Cara Meningkatkan Imun Tubuh saat Pandemi

0
60
Cara meningkatkan Imunitas
Cara meningkatkan Imunitas

Pandemi virus corona sampai saat ini belum menunjukan tanda – tanda akan berakhir. Jumlah kasus positif corona yang terkonfirmasi terus bertambah secara signifikan. Pemerintah Indonesia masih terus untuk menghimbau masyarakat untuk selalu menerapkan hidup sehat, bersih dan menjaga jarak serta meningkatkan sistem Imun pada tubuh.

Apa yang bisa melemahkan imun pada tubuh ?

Sistem imun adalah sistem kekebalan pada tubuh untuk melawan virus atau bakteri penyebab penyakit. Sistem imun ini bisa saja melemah tergantung dari beberapa hal diantaranya :

  • Penuaan
  • Kurangnya makan – makanan bergizi
  • Penyakit
  • Mengkonsumsi obat – obatan tertentu

Bagaimana caranya memperkuat imun pada tubuh ?

Sistem imun pada tubuh harus selalu dijaga agar daya tahan tubuh kuat. Berikut adalah beberapa cara agar sistem imun pada tubuh kita meningkat :

  1. Menghindari Stres
    Jika seseorang sering mengalami stres itu akan berdampak pada tubuh karena sedikitnya antibodi dan sel darah putih yang dapat dihasilkan. Jika seseorang terus mengalami stres ini akan melemahkan sistem imunitas tubuh seseorang. Untuk menghindari stres cobalah luangkan waktu anda untuk melakukan hobi ataupun hal yang menyenangkan.
  2. Perbanyak makan sayur dan buah
    Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh adalah memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah – buahan. Dari sebuah penelitian menunjukan jika seseorang rutin memakan sayur dan buah mereka cenderung tidak mudah sakit. Ini disebabkan karena sayur dan buah memiliki vitamin dan mineral yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.
  3. Istirahat yang cukup
    Istirahat yang cukup juga menjadi faktor dalam memperkuat imunitas didalam tubuh, karena jika seseorang kurang tidur itu bisa menurunkan imunitas tubuh dan bisa mengalami sakit. Isitirahat yang cukup setiap usia berbeda, contohnya orang dewasa butuh tidur sekitar 7 – 8 jam, dan remaja membutuhkan tidur lebih lama antara 9 – 10 jam.
  4. Rutin olahraga
    Disarankan untuk berolahraga selama 30 menit setuap harinya. Olahraga ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Olahraga tidak perlu yang mahal yang penting mudah dilakukan seperti berjalan kaki ataupun lari.
  5. Hindari merokok dan minum – minuman beralkohol
    Rokok dan Alkohol tidak baik untuk kesehatan kita selain karena dapat merusak sistem kekebalan tubuh tapi juga dapat memiliki resiko terkena infeksi paru.

Dengan kita menerapkan pola hidup sehat dan juga melakukan protokol kesehatan adalah cara yang baik untuk melindungi kita dari virus covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here