Mengenal Amonium Nitrat sebagai Sumber Ledakan di Lebanon

0
60
Ledakan di Lebanon
Ledakan di pelabuhan Beirut, Libanon. (AFP/STR)

Pada tanggal 4 Agustus kemarin telah terjadi ledakan besar di Beirut, Ibu Kota Lebanon. Sumber ledakan tersebut diduga karena amonium nitrat yang tersimpan di dalam gudang pelabuhan.

Apa itu amonium nitrat sampai menyebabkan ledakan besar di lebanon serta apakah dapat membahayakan kesehatan. Simak penjelasan singkat tentang amonium nitrat yang diambil dari beberapa sumber.

Apa itu amonium nitrat ?

Amonium nitrat merupakan garam ionik terdiri dari kation amonium (NH4) dan anion nitrat (NO3) sehingga menjadi formula senyawa amonium nitrat (NH4NO3).

Mengutip dari laman Live Science, amonium nitrat ini kerap digunakan untuk meningkatkan kandungan neterogen pada pupuk pertanian. Berdasarkan dari situs badan POM fungsi senyawa amonium nitrat sebagai pupuk, peledak, piroteknik (untuk pembuatan kembang api dan petasan), herbisidum, insektisidium, campuran pembeku, zat pengoksidasi dan zat pengkatalisis.

Apa Bahayanya untuk Kesehatan ?

Paparan jangka pendek

Berdasarkan dari situ badan POM, amonium nitrat ini jika terhirup akan menyebabkan :

  1. Menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dengan gejala batuk, sakit tenggorokan dan nafas yang pendek.
  2. Menyebabkan methemoglobinemia (kelainan darah), sianosis, konvulsi, takikarida, dispnea dan kematian
  3. Menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan dengan tenggorokan sakit, batuk, sesak nafas dan esdema paru tertunda.

Jika amonium nitrat ini terkena kulit ini bisa menyebabkan iritasi dengan gejala kulit memerah, gatal dan terasa perih. Jika amonium nitrat ini terkena mata ia bisa menyebabkan iritasi pada mata dengan gejala mata memerah dan perih. Jika amonium nitrat ini tertelan dalam dosis yang besar bisa menyebabkan pusing, sakit perut, muntah, diare yang berdarah, lemah kejang dang kolaps.

Paparan jangja panjang

Jika ini terus terjadi secara lama dan berulang walaupun dengan dosis yang kecil ini bisa menyebabkan lemah, depresi, sakit kepala dan kerusakan mental. Selain itu dapat menyebabkan methemoglobinemia yang dicirikan oleh darah berwarna coklat, sakit kepala, pusing sesak napas, sianosis (kulit membiru akibat kekurangan oksigenasi darah), denyut jantung cepat, ketidaksadaran dan mungkin bisa menyebabkan kematian.

Referensi :
http://ik.pom.go.id/v2016/katalog/AMONIUM%20NITRAT.pdf
https://inet.detik.com/science/d-5120628/diduga-penyebab-ledakan-di-lebanon-apa-itu-amonium-nitrat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here