan Lupa Istirahat yang cukup

Merayakan lebaran memang membutuhkan tenaga yang ekstra karena perlu menyiapkan berbagai persiapan ketika lebaran tiba. Banyak dari kita kadang suka lupa untuk melakukan istirahat yang cukup agar tubuh tetap sehat dan membantu kamu terhindar dari penyakit dan virus.

Baca Juga : Cara meningkatkan Imun Tubuh saat Pandemi

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
8 Prinsip Etika Keperawatan

10 Prinsip Etika dalam Dunia Keperawatan yang Wajib Dimiliki

0
Etika keperawatan adalah sikap etis yang wajib dimiliki oleh seluruh perawat sebagai bagian dari integritas selama bertugas menjalankan profesi perawat dengan menerapkan norma-norma keperawatan...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care