HomeLansiaTips Memberikan Asupan Nutrisi Yang Baik Untuk Lansia Atau Manula

Tips Memberikan Asupan Nutrisi Yang Baik Untuk Lansia Atau Manula

Kebutuhan Gizi dan Nutrisi setiap orang berbeda. Terutama jika anda merupakan seorang lansia. Biasanya Lansia akan mengalami penurunan nafsu makan. Jika ini dibiarkan biasanya akan membuat berat badan lansia mengalami penurunan. Karena itu memiliki tubuh yang bugar dan makan – makanan bernutrisi sangat penting bagi lansia, agar tetap sehat dan fit di usia yang senja.

Kebutuhan Nutrisi yang Perlu diperhatikan

Adapun beberapa kebutuhan nutrisi yang perlu diperhatikan bagi lansia :

1. Kalsium dan Vitamin D

Biasanya seiring bertambahnya usia, lansia membutuhkan lebih banyak kalsium dan juga Vitamin D untuk menjaga kesehatan tulangnya. Untuk itu sebaiknya lansia selalu konsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium yang rendah lemak setiap hari. Makanan lain seperti sereal, sayuran berdaun hijau tua, ikan kaleng dengan tulang lunak serta minuman nabati bisa dikonsumsi lansia untuk mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup. Selain itu lansia juga bisa mengkonsumsi ikan berlemak seperti salmon, telur untuk mendapatkan sumber vitamin D yang memadai.

2. Serat Makanan

Makanan yang kaya serat juga dibutuhkan bagi lansia untuk membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan juga diabetes tipe 2. Makanan kaya serat ini bisa didapatkan dari makanan seperti roti, sereal gandum, kacang – kacangan, buah dan juga sayuran yang menyediakan serat makanan.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 ini biasanya didapati pada makanan laut seperti : ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden dan beberapa makanan laut lainnya. Selain itu B12 juga bisa ditemukan pada daging sapi tanpa lemak dan juga sereal.

4. Kalium

Kalium atau potasium merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi kalium yang cukup dan membatasi asupan natrium (garam) dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi pada lansia serta dapat menjaga kesehatan pada jantung dan pembuluh darah.

5. Lemak 

Ada baiknya lansia menghindari makan – makanan berlemak jenuh seperti pada mentega, gajih pada daging sapi dan juga kulit ayam.

Menurut peneliti bahwa cara memberikan makanan yang baik untuk lansia adalah :

Selain memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi, lansia juga ada baiknya memperhatikan cara memberikan makanan yang baik untuk lansia :

1. Memperbanyak konsumsi Sayuran dan Buah-buahan, Secara keseluruhan, serat, vitamin, dan enzim hadir dalam tanaman segar paling baik untuk kita semua. Mengukus sayuran sehingga lebih lembut bagi mereka yang memiliki masalah gigi mudah dilakukan. Bagi mereka yang tidak memiliki masalah mengunyah, potong sayuran mentah dengan saus yang enak sebagai camilan atau makanan kecil.

2. Jadikan Makan Siang sebagai makanan besar, Kita semua sebenarnya membutuhkan lebih banyak kalori di awal hari. Seringkali saat makan malam, para manula terlalu lelah untuk menghabiskan makan dan beberapa manula memiliki lebih banyak masalah pencernaan di malam hari yang nantinya akan mengganggu tidur mereka.

3. Pentingnya tingkat air dalam tubuh. Perbanyaklah konsumsi air putih . Penting bagi semua proses tubuh untuk menyesap beberapa cairan sepanjang hari. Semakin banyak buah dan sayuran dalam makanan kita, semakin alami hidrasi kita.

4. Makan Makanan Kecil Lebih Sering. Lebih baik bagi kebanyakan manula untuk makan 5-6 makanan kecil sehari karena ini bisa membantu mengatur tinggi dan rendahnya kadar insulin dan mengurangi resiko sesak dada atau masalah pernapasan yang disebabkan makan besar

5. Dorong asupan kalori lebih banyak bagi mereka yang telah kehilangan nafsu makannya
dan terakhir tawarkan lebih banyak kesempatan untuk bersosialisasi dan bersama orang lain sehingga tingkat stres pun bisa berkurang dan asupan makanan pun akan lebih mudah masuk kedalam tubuh.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care