HomeTips dan Trik7 Tips Jaga Kesehatan Mental Akibat Gagal Mudik

7 Tips Jaga Kesehatan Mental Akibat Gagal Mudik

Lebaran Tahun ini hampir sama seperti lebaran kemarin, Pemerintah melakukan pelarangan mudik karena khawatir akan meningkatnya lonjakan kasus covid-19 di Indonesia. Hal ini membuat banyak orang sedih karena tidak bisa bersapa rindu dengan sanak keluarga di kampung halaman. 

Jika seseorang tidak mudik, mereka pasti akan merasa kesepian dan juga bisa merasakan homesick.

Homesick sendiri merupakan perasaan rindu dengan situasi saat di kampung halaman, rindu ini bisa berupa rindu pada orang tua, kerabat, tetangga, makanan ataupun suasana lingkungan.

Nah, untuk kamu yang mengalami homesick dan menyebabkan kamu mudah mengalami stres atau gangguan kecemasan, berikut kami berikan tips sederhana sederhana yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kesehatan mental akibat gagal mudik :

1. Tetap terhubung dengan orang terdekat

Untuk mengurangi rasa kesepian, cobalah tetap terhubung dengan orang – orang terdekat seperti keluarga, sahabat atau teman. Kamu bisa melakukan komunikasi melalui telepon, video call ataupun bisa saling mengirimkan paket lebaran berupa parcel makanan atau makanan khas lebaran seperti opor, rendang, semur daging, sambal goreng dan makanan khas lebaran lainnya.

2. Selalu Jaga Kesehatan Fisik

Ketika kamu gagal mudik, ada kemungkinan kamu akan mengalami homesick. Karena itu, ada baiknya kamu selalu menjaga kondisi fisikmu agar tetap sehat bugar agar terhindar dari stres akibat homesick. Pasalnya dengan menjaga kesehatan fisik, tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu.

3. Cari teman yang Senasib

Jika kamu memang gagal mudik lebaran kali ini, ada baiknya kamu cari deh teman yang senasib sama kamu. Perasaan homesick merupakan emosi yang wajar dialami oleh seseorang saat tinggal jauh dengan waktu yang cukup lama dari keluarga di kampung halaman.

Menurut Psikolog Klinis Alexandra Gabriella, Jika seseorang rindu dengan keluarga atau merasa homesick, seseorang bisa menghabiskan waktu dan merayakannya bersama dengan orang – orang yang memiliki nasib yang sama. 

“Cobalah tetap terhubung secara virtual dan mengobrol dengan orang – orang yang juga tidak bisa mudik dan dengan keluarga di kampung halaman. Dengan tetap terhubung dengan teman yang juga tidak bisa mudik atau dengan keluarga, seseorang tidak akan merasa kesepian dan homesick”. dikutip dari bisnis.com

4. Saling berbagi

Saling berbagi dengan sesama bisa membuat seseorang mendapatkan energi positif. Energi positif dari saling berbagi tersebut dapat menyebabkan seseorang pulih dari sedihnya akibat gagal mudik dan tidak kehilangan perannya karena bermanfaat bagi orang lain.

5. Sibukan diri dengan berbagai aktivitas

Salah satu mengatasi homesick adalah dengan mengisi waktu luang anda dengan berbagai aktivitas. Carilah berbagai macam aktivitas yang menyenangkan dan juga positif ketika kamu gagal mudik.

Cara ini bisa membuat pikiran kamu teralihkan dari rasa rindu kampung halaman.

6. Merawat Hewan Peliharaan

Ketika musim lebaran tiba, coba deh kamu untuk mengadopsi dan merawat hewan peliharaan. Pasalnya ketika kita memiliki hewan peliharaan biasanya dapat mengatasi perasaan homesick yang baik dan dapat membantu mengusir rasa gundah gulanah akibat rindu kampung halaman.

7. Masak makanan khas kampung halaman

Agar kamu tidak terus sedih karena gagal mudik. Jika ada waktu luang, coba deh untuk membuat makanan khas kampung halaman kamu yang menurutmu mudah dengan bahan – bahan yang gampang didapatkan. 

Cara tersebut mungkin dapat mengurangi rasa rindu kamu terhadap kampung halaman.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
8 Prinsip Etika Keperawatan

10 Prinsip Etika dalam Dunia Keperawatan yang Wajib Dimiliki

0
Etika keperawatan adalah sikap etis yang wajib dimiliki oleh seluruh perawat sebagai bagian dari integritas selama bertugas menjalankan profesi perawat dengan menerapkan norma-norma keperawatan...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care