Apa itu kelainan seksual “Fetish”

0
53
Gangguan Seksual

Saat ini sedang ramai kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh oknum mahasiswa di Surabaya. Kasus ini terungkap berdasarkan pengakuan salah satu korban di sebuah jejaring sosial. Pasalnya oknum tersebut ternyata memiliki kelainan seksual jenis paraphilia. Kelainan jenis paraphilia ini memiliki berbagai macam bentuk diantaranya pedofilia, fetish, froteurisme, ekshibisionisme, voyeurisme. Oknum yang melakukan kasus penympangan seksual ini masuk dalam kategori fetish.

Apa Itu Fetish

Fetish merupakan kelainan seksual karena menyukai suatu benda walaupun benda tersebut tidak mengandung unsur seksual. Biasanya orang yang memiliki kelainan fetish ini membutuhkan objek ataupun benda tertentu dihadapannya, berfantasi ataupun digunakan sebagai pasangan untuk meraih kepuasan secara maksimal.

Lantas bagaimana fetish ini bisa muncul ?

Para ahli belum dapat menjawab dengan pasti mengenai penyebabnya. Tapi beberapa orang percaya fetish ini muncul karena pengalaman ketika masa kecil. Misalnya menyaksikan perilaku seks menyimpang di masa kecil ataupun menjadi korban pelecehan seksual. Ada juga yang menyatakan fetish ini mungkin berasal dari pengalaman seksual saat masa puber ataupun remaja.

Bagaimana mengetahui seseorang mengalami gangguan fetish ?

Ada beberapa indikator yang menunjukan gangguan fetish ini diantaranya :

  1. Mengabaikan Pasangan
    Biasanya penderita akan merasa sangat sulit menjalankan hubungan yang serius dengan pasangannya. Selain itu juga terkadang penderita cenderung lebih terangsang dengan benda yang dikenakan pasangannya .
  2. Mengganggu orang lain
    Fetish ini dapat menjadi gangguan apabila kelainan seksual ini merepotkan diri sendiri dan kehidupan personal serta sosial.
  3. Berperilaku komplusif
    Gangguan kecemasan yang ditandai adanya suatu obsesi tertentu untuk mendorong seseorang melakukan aksi terentu. Dari gangguan ini bisa membuat seseorang mencuri barang yang menjadi objek fetishnya

Jika anda merasa mengalaminya disarankan untuk mencari pertolongan ahli jiwa agar dapat ditangani dengan tepat.

Referensi :
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/30/183042520/ramai-gilang-bungkus-sebenarnya-apa-itu-fetish?page=all

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here